Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 28 Juli 2010, 22:07 WIB

Menginap di Dieng adalah BENCANA!

 

Eh... itu maksudku semisal Pembaca bermalam di Dieng di alam terbuka. Sebab ya suhu udara di Dieng pada waktu malam hari itu bisa turun hampir menjadi 0 derajat celcius. Itulah yang aku alami kemarin (7/7/2010) sewaktu menginap di Dieng.

 

Dinginnya Dieng bikin aku heran,

“Katanya Indonesia itu negara tropis yang anget, tapi kok disini dinginnya kayak gini?”

 

Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang kemudian memilih bermalam di Kota Wonosobo. Dengan ketinggian sekitar 780 meter di atas permukaan laut (dibandingkan Dieng yang 2.200 meter di atas permukaan laut), hawa Kota Wonosobo itu hampir sama dengan di sejuknya hawa Kota Bandung. Apalagi, jarak Kota Wonosobo – Dieng hanya sekitar 30 km.

 

cerita kisah wisatawan yang menginap bermalam di penginapan hotel sederhana dataran tinggi dieng wonosobo banjarnegara tidak bisa tidur karena suhu malam hari sangat dingin harus pakai jaket dan selimut agar hangat
Kok dingin banget sih? Pakai jaket dan sarung kok ndak banyak membantu?

 

 

Walaupun dingin, tapi bukan berarti di Dieng tidak ada penginapan lho!

 

 

Sewaktu bersepeda dari Jogja ke Dieng tempo hari, kami memutuskan menginap di Penginapan Pondok Lestari milik Pak Yanto. Lokasi penginapan ini dekat dari Pertigaan Desa Dieng Kulon. Pas sampai di pertigaan Desa Dieng Kulon, langsung saja belok ke kanan. Sekitar 50 meter dari pertigaan itulah Penginapan Pondok Lestari berada. Ada papan namanya juga kok! Kalau bingung, silakan hubungi Pak Yanto di nomor (0286) 3342026.

 

Begitu datang, kami langsung disambut oleh Pak Yanto yang sudah membakar arang untuk menghangatkan diri tamu-tamunya. Oh iya, tentu beliau geleng-geleng kepala begitu tahu kami bersepeda dari Jogja sampai Dieng.

 

daftar penginapan hotel sederhana pondok lestari pak yanto di dataran tinggi dieng wonosobo banjarnegara dengan tarif harga kamar murah cocok mahasiswa remaja anak muda bebas campur cowok cewek satu kamar dekat obyek wisata
Ini yang sekamar dua tempat tidur seharga Rp150.000 semalam

 

Penginapan Pondok Lestari menyediakan dua pilihan kamar, satu tempat tidur atau dua tempat tidur. Harganya bervariasi antara Rp75.000 hingga Rp150.000 semalam. Kami memilih kamar dengan dua tempat tidur besar. Fasilitas yang diberikan adalah ruang tamu bertelevisi serta kamar mandi luar. Harga per malamnya Rp150.000. Aku sendiri memilih tidur di ruang tamu.

 

Penginapan Pondok Lestari juga menyediakan layanan makanan. Menunya sederhana sih. Tapi, harganya menurut kami murah banget! Nasi goreng harganya Rp5.000, mie rebus 3.000, dan minuman semacam teh panas dan jahe panas dihargai Rp2.000. Mirip-mirip lah harganya dengan Warung Burjo di Jogja! Layanan makanan ini tutup pukul 8 malam.

 

 

Selepas pukul 8 malam, hehehe, suasana di Dieng ini bagaikan kota mati! Jarang ada penduduk yang berlalu-lalang. Toko dan warung tutup. Kabut pun mulai turun.

 

Aku mencoba bersepeda malam-malam. Di luar, dinginnya bukan main! Padahal, aku cuma menempuh jarak sekitar 200 meter dari penginapan ke warnet Nuansa.Net bertarif Rp3.000 per jam. Benar-benar seperti orang bego lah bersepeda di Dieng malam-malam.

 

panduan rute petunjuk arah ke lokasi penginapan hotel harga tarif murah di dataran tinggi dieng kulon banjarnegara wonosobo menyediakan jasa sewa rental sepeda motor mobil tour guide keliling obyek wisata
Sepeda diparkir di ruang tamu pas malam hari, hehehe.

