Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.

Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jumat, 4 Juni 2010, 15:16 WIB

Etika Berwisata Alam

1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Apa? 1.363 meter di atas permukaan laut? Seperti apa itu?

Kalau sekiranya Pembaca bertanya seperti itu, mungkin jawaban berikut yang akan aku lontarkan.

Kalau bernapas, bakal terlihat asapnya!

Nah, kebayang kan dinginnya seperti apa? Hehehe.

Obsesi untuk mencari air terjun yang lebih sensasional dari air terjun di Kebumen, menggiring aku, Paklik Turtlix, Indomielezat, Pipink, Angga, dan Pakdhe Timin untuk menjelajah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tersebutlah suatu nama air terjun, Kedung Kayang, yang konon berparas elok.

Di peta, lokasi air terjun itu hanya berjarak 3 kilometer dari obyek wisata Ketep Pass. Berhubung Ketep Pass itu berada di kaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, yah...sudah pastilah jalan menuju ke sana itu menanjak.

Demi menghemat tenaga, kami berencana bermalam di rumah kerabatnya Pakdhe Timin yang bertempat di Kecamatan Pakis, Magelang. Jadi, ini kegiatan bersepeda yang dilangsungkan selama 2 hari 1 malam.

Pada hari Jum’at (28/5/2010), bertepatan dengan perayaan Waisak, kami berenam berangkat dari Jogja menuju Pakis. Kami tak menyangka bahwa ini adalah bikepacking tergila yang bakal kami lakukan.

SPSS di Selokan Mataram Barat dekat Selokan Van Der Wijck
Rapat dulu, menentukan rute, dan menyiapkan mental melahap tanjakan.

Etape 1, Jogja – Mungkid (45 km)

Kami menyusuri Selokan Mataram ke arah barat hingga sampai di Bendungan Karang Talun. Dari Bendungan Karang Talun dilanjutkan bersepeda ke Kecamatan Mungkid via Jl. Kalibawang – Muntilan. Halangan utamanya adalah Tanjakan Bendo di Bendo, Kalibawang yang panjang dan terjal.

Foto Bersepeda ke Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah
Titik mulai di rumahnya Indomielezat di Jl. Magelang.

Pose dulu di Selokan Van Der Wijck, dekat dengan Bendungan Karang Talun.

Etape 2, Mungkid – Blabak, Rumah Pipink (6 km)

Prosesi waisak membuat suasana di Mungkid ramai oleh para peziarah. Mau tak mau kami harus putar otak mencari jalan kampung untuk bisa menembus keramaian. Beruntunglah karena waisak, maka cuaca saat itu terik cerah. #hubungannya.apa

Dari Mungkid kami mampir dulu ke rumahnya Pipink. Jadi, Pipink ini punya 2 rumah, satu di Jogja dan satunya di Magelang. Di rumahnya Pipink ini kami istirahat siang (salat + makan) dan meminta ijin Ibunda Pipink untuk menculik putri semata wayangnya itu untuk diajak bersepeda, hahaha.

Foto Bersepeda ke Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah
Sukses meminang Pipink untuk diajak bersepeda.

Etape 3, Blabak, Rumah Pipink – Kota Magelang (7 km)

Dari rumahnya Pipink menuju kota Magelang itu gampang banget. Ikuti saja Jl. Raya Yogyakarta – Magelang. Tapi sayangnya, hari itu Jl. Raya Yogyakarta – Magelang sedang diperbaiki. Lajurnya jadi sempit deh!

Foto Bersepeda ke Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah
Jl. Raya Yogyakarta – Magelang yang sedang diperbaiki. Sempit dan bikin maceeet!

Oleh karena kami tak mau tersenggol oleh truk dan bus antar kota, terpaksalah kami pindah jalur ke pinggir jalan raya yang medannya berupa jalan tanah yang rusak. Doh! Serasa offroad!

Foto bareng dulu sebelum nanjak...

