Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 28 Desember 2010, 21:09 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Ekspedisi candi kembali berlanjut di penghujung tahun 2010 ini, bertepatan dengan kepulangan Andreas dari tugasnya sebagai guru di Jember, Jawa Timur. Nah, candi yang menjadi sasaran kami di hari Senin (27/12/2010) itu adalah Candi Ngempon yang terletak di Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

 

Papan petunjuk arah ke Candi Ngempon di Ungaran, Jawa Tengah pada tahun 2010
Dari Semarang saja 27 kilometer. Dari Jogja? Ya jauh buuanget!

 

Letak candi ini amat jauh bila ditempuh dari Kota Jogja. Sebaliknya, relatif dekat bila ditempuh dari Kota Semarang. Papan petunjuk menuju Candi Ngempon terdapat di ruas Jl. Raya Bawen – Ungaran. Tepatnya 27 km sebelum Kota Semarang atau 7 km sebelum kota Ungaran dari arah Bawen. Kalau dari Jogja, yah…kira-kira sekitar 80 km. Jauh kan?

 

Menuntun sepeda motor menuju Candi Ngempon di Ungaran, Jawa Tengah karena jalannya licin dan terjal
Sepeda motor dituntun karena jalannya terjal dan licin.

 

Jalan menuju ke candi ini melewati beberapa kompleks industri. Jadi menduga, apakah nasib candi ini serupa dengan Candi Bojongmenje yang terjepit kompleks industri? Namun anggapan itu perlahan sirna ketika kami memasuki gerbang menuju kompleks candi. Kami berhadapan dengan medan jalan menurun yang dikelilingi oleh lebatnya pepohonan. Kami membayar Rp1.000 untuk memasuki kompleks candi ini.

 

Sawah berterasering yang ada di sekeliling Candi Ngempon di Ungaran, Jawa Tengah pada tahun 2010
Meskipun sekeliling Candi Ngempon mulai tertutup bangunan modern. Ada juga sudut yang masih asri.

 

Kami tiba di sisi lembah yang dibelah oleh derasnya air sungai. Di sisi barat ada Candi Ngempon, yang secara administratif berada di Kelurahan Ngempon. Sedangkan di sisi timur ada Petirtaan Derekan, yang secara administratif berada di Kelurahan Derekan. Untuk memudahkan pengunjung, sebuah jembatan besi dibangun melintasi sungai menghubungkan Kelurahan Ngempon dan Kelurahan Derekan.

 

Foto anak muda pacaran di sekitar Candi Ngempon di Ungaran, Jawa Tengah pada tahun 2010
Suasana di Candi Ngempon saat akhir pekan yang banyak dikunjungi wisatawan muda.

 

Candi Ngempon terdiri dari empat buah bangunan candi berukuran kecil. Pada setiap bangunan terdapat relung arca, namun kami tak menemukan satupun arca disana. Adapun candi-candi ini memiliki bilik kecil untuk menempatkan sesaji. Ya, candi ini masih aktif dipergunakan oleh umat Hindu sebagai lokasi ziarah, terutama saat hari Galungan.

 

susunan percobaan Candi Ngempon di Ungaran, Jawa Tengah pada tahun 2010
Susunan percobaan bagian atap candi.

 

lingga dan yoni Candi Ngempon di Ungaran, Jawa Tengah pada tahun 2010
Lingga dan yoni yang bentuknya sudah rusak.

 

Reruntuhan Candi Ngempon di Ungaran, Jawa Tengah pada tahun 2010
Batu-batu candi lain yang belum berhasil disusun.

 

Candi Ngempon ditemukan oleh seorang petani bernama Kasri pada tahun 1952. Kondisi candi saat ini relatif terawat. Ada taman yang tertata apik serta fasilitas umum seperti kamar mandi dan mushalla. Sayangnya tidak ada papan informasi, mengingat candi ini kerap disambangi pengunjung selepas berwisata di Petirtaan Derekan.

 

Situs Petirtaan Derekan dengan sumber Mata air Panas Candi Ngempon di Ungaran, Jawa Tengah pada tahun 2010
Situs Petirtaan Derekan dengan mata air panas yang menyedot banyak pengunjung.