 

Setelah pulang dari warnet dan ngobrol-ngobrol sebentar sama yang lain, aku pun mencoba untuk tidur. Awalnya sih aku bisa tidur nyenyak. Akan tetapi, lewat pukul 11 malam aku jadi nggak bisa tidur!

 

Hawa dingin Dieng merambah ke dalam penginapan! Sepertinya Arisma, Pipink, dan Rizky juga kedinginan. Alhasil, kami berpindah-pindah lokasi tidur, mencari sudut-sudut yang hangat. Walaupun ya... kami semua paham, tidak ada tempat hangat di Dieng di malam hari! Jadi, terpaksalah kami harus kedinginan sampai subuh. Beh!

 

Jadi, kalau pembaca berencana nginep di Dieng, siapkan baju hangat dan selimut sebanyak mungkin. Ini serius! Kalau perlu silakan latihan tidur di dalam kulkas (eh, memangnya bisa? ).

 

Hawa dingin Dieng malam hari hampir sama seperti di dalam kulkas! Soalnya terbukti dengan gorengan yang kami bawa dari Kota Wonosobo tidak basi walau sudah sehari-semalam.

 

kisah cerita seru pengalaman para anak muda remaja pemuda cowok cewek yang bersepeda dari yogyakarta menginap di dataran tinggi dieng kulon wonosobo banjarnegara keliling obyek wisata
Perlengkapan wajib anti dingin; peci, masker, sarung, jaket, sarung tangan.

 

Pembaca sudah siap menginap di Dieng?

 

Jujur...

Aku sengaja ninggal uang koin di kamar, sebelum kami meninggalkan Pondok Lestari. Tapi, eeeh...Bu Yanto keluar menghampiri kami, membawa koin-koin itu, lantas mengembalikannya pada kami. Oleh karena kejujuran itu, Pondok Lestari sangat kami rekomendasikan.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • NONADITA
    avatar 3056
    NONADITA #Kamis, 29 Jul 2010, 09:19 WIB
    Wah kamarnya lumayan besar ya untuk harga segitu. Kayaknya menyenangkan jalan2 pake sepeda ke Dieng :D
    mencukupi lah mba untuk 4 orang, pelayanannya juga memuaskan kok.
  • FROZZY
    avatar 3057
    FROZZY #Kamis, 29 Jul 2010, 09:53 WIB
    kalo nggak salah wonosobo cukup sering dipake untuk syuting FTV gitu Wij...hm...kapan2 pengen tuh jalan2 ke sana
    lha iya, wong pemandangannya apik kok. Apa mau dipindah-tugaskan ngurus kredit motor di Dieng? :D
  • ROO
    avatar 3058
    ROO #Kamis, 29 Jul 2010, 13:18 WIB
    syukurlah...
    mung kayak ngono reaksimu??? tanggung jawab oi!
  • AYAMCINTA
    avatar 3061
    AYAMCINTA #Kamis, 29 Jul 2010, 21:03 WIB
    Mantap nech... Blom kesampean nech buat kesana...
    semoga sampean sempet kesana...
  • MAHAMBARI
    avatar 3062
    MAHAMBARI #Kamis, 29 Jul 2010, 21:24 WIB
    mw tnya dunk,,,
    trus klo mw jln2 ke objek wisata dsna gmn tuh?
    ada paket tournya jg gak?
    ato ada sewa mobil/mtor??
    thx,,,
    ojek ada di Dieng. Untuk bisa nyampe Dieng bisa pakai colt dari kota Wonosobo, 2 jam perjalanan. Di Wonosobo sendiri banyak agen wisata yang tujuannya Dieng.
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 3064
    VICKY LAURENTINA #Kamis, 29 Jul 2010, 22:03 WIB
    Memang dirimu sengaja cari gara-gara dengan ngegowes malem-malem di Dieng, Na.. :-D
    Apa ada di antara kalian sakit flu pas setelah pulang dari sana?
    Niat saya cari cemilan mba. Tapi apa daya, warung dan toko tutup semua.
    Alhamdulillah kita sehat semua :D
  • MAHAMBARI
    avatar 3065
    MAHAMBARI #Kamis, 29 Jul 2010, 22:26 WIB
    ooh,,,,gw br ngeh,,,
    nyepeda,,,
    hehee,,,*ikut komen tp ongok2 gni,,,
    sory bro,,
    beuhh satut euy,,,
    ^^
    keren banget,,,
    gw jg bc postingan lainnya,,
    mantap gan,,,
    lanjutkan,,^^
    nuwun Kang
  • RASARAB
    avatar 3066
    RASARAB #Jum'at, 30 Jul 2010, 13:43 WIB
    wah manteb berati jujur juga tu TKP nya
    besok kalau main ke sono tak mampir situ. BTW itu foto yang paling bawah
    kayak ninja :P
    jelas Bal very recommended lah, itu yang paling bawah bukan ninja, tapi maling kedinginan.
  • BAKULRUJAK
    avatar 3067
    BAKULRUJAK #Jum'at, 30 Jul 2010, 15:36 WIB
    kapan-kapan kalau kesana meending bawa sleeping bag aja, tinggal nyusup
    kedalam terus mlungker :D
    nah itu dia,sempet mikir bawa sleeping bag tapi ntar malah tambah banyak bawaannya
  • ANNO
    avatar 3070
    ANNO #Jum'at, 30 Jul 2010, 21:35 WIB
    kemarin aku malah bikin tenda di dekat museum purbakala dieng..
    wkwkwk...dingin poll
    emang oleh po? ra diseneni warga?
  • PEIN
    avatar 3073
    PEIN #Sabtu, 31 Jul 2010, 22:48 WIB
    Kamar mandinya, HARUS air panas !!
    Kayaknya serem tuh, aq di Tawangmangu aja udah meriang :D

