Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 9 Juli 2010, 14:38 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Dari informasi yang tersiar di internet, katanya di kawasan Dago, Bandung, ada suatu air terjun yang bernama Curug Dago. Berhubung rumah di Bandung juga terletak di kawasan Dago, bolehlah sekiranya di hari Selasa pagi (22/6/2010) aku mencoba bersepeda ke sana. Toh, misiku di tahun 2010 ini berubah, dari yang dulu mencari candi, sekarang ganti mencari air terjun.

 

Dengan sepeda lipat B2W yang aku usung dari Jogja, dimulailah perjalanan dengan mendaki Jl. Ir. H. Juanda menuju arah utara. Buatku ini serasa mendaki Jl. Kaliurang km 11 ke atas, karena jalannya nanjak agak landai walau beberapa kali diselingi tanjakan yang lumayan curam.

 

Setelah menempuh jarak sekitar 1,5 km sampailah aku di Terminal Dago. Dari rumah lumayan dekat sih. Tapi kalau dari flyover perempatan Jl. Ir. H. Juanda yang ada di bawah, mungkin ya jaraknya ada sekitar 6 km.

 

mengangkat sepeda lipat menuruni tangga menuju Curug Dago di Bandung pada tahun 2010
Butuh perjuangan buat ngusung sepeda ke Curug Dago ini.

 

Di sana aku lihat ada poster yang bertuliskan Curug Dago. Langsung saja aku ikuti arah yang tercantum di poster itu yaitu ke arah kiri (barat) dari Terminal Dago. Setelah itu melibas turunan jahanam dan ketemu lagi dengan poster Curug Dago yang lain.

 

Nah, petunjuk di poster itu mengarah ke jalan setapak menuju hutan. Aku sempat ragu-ragu dan bertanya ke warga, tapi mereka bilang memang itulah jalan ke Curug Dago. Ya sudah, jadinya aku bersepeda menyusuri jalan setapak yang hanya muat untuk lewat 2 kendaraan roda dua itu.

 

Sampai di hutan (yang ternyata masih di dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda), suara berisik air terjun sudah terdengar. Tapi aku masih harus menuruni anak tangga untuk bisa sampai ke dasar air terjun. Anak tangganya itu dari batu dan sialnya licin serta berlumut. Alhasil, aku harus hati-hati melangkah, sebab aku turun sambil bawa sepeda lipatku, hehehe.

 

suasana Curug Dago di Bandung yang masih sepi dan alami pada tahun 2010

 

Sekitar 100 meter berjalan kaki, sampai deh di dasar Curug Dago. Airnya cukup deras. Walau tingginya hanya 10 meter, akan tapi cipratan airnya bisa membasahi kameraku. Padahal jarakku ke Curug Dago ya paling ada lah lebih dari 20 meter.

 

Di sekitar Curug Dago beridiri dua bangunan berwarna merah. Ternyata, di dalam bangunan itu tersimpan prasasti. Menurut para ahli sejarah, konon kedua prasasti tersebut merupakan peninggalan Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) yang pernah berkunjung ke Curug Dago sekitar tahun 1818.

 

prasasti raja rama Thailand yang ada di curug Dago, bandung pada tahun 2010
Prasasti peninggalan Raja Rama V dan Raja Rama VII ada di dalam bilik merah.

 

Aku singgah di Curug Dago sekitar pukul 7 pagi. Suasana di Curug Dago sangat sepi. Mungkin karena masih pagi ya? Tapi menurut kabar yang aku baca di internet, Curug Dago ini memang sepi. Mungkin karena sepi itu pula, fasilitas di sana jadi tidak terawat. Seperti jalanan yang rusak dan besi pembatas tangga yang hilang. Mungkin juga karena pengunjung tidak ditarik biaya retribusi saat masuk ke sini.

 

Menurutku, Curug Dago ini cukup fotogenik sebagai obyek foto. Walaupun pengunjung tidak bisa bermain air di sini. Apa Pembaca juga pernah berkunjung ke Curug Dago?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ANNO
    avatar 2952
    ANNO #Jum'at, 9 Jul 2010, 16:07 WIB
    prasasti dari kerajaan apa bro
    Kerajaan Siam Thailand No
  • BENY
    avatar 2953
    BENY #Sabtu, 10 Jul 2010, 06:18 WIB
    hooo tahuku dago itu brownies ama factory outlet ternyata ada curug
    Curugnya tersembunyi, ndak kayak factory outlet yang promosinya dimana-mana :)
  • NAHDHI
    avatar 2955
    NAHDHI #Senin, 12 Jul 2010, 07:00 WIB
    Wah nama turunannya kok sangar? Turunan Jahanam (doh)
    itu karena kita kerap misuh2 kalau lewat turunan itu :D
  • YACOB-IVAN
    avatar 2956
    YACOB-IVAN #Senin, 12 Jul 2010, 07:01 WIB
    Wow, keren... mari berwisata keliling Indonesia...
    Di Purworejo juga ada Hidden Cave... aku mau ke sana...
    Ndang dicek Gua Seplawan itu kayak apa Cob
  • ZEE
    avatar 2957
    ZEE #Senin, 12 Jul 2010, 07:01 WIB
    Melihat fotonya, seems keren ya. Ya lebih baik dia tetep tersembunyilah, daripada banyak orang datang tapi nanti malah jadi kotor.
    hahaha iya Bu, tetap tersembunyi aja, kalao ndak tersembunyi boleh tapi jalannya dibikin susah kesananya :D
  • OMIYAN
    avatar 2959
    OMIYAN #Senin, 12 Jul 2010, 12:16 WIB
    kapan atuh ke serang banyak curug juga disana heheheh
    Ada penginapan murah di Serang ndak Kang? Kalau pergi jauh itu masalah biaya akomodasi jew...
  • PEIN
    avatar 2961
    PEIN #Senin, 12 Jul 2010, 16:45 WIB
    Wah, misnya ga konsisten, berubah mulu ;D
    Air terjunya biasa aja [eh,yg dpojok biru2 tu sampah ya ]
    Masih bagusan Air terjun Jumog d dkt Candi Sukuh.....

