Maw Mblusuk?
  • RSS 2.0
  • Facebook
  • Twitter
  • Flickr
  • Instagram
  • Youtube
  • E-Mail

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk

Cari Artikel

PARA PENJELAJAH

INSTAGRAM @MBLUSUK

https://www.instagram.com/p/BHb7a0TAjHb/

Bikepacking ke Dieng

Terbit: Senin, 26 Juli 2010, 09:05 WIB

Bersepeda di Dieng sempat menjadi impianku di masa-masa awal aku bersepeda di Jogja. Tapi, kalau bersepeda KE Dieng, itu betul-betul tidak pernah aku bayangkan sebelumnya.

 

Nyatanya, takdir pun berkata lain. Pada tanggal 6 sampai 8 Juli 2010 yang lalu, ternyata aku benar-benar melakoni bersepeda pergi-pulang dari Jogja ke Dieng!

 

Ini adalah bikepacking keempatku setelah Semarang, Kebumen, dan Ketep.

 

 

Orang yang pertama kali mengagas ide untuk bikepacking ke Dieng adalah sahabat SPSS bernama Angga yang tersohor dengan kelihaiannya mengemudikan sepeda lipat. Akan tetapi, pada H-3, Angga malah mengabarkan bahwa dirinya nggak bisa ikut serta. Dengan demikian tersisalah 4 orang yang siap berangkat bersepeda ke Dieng.

 

Selain aku, mungkin Pembaca ingin tahu siapa saja manusia-manusia yang sudi bersepeda dari Jogja ke Dieng pergi-pulang. Berikut adalah info singkatnya.

 

Arisma (26) berpengalaman sebagai mekanik dan ahli elektronik. Dirinya adalah penggiat Bike2Work Jogja dan katanya sedang libur kuliah.

 

Pipink (23) adalah satu-satunya wanita dalam tim yang terkenal dengan kekuatan dengkul tingkat tinggi.

 

Rizky (19) adalah yang termuda dalam tim, sedang libur kuliah juga, dan hanya bermodalkan semangat anak muda.

 

Profil cowok cewek yang bersepeda dari Jogja ke Dieng pada tahun 2010
Team Member

 

Bagaimana rute pilihan kami bersepeda menuju Dieng, bisa Pembaca simak di situs Everytrail ini:

http://www.everytrail.com/view_trip.php?trip_id=697691

 

Lebih rincinya adalah sebagai berikut.

 

Etape 1, Jogja – Borobudur (6/7/2010), 33 km

Seperti biasa, untuk menuju Borobudur, kami mengikuti rute susur barat selokan mataram. Jarak 33 km kami tempuh selama 2,5 jam. Sejauh ini tidak ada kendala berarti.

 

Cerita titik awal bersepeda dari Jogja ke Dieng dari Tugu Pal Putih pada tahun 2010
Start-nya dari Tugu Pal Putih.

 

Rute bersepeda dari Jogja ke Dieng lewat Bendungan Karang Talun pada tahun 2010
Di jembatan Bendungan Karang Talun, perbatasan provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

 

Etape 2, Borobudur – Salaman (6/7/2010), 9 km

Jalan menuju Salaman dikelilingi oleh sawah dan kontur jalannya agak naik-turun tapi tidak terlalu ekstrim. Di Salaman kami sempat istirahat dan makan di sebuah warung di depan kantor polisi.

 

Rute bersepeda dari Jogja ke Dieng melewati Candi Borobudur di Magelang pada tahun 2010
Sampai di depan pintu masuk Taman Wisata Candi Borobudur.

 

Etape 3, Salaman – Wonosobo (6/7/2010), 40-an km

Ini etape yang benar-benar menguras tenaga. Jalan yang kami lalui wujudnya mayoritas tanjakan. Wajar saja, sebab Wonosobo terletak 780 meter di atas permukaan laut, sedangkan Salaman itu sekitar 130 meter di atas permukaan laut.

 

Kisah bersepeda dari Yogyakarta ke Dieng melewati jalan raya Salaman - Sapuran yang penuh tanjakan dan rawan kejahatan pada tahun 2010
Suasana di jalan raya yang menghubungkan Salaman dan Sapuran.

 

Pesepeda dari Jogja ke Dieng istirahat di emperan minimarket Sapuran pada tahun 2010
Sempat istirahat di minimarket.