    pokonya, pengen !!
    ada kamar mandi air panas, tapi lebih seru kalau dingin :D
  • BANDREK
    avatar 3076
    BANDREK #Minggu, 1 Ags 2010, 12:10 WIB
    ya sudah, tapi besuk lagi jangan asal nekad, perlu perencanaan yg matang, bawa perlengkapan lain utk melawan udara dingin
    besok-besok nyoba bikin api unggun di dalam penginapan aja :D
  • ANNO
    avatar 3088
    ANNO #Kamis, 5 Ags 2010, 09:17 WIB
    @wijna
    ora nuh..kan wes ijin disek..sisan uji nyali..wkwkwk
    ha? dikasih ijin? kok bisa? Emang ada penampakan apa disana No? Hantu Carica? Wekekekeke...
  • EM
    avatar 3106
    EM #Sabtu, 7 Ags 2010, 23:37 WIB
    pas nonton FTV, bikin kesemsem karo langit dan gunungnya... Kapan ke sana ya?
    lha tinggal ajak adekmu ae tow?
  • ASOP
    avatar 3124
    ASOP #Kamis, 12 Ags 2010, 05:00 WIB
    Iya, saya dulu pernah ke Dieng sana, ke kawah apa gitu namanya, waktu survey ke Temanggung. Dingin
    banget, Mas... Apalagi hampir selalu ada kabut tiap hari... :D
    Kawah Sikijang itu namanya, emang disana dingin pake banget >.<
  • FAJAR
    avatar 3131
    FAJAR #Kamis, 12 Ags 2010, 15:23 WIB
    YES SESOK TAK NUSUL RANA!!!!!!
    owkey!
  • ASIA HOTELS REVIEW
    avatar 3555
    ASIA HOTELS REVIEW #Senin, 3 Jan 2011, 20:39 WIB
    Saya dulu juga pernah menginap di Wonosobo, huh dinginnya minta ampun
    waktu mandi.. hampir2 pengin nggak mandi karena takut dingin
    Bermalam di Dieng itu jauh lebih parah dinginnya Mas :D
  • NDY
    avatar 3814
    NDY #Senin, 25 Apr 2011, 13:21 WIB
    aku disitu tidurnya kemaren , bener2 ga bisa bilang apa yg jelas DINGIN BANGGGEEEEETTT ...
    Kalau di Dieng panas itu malah bahaya, hahaha
  • AGUNG HENDRA
    avatar 3837
    AGUNG HENDRA #Selasa, 3 Mei 2011, 10:09 WIB
    Keren bos....hahahahaa....
    like this...
    Sip! Ditunggu nginep di DIengnya :D
  • JOCHELIN
    avatar 3872
    JOCHELIN #Selasa, 17 Mei 2011, 22:52 WIB
    waaaaa, q pengen banged tuh ke dieng, biarpun deket (kebumen) tapi q belum pernah sampai dieng. pe sekarang sering ngiler lo denger cerita temen2 tentang dieng.
    maklum aja orang pesisir, jadi kan penasaran ama daerah pegunungan.
    ayooo, kabar maw? mblusuk main ke kebumen?
    Hahaha, saya juga jarang main ke Kebumen. Pingin sih, InsyaAllah suatu saat nanti yak! :D
  • HTTP://WWW.DIENGPLATEAU.C
    avatar 4009
    HTTP://WWW.DIENGPLATEAU.C #Sabtu, 9 Jul 2011, 09:01 WIB
    Dieng Plateau Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara adalah tujuan wisata utama di Pulau Jawa, Indonesia, dengan banyak pesona dan misteri yang belum terungkap. DiengPlateau.Com menyajikan informasi tentang obyek wisata, homestay, rental mobil dan segala informasi wisata di Dataran Tinggi Dieng.