Etape 4, Kota Magelang – Pakis (17 km)

Inilah medan yang paling ganas beringas jahanam sepanjang perjalanan di hari Jum'at itu. Dari kota Magelang ke kota Kecamatan Pakis itu jaraknya sekitar 17 km. Medan jalannya FULL TANJAKAN JAHANAM!

Lebih parahnya lagi, hujan deras dan kabut akhirnya datang menyambut. Kami sempat berhenti berteduh tapi sempat pula hujan-hujanan. Lha kalau berteduh terus kapan sampainya? Apalagi sebentar lagi sudah magrib.

Foto Bersepeda ke Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah
Dua orang saksi mata yang beruntung melihat aku cegukan dan muntah-muntah.

Di kondisi nanjak, basah, dan dingin seperti ini kondisi badanku drop. Alhasil aku cegukan dan muntah-muntah di sekitar km 16. Nggak hanya aku, beberapa kawan juga mengalami hal-hal aneh sepanjang perjalanan. Seperti Angga yang merasa melihat "penampakan".

Hiiii....

Etape 5, Pakis – Desa Kajangkoso, Rumah Pendeta Sabar (4 km)

Kami sampai di kota kecamatan Pakis pas banget menjelang magrib. Alhamdulillah juga langsung disambut oleh warung angkringan persis di pinggir jalan raya. Jadinya kami berhenti dulu di angkringan. Mengisi "bensin perut" sambil bersenda-gurau tentang pengalaman melibas tanjakan yang kurang ajar barusan.

Foto Bersepeda ke Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah
Angkringan tenda oranye akan selalu terkenang di hati.

Selepas beristirahat di angkringan, kami pun lanjut bersepeda malam ke Desa Kajangkoso, menuju rumah Pendeta Sabar yang merupakan kerabatnya Pakdhe Timin. Lumayan ngeri juga bersepeda malam ke sana. Sebabnya, jalan menuju Desa Kajangkoso itu penuh turunan curam plus gelap gulita alias nggak ada penerangan jalan. Ketinggian saat ini sekitar 864 meter di atas permukaan laut.

Bermalam di Rumah Pendeta Sabar di desa Kajangkoso

Hmm, dari info yang aku peroleh, Desa Kajangkoso ini menyimpan candi yang konon lebih besar dari Candi Borobudur. Ada yang berkata, kalau candi di Desa Kajangkso ini terkuak, maka Candi Borobudur akan runtuh. Namun, aku tak sempat menjelajah Desa Kajangkoso. Sebab, harus istrahat untuk esok hari yang sepertinya masih penuh rute menanjak.

Foto Bersepeda ke Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah
Dingin bok! Kalau dinginnya seperti ini kayaknya maling juga males keluar malam.

Bangun pagi di hari Sabtu (29/5/2010) dengan hawa yang dingin bikin menggigil. Ini toh rasanya hidup di desa di lereng Gunung Merbabu. Setelah sarapan, mandi, dan menghangatkan badan, kami pamit kepada Pendeta Sabar sekeluarga untuk melanjutkan perjalanan menuju Ketep Pass. Waktu menunjukkan sekitar pukul setengah sepuluh siang.

Rombongan siap melibas tanjakan di hari yang baru.

Etape 6, Desa Kajangkoso, Rumah Pendeta Sabar – Desa Kaponan (8 km)

Dari rumah Pendeta Sabar menuju Desa Kaponan masih dihiasi rute tanjakan jahanam. Yang menjadi penyemangat adalah rambu hijau penunjuk arah ke Ketep di Desa Kaponan. Alhamdulillah karena nggak hujan dan nggak kedinginan kondisi badanku normal-normal saja.

Foto Bersepeda ke Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah
Jalan masih panjang, berkelok, dan nanjak!

Kami sampai di Desa Kaponan sekitar pukul setengah 12 siang. Ketinggian mencapai 1.241 meter di atas permukaan laut.

Etape 7, Desa Kaponan – Ketep Pass (16 km)

Dari Desa Kaponan, kami bersepeda mencapai titik tertinggi, yaitu 1.363 meter di atas permukaan laut. Medan jalan setelah titik tertinggi itu berubah menjadi penuh dengan turunan tajam.