 

Kalau dari arah Salaman ke Wonosobo, tanjakannya tinggi dan terjal. Sementara, kalau dari arah Wonosobo ke Salaman, tanjakannya panjang namun agak landai. Etape ini sebenarnya adalah jalur alternatif menuju Wonosobo dari Magelang melewati Sapuran. Tapi banyak juga angkutan besar yang melewati rute ini. Di malam hari kabarnya kondisi jalan ini lumayan rawan kejahatan.

 

Rute bersepeda dari Yogyakarta ke Dieng dan singgah di Kota Wonosobo pada tahun 2010
Sampai juga di Kota Wonosobo Asri.

 

Pesepeda dari Yogyakarta ke Dieng bersantap kuliner Mie Ongklok Longkrang di Kota Wonosobo pada tahun 2010
Mumpung di Kota Wonosobo, isi tenaga dulu pakai Mie Ongklok Longkrang.

 

Kami tiba di Kota Wonosobo sekitar pukul 15.30 WIB untuk bermalam dan meneruskan perjalaan keesokan harinya. Oh iya, tadi kami berangkat dari Jogja pukul 07.00 WIB.

 

Etape 4, Wonosobo – Dieng (7/7/2010), 30-an km

Kami berangkat dari Wonosobo pukul 09.00 WIB. Untuk menuju Dieng rutenya mudah. Ikuti saja Jl. Dieng yang membujur di utara Kota Wonosobo. Simpel toh?

 

Warga Wonosobo berbaik hati mempersilakan pesepeda dari Jogja ke Dieng menginap di rumahnya pada tahun 2010
Siap berangkat bersepeda dari Wonosobo ke Dieng.

 

Di Jl. Dieng km 9, tepatnya di depan Pasar Garung, kami berbelok menuju Telaga Menjer. Rutenya cukup memutar dan tembus lagi di Jl. Dieng km 17 di Kota Kecamatan Kejajar.

 

Medan rute jalur yang sedikit tanjakan untuk bersepeda dari Wonosobo ke Dieng pada tahun 2010
Rambu kuning yang kita semua sudah paham apa artinya.

 

Papan peringatan tanjakan terjal dan tajam saat bersepeda dari Wonosobo ke Dieng pada tahun 2010
Nah, kalau yang ini betul-betul ditegaskan dengan kalimat.

 

Di Jl. Dieng km 19, hujan mulai turun. Untungnya tak ada kabut. Mau tak mau, kami melanjutkan perjalanan di bawah guyuran hujan. Di tengah perjalanan sambil berhujan-hujan ria, kami sempat berhenti membantu truk yang kesusahan melahap tanjakan di sekitar Jl. Dieng di km 24.

 

Bersepeda dari Wonosobo ke Dieng di bawah guyuran hujan pakai mantel dan jas hujan pada tahun 2010
Meskipun basah, bermantel, dan jalan nanjak tapi tetap happy!

 

Pesepeda membantu mobil pickup yang kesulitan menanjak saat bersepeda dari Wonosobo ke Dieng pada tahun 2010
Aksi sosial membantu truk yang kesusahan menanjak.

 

Kami sampai di Dieng pada pukul 15.00 WIB pada ketinggian 2.080 meter di atas permukaan laut. Apabila mencermati Kota Wonosobo yang berada pada ketinggian 780 meter di atas permukaan laut, jelas sekali kontur jalan dari Kota Wonosobo menuju Dieng berupa TANJAKAN.

 

Bersepeda Keliling Obyek Menarik di Dieng

Di Dieng kami menyempatkan diri untuk menginap satu malam. Tentu saja, selama di Dieng itu kami memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk menyambangi berbagai macam obyek wisata menarik. Tentu dengan naik sepeda!

 

Bersepeda di Dieng mengunjungi Kompleks Candi Arjuna pada tahun 2010
Mampir di Kompleks Candi Arjuna (pengunjung pun terheran-heran )

 

Bersepeda di Dieng mengunjungi Candi Gatotkaca pada tahun 2010
Mampir di Candi Gatotkaca.

 

Bersepeda di Dieng mengunjungi Kawah Sikidang pada tahun 2010
Bersantai di Kawah Sikidang.