    nantikan kunjungan saya ke Dieng ya! :D
    Jangan lupa kunjungi terus blog Maw Mblusuk!
  • DINDA
    avatar 4774
    DINDA #Minggu, 26 Ags 2012, 17:18 WIB
    yang penjenengan nginep itu di wonosobo? trus kalo ke dieng naik apa?
    di Dieng ya nginep, di Wonosobo ya nginep. Dari Wonosobo ke Dieng dulu naik sepeda, hehehe.
  • ICHA
    avatar 4976
    ICHA #Selasa, 8 Jan 2013, 12:00 WIB
    di dieng ada tempat penyewaan sepeda gak ? .. makasih :)
    ada nggak ya? setahu saya pas saya ke sana nggak ada Mbak.
  • OKY_PEWE
    avatar 5228
    OKY_PEWE #Sabtu, 20 Apr 2013, 08:47 WIB
    rasakno ademe kotaku, hehehe
    wah, ampuun Kang. Moga-moga di Dieng turun salju ben iso dolanan boneka salju :D
  • BAKTIAR
    avatar 5229
    BAKTIAR #Minggu, 21 Apr 2013, 15:52 WIB
    Wah, sedingin itu Dieng? Kalau dibandingkan Bromo kira-kira lebih dingin mana ya?
    Kemarin masih bisa tidur pake satu baju di Bromo tapi pas bulan Februari (gak sedingin
    bulan Juli)... Pengen juga mengunjungi Dieng suatu ketika nanti
    Aku udah lamaaaa banget ke Bromo jadi nggak bisa membandingkan. Yang jelas di Dieng itu lebih dingin dari kulkas seperasaan saya.
  • KADEK HERDA
    avatar 5337
    KADEK HERDA #Senin, 10 Jun 2013, 12:27 WIB
    Juli depan saya juga mau ke Dieng. Lagi cari info ttg makanan dan oleh2 khas nya. any
    info?
    Makanan khas bisa nyoba mie ongklok, tempe kemul, manisan carica, nasi jagung, nasi megono.
  • APRILLIA SYAH FITRI
    avatar 5371
    APRILLIA SYAH FITRI #Sabtu, 29 Jun 2013, 13:08 WIB
    harga ny udah naik blom, .. harga penginapan nya ?..
    Kayaknya sih udah mbak. Kalau menurut laporan inflasi (mengacu ke Indeks Harga Konsumen) harganya bisa naik 5% dari harga tahun 2010. hehehe.
  • ALFI
    avatar 5372
    ALFI #Sabtu, 29 Jun 2013, 20:57 WIB
    enak juga tuh kayaknya kesana..
    ada yg tau budget minimal utk sekitar 3-4 hari tapi puas libur disana?
    Sekitar 500rb lah, kurang lebih untuk 3-4 hari. Tapi 2 hari sudah bisa untuk menjelajah obyek-obyek wisata di Dieng kok.
  • DIYARTO
    avatar 5419
    DIYARTO #Sabtu, 13 Jul 2013, 22:37 WIB
    iya bro .mantap pokok nya dieng .
    asal nggak nginep di sana aja pas musim kemarau.
  • DELTA
    avatar 5536
    DELTA #Rabu, 11 Sep 2013, 17:49 WIB
    mbak... minta no hape Pak YAnto dong. saya tlp nomer di ats ngga diangkat. makasiii
    waduh saya kurang tau nomer telepon lain selain itu je...
  • DELTA
    avatar 5537
    DELTA #Rabu, 11 Sep 2013, 17:51 WIB
    fastrespon dong pliisss.. lagi butuh nuih :P
    wah saya kurang tahu klo nomernya Pak Yanto sudah berganti. Bisa dicoba dengan penginapan lain di sekitar wilayah Dieng.