 

Petirtaan Derekan adalah nama sebuah petirtaan yang berada di area wisata Greenland. Apa yang dimaksud dengan Greenland adalah kawasan wisata yang dikelola warga desa yang menyajikan obyek wisata pemancingan, flying fox, river tubing, dan pemandian air panas.

 

Larangan mengotori petirtaan derekan sumber air panas di ungaran, Semarang, Jawa Tengah
Kolamnya saja mungil, kalau ada yang pakai sabun atau shampo busanya pasti ke mana-mana.

 

Ya, entah bagaimana ceritanya, di kawasan ini memang terdapat sumber air panas. Namun wajar, mengingat wilayah ini berada di kaki Gunung Ungaran. Untuk bisa menikmati hangatnya air di pemandian mini ini, pengunjung harus merogoh kocek Rp2.000 per orang.

 

Petirtaan Derekan sendiri baru saja diekskavasi pada tahun 2009 silam. Saat ini kondisinya sudah purna pugar dan berfungsi sebagaimana petirtaan pada umumnya.

 

Lokasi pemandian air panas khusus pria di Ungaran, Jawa Tengah pada tahun 2010
Kaum pria punya pemandian air panas yang lokasinya terpisah.

 

Kunjungan kami bertepatan dengan kedatangan anggota DPR Semarang ke lokasi wisata ini. Berpikir positif saja bahwa kunjungan mereka untuk menilai sejauh mana tempat wisata yang dikelola oleh warga desa bisa berjalan dengan baik.

 

Walau dalam pengamatanku tempat wisata ini masih memiliki beberapa hal yang patut diperhatikan, terutama sikap pengunjung. Seperti mandi di Petirtaan Derekan yang mungkin akan merusak struktur petirtaan serta masih banyak muda-mudi yang bermesraan di area candi. Hahahaha.

 

Sesaji di Candi Ngempon di Ungaran, Jawa Tengah pada tahun 2010
Masih difungsikan sebagai tempat ibadah.

 

Nah, dengan demikian ekspedisi candi di tahun 2010 ini diawali dengan Candi Pringapus, Candi Klero, Candi Setyaki, dan berakhir di Candi Ngempon.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PARIS
    avatar 3542
    PARIS #Rabu, 29 Des 2010, 08:18 WIB
    pertamax ????

    eh kapan spss candi-candian lagi ? ...
    kapan ya??? nanti klo ke arah timur :D
  • BUMUR
    avatar 3543
    BUMUR #Rabu, 29 Des 2010, 19:26 WIB
    terima kasih info candinya.
    Sama-sama :)
  • MONDA
    avatar 3544
    MONDA #Rabu, 29 Des 2010, 21:24 WIB
    Kok nggak ada ya petunjuk lokasi candi ini ya, padahal baru aja melewati rute ini menuju ambarawa
    petunjuknya ndak mencolok kok Bu >.<
  • GANDI WIBOWO
    avatar 3547
    GANDI WIBOWO #Kamis, 30 Des 2010, 16:15 WIB
    Wah... wah... ada yg melanggar privacy, orang lagi mandi kok difoto :))
    wekekekee, lama tak bersua mas Gandi! :D Orangnya ndak menolak buat difoto kok, hehehe.
  • ANDREAS
    avatar 3551
    ANDREAS #Jum'at, 31 Des 2010, 18:59 WIB
    ya...ekspedisi candi terakhir di tahun 2010... Semoga di tahun 2011 yeyap bisa ekspedisi lagi ya....
    2011 ekspedisi pindah ke Jawa Timur piye? :D
  • PEIN
    avatar 3563
    PEIN #Jum'at, 7 Jan 2011, 19:33 WIB
    Hm,
    Akhirnya sampe sini juga,
    Maap ya mas, baru sempet kommennya sekarang,,,,
    Candinya rame pemuda - pemudi yg mesum ria :D