 

Bersepeda di Dieng mengunjungi Telaga Warna pada tahun 2010
Numpang ngendog di Telaga Warna. #eh

 

Bagi pesepeda yang berdomisili di Kota Wonosobo, bersepeda dari Wonosobo ke Dieng merupakan hal yang cukup lumrah. Menurut Dias–seorang atlit sepeda Kota Wonosobo–bagi mereka yang sudah ahli, hanya butuh 2,5 jam bersepeda dari Kota Wonosobo menuju Dieng.

 

Cowok cewek bersepeda dari Jogja ke Dieng foto di depan gerbang selamat datang di Dieng pada tahun 2010
Sebelum bersepeda pulang dari Dieng ke Jogja.

 

Jadi Pembaca, apa yang aku lakukan ini merupakan suatu petualangan yang mungkin sukar diperoleh di masa kini dan tentunya hanya bisa aku lakukan ketika saya masih punya banyak watu senggang seperti ini, hehehe.

NIMBRUNG YUK


UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!

  • CUK
    avatar 3026
    CUK #Senin, 26 Jul 2010, 09:16 WIB
    dahsyat !!
    Edan Kang!
  • WINA #Senin, 26 Jul 2010, 10:06 WIB
    Wuih keren banget!!!
    Naik motor aja udah capek, ni malah naik sepeda.
    Salut deh..
    lha iya lebih capek lagi lah mba :D
  • RASARAB #Selasa, 27 Jul 2010, 02:57 WIB
    sayang gak bisa ikut :(
    jarang2 ada orang Arab di Dieng lho Bal :D
  • PEIN
    avatar 3040
    PEIN #Selasa, 27 Jul 2010, 14:30 WIB
    Hm,
    Saya naik awan kinton ajah :D

    info Hotel murmer yg lengkap di sana dunk...[ngarep]
    ada di artikel blogku yg terbaru le
  • CERITAEKA #Rabu, 28 Jul 2010, 00:13 WIB
    Aku belum pernah le Dieeeeng :( hiks hiks
    btw itu temen2mu ada biodatanya.. umur n kerjaan nya
    lha kamu koq gak ada biodatnya?
    Waaah diskriminasi yaaah :P
    pekerjaan saya apaan ya? tunggu, biar saya pikir-pikir dulu ;p
  • PIPINK
    avatar 3048
    PIPINK #Rabu, 28 Jul 2010, 08:43 WIB
    Bromo yukyukyuk!
    dengkulmu koyok!
  • PARIS #Rabu, 28 Jul 2010, 09:14 WIB
    woo ... wong edan ... :D
    ini wong PEKOK (Pit-pitan Ekstrim Koyok Ora Kalap)
  • PROF. HELGA #Rabu, 28 Jul 2010, 10:51 WIB
    waah seru abis ah

    pengen kek gitu
    pergi bersepeda bareng temen2


    salam kenal bang
    baru mampir nih
    salam kenal juga, ini kita lagi kesurupan makanya berani nyepeda ke Dieng :p
  • DEADY #Rabu, 28 Jul 2010, 11:49 WIB
    walah sepeda Polygonnya mirip sama punya ane di rumah tuh