  • DELTA
    avatar 5538
    DELTA #Rabu, 11 Sep 2013, 20:27 WIB
    emangnya penginapan murah selain di Pak Yanto dimana? :)
    lha kan bukannya ada banyak penginapan di sekitar sana yah?
  • DELTA
    avatar 5543
    DELTA #Jum'at, 13 Sep 2013, 00:36 WIB
    yah ngga dibales :(
    waaa... maaf baru buka blog sekarang >.<
  • TIAN
    avatar 5645
    TIAN #Selasa, 26 Nov 2013, 00:07 WIB
    Hemm yang pengen tau seputar wonosbo jangan lupa mampir di blog aku ya hehehe
    woke deh brooo!
  • KOMALA
    avatar 5814
    KOMALA #Kamis, 27 Feb 2014, 09:50 WIB
    bisa ditunjukan arah n jalan menuju dieng dari pusat kota wonosobo gak? jalannya banyak
    belokan apa gak?
    atau dari arah banjarnegara gimana rutenya??
    Kalau dari Banjarnegara saya belum pernah. Tapi kalau dari kota Wonosobo gampang banget. Jalannya cuma satu, namanya Jalan Dieng. Nggak bercabang-cabang, lurus menanjak 30 km ke arah utara. Ujung jalan ini di utara alun-alun kota Wonosobo. Kalau bingung tanya warga sekitar alun-alun ya pada ngerti kok.
  • KOMALA
    avatar 5832
    KOMALA #Rabu, 5 Mar 2014, 08:24 WIB
    maz banyak nanya boleh yaaa...heheee...
    kalo aq berangkat dari cilacap naik motor...paling mudah dan paling cepat rutenya lewat
    mana maz??
    Klo dari Cilacap naik motor mending langsung dari Cilacap ke Banjarnegara mpe pertigaan Wanayasa baru setelah itu ambil arah ke Batur.
  • BONTOT
    avatar 5988
    BONTOT #Rabu, 16 Apr 2014, 03:15 WIB
    lets GO kita kepondok pak yanto secepatanya
    oke deh, silakan booking dulu sebelum kehabisan kamar
  • AYUNDA
    avatar 6001
    AYUNDA #Rabu, 23 Apr 2014, 11:38 WIB
    itu kamarna hargana brapa?kamar mandi dlm gak?sama lokasi wisata jauh bnget gak ?ad
    no hp yg bs d hubungi gak ?trimaksih
    Tahun 2010 harganya bervariasi antara Rp 75.000 s.d. Rp 150.000 per kamar.
    Kamar mandi di luar.
    Sama lokasi wisata dekat, cuma 500 meter dari kompleks Candi Arjuna.
    Hubungi telepon ini (0286) 3342026.

    kamu baca artikel ini nggak sih? Pertanyaanmu ini sudah aku bahas di artikelku ini? Hadeh...
  • CAENG
    avatar 6412
    CAENG #Rabu, 3 Sep 2014, 08:08 WIB
    itu homestay ada air panas buat mandinya gak yah? :p
    ada dong ya :D
  • ANGKI
    avatar 6463
    ANGKI #Sabtu, 13 Sep 2014, 20:34 WIB
    waaahh dinginnya klayak apa y mas?? jujur dah saya gak tahan kalo sampe 0 derajat
    gitu... kapok dah yang dingin" mas
    Pokoknya dingin banget Ngki kalau menurut saya yang nggak tahan dingin
  • JELLAL
    avatar 7643
    JELLAL #Selasa, 19 Mei 2015, 13:34 WIB
    Om, itu penginepannya bisa dikontak (booking) dulu ngga? ato harus pesen ditempat? :D
    bisa dikontak dulu kok