    Pengennya liat candi2 mini kaya gini,,,,
    Oya, ga sekalian aja mampir ke Candi Umbul, kan ga jauh dari jalan raya Magelang - Semarang,,,
    udah sore waktu itu jadinya ndak sempet mampir deh :p
  • SRIYONO SEMARANG
    avatar 3576
    SRIYONO SEMARANG #Rabu, 12 Jan 2011, 07:44 WIB
    Woha... kok belum aku foto ya... padahal masuk wilayah semarang nih....
    tunggu.... aku cari dirimu....
    ayo ayo ayo cari Kang :D
  • TEMPLE HUNTER
    avatar 3640
    TEMPLE HUNTER #Sabtu, 29 Jan 2011, 21:08 WIB
    thanks mas buat infonya...barusan saya dari Candi Ngempon, dan saya tau lokasi ini dari blog mas...termasuk selogriyo, kompleks percandian sengi, candi klero, dan candi ngawen....tinggal candi2 Jawa Timuran tuh mas yg kurang...:)
    hahaha, Jawa Timur jauh je
  • CUK
    avatar 3797
    CUK #Selasa, 19 Apr 2011, 05:46 WIB
    dari juru parkir candi ngempon ini sempat di kasih tahu Arca Ganesha
    yang punya nama lokal Reco Dul Jalal, katanya di kampung deket kantor
    Polisi, sayang aku gagal menemukannya ...
    Mungkin sudah diamankan pihak BP3 ya?
  • UNTORO
    avatar 4342
    UNTORO #Selasa, 22 Nov 2011, 22:17 WIB
    Blusukan memang menyenangkan dab, jadi ingat masa kecil :)
    Masa kecil saya malah ndak pernah blusukan, jadi anak rumahan, seperti ramalan zodiak cancer.
  • YUDA
    avatar 4405
    YUDA #Minggu, 1 Jan 2012, 11:54 WIB
    #minggu ,1-januari-2012
    wah tapi sayang skali ea jalan masuk ke area candi masi nyewa !!!!!
    ayo perkenalkan kepada semua orang trutama warga sekitar kalau di ngempon juga pernah ada sejarah peninggalan nenek moyang kita
    Hahahaha, ayo promosikan Candi Ngempon! :D
  • SOEOWENG
    avatar 4453
    SOEOWENG #Minggu, 29 Jan 2012, 17:46 WIB
    dekat poso ya? kayaknya pernah kesana
    weleh? Ngempon kok dekat Poso mbah? itu dekat Salatiga.
  • MRS
    avatar 4956
    MRS #Selasa, 25 Des 2012, 15:31 WIB
    Ada referensi buku teks untuk candi ngempon ngga? Kalau ada cari dimana yaa? Tks.
    kayaknya belum ada ya
  • INA RAKHMAWATI
    avatar 5308
    INA RAKHMAWATI #Minggu, 26 Mei 2013, 19:53 WIB
    wahhhh jadi pengen mampir ke sini....kapan ya??? :-D
    Semoga berkesempatan mampir ke Candi Ngempon yah :)
  • TAHTA
    avatar 6680
    TAHTA #Selasa, 11 Nov 2014, 07:41 WIB
    Jadi sampean enak yo bisa keliling Indonesia, koyokke kok bebas ngono uripe.
    Sepedahan
    Jeprat jepret
    marung
    peh, wenak tenan uripe sampean. Pengen aku mas.
    Ini artikel lawas lho Bro. Pas kemari ini nggak nyepeda tapi motoran, hahaha. Aku yo kalau keluyuran seringnya cuma pas libur aja. Hari kerja ya mburuh, hehehe.
  • BUNGA MELATI
    avatar 8383
    BUNGA MELATI #Senin, 5 Okt 2015, 20:53 WIB
    Kalau boleh tau ini Candi didirikan oleh siapa ya?
    klo menilik dari bentuk bangunannya, sepertinya masih satu jaman dengan Candi Prambanan mbak
  • HENDI
    avatar 8792
    HENDI #Rabu, 2 Des 2015, 18:35 WIB
    Selalu ya...ada tmpt wisata ada
    muda mudi yg lg kasmaran
    Wah selalu itu. Yang muda-mudi biasanya yang masih seneng pergi-pergi :D