    aku belum pernah ke Dieeennnggggg
    baca nih postingan jadi mupeng aja
    semoga ntar penempatan Wonosobo
    amiinn
    terbukti kan sepeda Polygon bisa nembus Dieng :D
  • MONDA #Rabu, 28 Jul 2010, 14:01 WIB
    jadi makin meletup2 pengen ke dieng nih mawi
    hahaha, kalau Ibu naik mobil aja yah :)
  • ZEE #Rabu, 28 Jul 2010, 15:06 WIB
    Hebad bener anak-anak muda ini. Sportif, sehat, cinta Indonesia! :)
    Mosok ndak dibilang kalau kita-kita ini orang edan toh? :p
  • YOHAN WIBISONO #Rabu, 28 Jul 2010, 16:03 WIB
    "Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses
    selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :)"
    salam balik juga Kang
  • TIA
    avatar 3054
    TIA #Rabu, 28 Jul 2010, 16:28 WIB
    kereeen mas!!
    mas wijna sekarang dah nyampe mana2..
    dah gak level lagi nemenin aku sepedaan kayaknya, hoho.
    sepeda keliling Bantul udah biasa sekarang...
  • SUKE ASLI SEMARANG #Kamis, 29 Jul 2010, 21:32 WIB
    hwuaaaa ampun dah, naek mobil saja capek, kok naek sepeda... aw aw aw
    lha ini orang-orang kurang gawean je?
  • BENYKLA #Jum'at, 30 Jul 2010, 20:01 WIB
    anjrit gila....mbiyen wis pernah sih ke wonosobo.tapi naek motor..lewat jalur borobudur juga...tp jalan e nanjak nurun...edan
    kami ini memang edan :D
  • ANNO #Jum'at, 30 Jul 2010, 21:34 WIB
    keren bro..
    ke dieng naek sepeda...salut
    ojo ditiru No, iki wong kenthir kabeh :D
  • CORNILA #Sabtu, 31 Jul 2010, 00:45 WIB
    wah..hebat..kalau saya tinggal di Jogja, pasti ikutan nimbrung acara
    bikepacking-nya :D
    waduh mba...ntar saya dipasung sama mathripe runyam urusannya :D
  • BU MUL
    avatar 3101
    BU MUL #Jum'at, 6 Ags 2010, 21:40 WIB
    anak saya cuma geleng2 kepala.....yach,,,, ora percaya wae?
    iki ra ngapusi lho Bu
  • BAYU
    avatar 3222
    BAYU #Senin, 30 Ags 2010, 12:52 WIB
    aku pengin tanya berapa bajet yang dikeluarkan n brp hari pp jogja diyeng soalnya ak tertarik nih
    PP Jogja-Dieng itu 3 hari 2 malam. Kalau budget saya sih menyediakan dana Rp 200.000.
  • BAYU
    avatar 3223
    BAYU #Senin, 30 Ags 2010, 13:00 WIB
    NB kalo ke-bromo ak di kabari ok soalnya pengen gabung gila bareng
    hohohoho, ditunggu aksi nekat kami Kang
  • BAYU
    avatar 3225
    BAYU #Selasa, 31 Ags 2010, 07:12 WIB
    kayaknya habis lebaran ni aku mau nyoba ke diyeng ama beberapa teman dari muntilan n magelang
    lha kalau dari Magelang lebih enak lewat Parakan, jangan lewat Sapuran.
  • BAYU
    avatar 3229
    BAYU #Selasa, 31 Ags 2010, 20:36 WIB
    emang rencana lewat Parakan sekalian mampir di kebun Teh Tambi teruslanjut ke-Diyeng, tapi balek lewat Sapuran
    wah, yg kemaren kami belum sempat ke Tambi. Saran saya kalau memang niat lewat Sapuran, itu pas berangkatnya aja. Soalnya kalau pulang (menuju Jogja), tanjakannya lebih berat dibandngkan ketika pergi (menuju Wonosobo), dan kalau sore rawan kejahatan (kata warga disana).
  • BUDA
    avatar 3258
    BUDA #Kamis, 9 Sep 2010, 17:52 WIB
    pengen keliling indonesia ra? ngajak mbah boncel pisan
    mbah boncel sinten nggih?
  • EME
    avatar 3343
    EME #Selasa, 5 Okt 2010, 13:56 WIB
    wah keren.... naik mtr aja membuatku merasa hilang dan sedikit putus asa pas lewat bukit2 dr dieng ke parakan... naik sepeda? layak dicoba ni...
    kalau mbak E masih waras, jangan sekali-kali mencoba :)
  • DODI