    ato

    ksi ja, air terjunnya da banyak.
    maih perawan smua........
    misnya ga konsisten gimana? What??? Itu bukan sampah!! Nantikan saya ke air terjun Jumog deh :D
  • SUKE
    avatar 2962
    SUKE #Senin, 12 Jul 2010, 21:28 WIB
    Masih alami....
    Ajibbbb... :)
    hehehe, enak Kang, alami
  • JULIANUSGINTING
    avatar 2969
    JULIANUSGINTING #Selasa, 13 Jul 2010, 14:40 WIB
    saya sering ke dago tp kok ga nemu curug nya ini ya?
    deket dari Terminal Dago, lha wong ya tersembunyi, makanya susah nemunya :D
  • CUK RIOMANDHA
    avatar 2973
    CUK RIOMANDHA #Kamis, 15 Jul 2010, 09:38 WIB
    sayang Prasastinya sulit di potret dengan jelas ...
    saya jalan kaki dari terminal dago kesini, masih ceria ...
    tapi pulangnya hampir pingsan, tanjakannya tak cocok dengan badan
    tambunku he he he

    di Bogor, katanya beberapa curug masih meninggalkan jejak-jejak
    artefak masa lalu ...
    maklum Kang di daerah Bandung hampir setiap wilayahnya naik-turun bukit, tapi enaknya jadi banyak curug. :)
  • BAGUSARTZMANIA
    avatar 3055
    BAGUSARTZMANIA #Rabu, 28 Jul 2010, 18:45 WIB
    pingin kesana, tp kpn hehehehe....
    ya pas ke Bandung diagendakan aja, deket dari kota kok :D
  • ARIO
    avatar 3155
    ARIO #Selasa, 17 Ags 2010, 22:23 WIB
    weeis curug dago hahaha baru denger loh, padahal aku di bandung rummahnya, oh iya cariin info tentang makanan enak di bandung doong, lagi pengen makan nih hehehhe
    wah kuper ini namanya, ga pernah jalan-jalan sekitar Dago. Di Dago sendiri juga banyak makanan enak kok.
  • UCHI
    avatar 3791
    UCHI #Sabtu, 16 Apr 2011, 19:32 WIB
    ajak2 donk......cz sk g ad tmn pngn nyari2 curug teh.....pngn wisata k smua keindahan alam bdg....
    waduh, aku belum main ke Bandung lagi :D
  • RITA
    avatar 4107
    RITA #Jum'at, 12 Ags 2011, 09:42 WIB
    subhanallah bagus,,,,
    ko aku baru tau yah kalo di dago ada curug, :)
    jadi pengen kesana,
    kalau ke Bandung jangan lupa berkunjung ke curug2 mbak
  • FATIHUNNADA
    avatar 5638
    FATIHUNNADA #Minggu, 17 Nov 2013, 20:17 WIB
    Perjalanan kaki dari tmpat parkir mobil menuju curug, brp lama, sob?
    Ane ada rencana mau kesana dgn anak.anak murid.
    ah, nggak ada 10 menit, deket kok.
  • MEDAN WISATA
    avatar 5935
    MEDAN WISATA #Kamis, 3 Apr 2014, 13:46 WIB
    Keren banget nih air terjunnya,,,,
    kapan ya.. ane bisa ikutan nyasar di Curug dago ini.. :D
    Kalau dari Medan dirimu ambil penerbangan ke Bandung Bang. :p
  • ISMY
    avatar 6264
    ISMY #Kamis, 17 Jul 2014, 13:05 WIB
    mas, tau blue lagoon yg ada di kaliurang gak?aku cari2 kok g ada ya,klw tau aku minta arah2nya donk lewat emailku [email protected]
    Maaf mbak Ismy, Blue Lagoon itu saya juga baru dengar. Itu nama tempat atau tempatnya seperti apa?
  • ISMY
    avatar 6279
    ISMY #Jum'at, 25 Jul 2014, 23:04 WIB
    aku juga kurang tau mas semacem blue lagoon yang berada di cekungan terbuka,itu tempat baru tersembunyi di jogja
    di instagram udah banyak yg upload foto itu,tapi setiap ditanya mereka hanya "ada di daerah perkampungan masuk2 gtu" "ada di jogja utara" mereka bungkam buat ngasih info,ntah sepertinya itu surga buat mereka yg oranglain dilarang keras buat mengetahui
    boleh minta contoh link instagram atau fotonya mbak?
  • ANGKI
    avatar 6829
    ANGKI #Selasa, 16 Des 2014, 09:30 WIB
    waahh maknyess sangat mas... ahhh damai lihat derasnya air tapi ada kesan mistisnya
    juga mas
    Setiap air terjun emang mistis Ngki