    avatar 3385
    DODI #Senin, 18 Okt 2010, 22:16 WIB
    mantap gan!!
    pengen nyobain...
    ajak2 dong bro...
    -salam kenal-
    GOWES!!
    salam kenal juga Kang, udah lama juga nih ndak Bikepacking
  • AGUS-BBT
    avatar 3392
    AGUS-BBT #Selasa, 19 Okt 2010, 20:31 WIB
    ke dieng naik sepeda onthel... edhan tenan...dengkul karo kentol apa gak athos...hebat...!!! terutama nonik-nonik-nya.
    maklum Kang, anak muda macam kami ini perlu bahan cerita kalau sudah tua nanti :D
  • ASTHY
    avatar 3428
    ASTHY #Jum'at, 29 Okt 2010, 11:30 WIB
    kereeeeeeeennnn....
    Jangan ditiru lhoo! :D
  • UMY #Senin, 30 Jan 2012, 16:17 WIB
    wuiihhhhhhhh...kueren lah!!! sya acungi k4 jmpol.. q yg uda ksana dari purwokerto pke motor j uda cuapey g keruan..ne mlah naek speda,mantabz lah. ide brilian ne,,,perlu dcontoh smgat olahraganya..hehehe
    Jangan ditiru lho! Ini perilaku edan, hahahaha
  • KETUT DANA #Selasa, 24 Jul 2012, 22:05 WIB
    Saya akan kesini....
    semoga lancar perjalanannya ya Bli Dana :)
  • DIMAS PRAS
    avatar 4769
    DIMAS PRAS #Kamis, 16 Ags 2012, 23:23 WIB
    hallo hallo semua
    aq bru aj pulang dr wonosobo
    perjalanan bantul wonosobo kota 2 jam naex motor tp numpak mtor e gas poll rem cul dap
    lox di terusin sampai dieng cman 2,5 jam saja
    waow... 2 jam? itu ngebut???
  • TOTOK
    avatar 4896
    TOTOK #Senin, 3 Des 2012, 13:22 WIB
    Antara sangat HEBAT atau PEKOK. Naik Dieng masih pakai ban 26x2 ke atas? Cek5x. Kalau sy sdh ganti ban dulu: min 26x1,5
    kalau nggak salah waktu itu saya pakai ban 1.75 Kang, klo temen2 yang lain ya ada yang 2. Kalau nggak kuat nanjak kan ya dituntun, hahaha :D
  • M.ARIEF
    avatar 4992
    M.ARIEF #Rabu, 16 Jan 2013, 10:45 WIB
    kapan nyepeda lagi yuk aku gabung ya
    biasanya kalau nyepeda pas hari Sabtu Kang, tapi nggak pernah yang jauh banget seperti ke Dieng ini.
  • DAVID
    avatar 5835
    DAVID #Rabu, 5 Mar 2014, 21:10 WIB
    keren kang! jadi pengen nyobain nih
    nyobain nyepeda ke Dieng?
  • ANGKI #Sabtu, 13 Sep 2014, 20:37 WIB
    wuuhh baru baca yang ini mas superb edan hahaha
    Jaman masih muda Ngki
  • HANDOKO
    avatar 6546
    HANDOKO #Jum'at, 10 Okt 2014, 11:14 WIB
    Saluut mas Bro....
    Buat kebersamaan dan semangatnya...
    Terima kasih Mas atas apresiasinya :)
  • RUDI BUJANK PURIN
    avatar 6940
    RUDI BUJANK PURIN #Selasa, 6 Jan 2015, 07:08 WIB
    W.O.W,,,,,,,,ngikut doOOonnk,,,,
    Jaman maasih muda ini :D
  • GREENPLATEAU
    avatar 6993
    GREENPLATEAU #Rabu, 14 Jan 2015, 23:37 WIB
    Pengen tapi wegah: nanjak dieng pite diangkut
    bis, ngglundung wonosobo pite ditumpaki
  • R I O
    avatar 7014
    R I O #Senin, 19 Jan 2015, 14:04 WIB
    W O W . . 1 kata untuk semua...!!!
    Terima kasih :D
  • FAWWAZ SHIDDIQIE
    avatar 7021
    FAWWAZ SHIDDIQIE #Kamis, 22 Jan 2015, 04:09 WIB
    Ini kayane beda tipis antara Hebat, Nekat dan "Kurang Seprapat" wkwkwkwk... Mantab Bro, ditunggu cerita dahsyat selanjutnya.
  • SENOKB
    avatar 8952
    SENOKB #Sabtu, 26 Des 2015, 19:59 WIB
    Keren.., klo trek xc dari dieng ke wonosobo nya ada
    gak om? Soalnya gak kuat klo nanjak, maklum usia..
    Kayaknya ada Om klo lewat Garung.
  • WIJAYANTI
    avatar 8961
    WIJAYANTI #Senin, 28 Des 2015, 15:38 WIB
    EDAAAAANNNNN.....kan kularang anakku naik sepeda ke Dieng...hiks hiks
    Waduh!