Pemandangan pun berubah. Semula dihiasi permainya kebun-kebun sayur. Saat melintasi Taman Nasional Gunung Merbabu, ganti terpuaskan oleh pemandangan hutan pinus yang cantik.

Foto hutan pinus di Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah
Hutan Pinus nggak cuma ada di Mangunan. Di Merbabu juga ada toh.

Sekitar jam satu siang sampailah kami di Kawasan Agropolitan Merapi-Merbabu. Di sini Indomielezat sempat memborong buah stroberi untuk oleh-oleh orang rumah. Pas di warung stroberi ini kami mengalami kejadian aneh. Hujan mendadak turun tapi tidak merata. Berbataskan jalan raya, di satu sisi hujan, sementara di sisi yang lain malah tidak hujan. Aneh...

Foto Bersepeda ke Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah
Masuk Kawasan Agropolitan Merapi-Merbabu.

Harga stroberi jelas lebih murah di sini daripada di Jogja.

Etape 8, Ketep Pass – Air Terjun Kedung Kayang (3 km)

Sekitar setengah jam kemudian, Alhamdulillah, sampai juga di Ketep Pass! YES!

Sampai Ketep Pass!!!

Di seputar Ketep Pass ini kami bertemu dengan Mark, warga Australia yang juga seorang pesepeda. Di hari Sabtu itu Mark telah menempuh rute Jogja – Selo dan mampir di Ketep. Sebelum melanjutkan perjalanan ke obyek utama Air Terjun Kedung Kayang, kami istirahat makan dan salat di rumah makan langgananku.

Bertemu dengan Mark, pesepeda Australia di Ketep Pass.

Foto Bersepeda ke Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah
Harga mahal sedikit nggak apa-apa lah. Yang penting sudah sukses sampai Ketep Pass.

Rute menuju Air Terjun Kedung Kayang masih diwarnai tanjakan, turunan, dan kelokan tajam setiap bertemu dengan sungai. Untuk masuk ke Air Terjun Kedung Kayang, pengunjung dikenakan tarif Rp2.250 per orang.

Pengunjung dapat memilih rute untuk naik ke atas air terjun atau ke dasar air terjun. Kami sendiri memilih opsi yang terakhir. Jalan menuju dasar air terjun berupa jalan tanah dan cukup licin di musim hujan.

Foto Bersepeda ke Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah
Kalau ke air terjun jalannya bagus begini kan enak.

Yah! Ketemu sama jalan tanah juga. Awas kepleset!

Air Terjun Kedung Kayang sendiri sebenarnya sangat elok. Ada dua air terjun besar dan banyak air terjun kecil di lokasi yang sama. Sayangnya, kebersihannya kurang terjaga. Ada banyak sampah tersebar di mana-mana. Airnya sendiri berwarna kecokelatan, tidak jernih. Mungkin karena semalam diguyur hujan lebat jadi sungainya banjir.

Air Terjun Kedung Kayang, Ketep, Magelang, Boyolali warnanya cokelat
Air terjunnya sih besar, sayangnya airnya cokelat dan lingkungan sekitarnya kotor.

Misi sudah terlaksana, saatnya pulang ke Jogja. Namun, hujan deras yang mengguyur lokasi air terjun dan padatnya jadwal Pipink dan Pakdhe Timin di Sabtu malam, membuat kami memutuskan untuk loading ke Jogja dari Muntilan.

Misi dinyatakan selesai! #ketok.palu

Etape 9, Melarikan Diri dari Air Terjun Kedung Kayang (20-an km)

Di tengah hujan lebat, kami harus menaklukkan tanjakan untuk kembali ke Ketep. Dari Ketep, kami melaju hati-hati menuruni jalan raya yang berlubang parah. Di Muntilan, sudah menanti Pak Mul dengan mobil pickup-nya, siap mengantar kami kembali ke Jogja.

Foto Bersepeda ke Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah
Cara tercepat dan ternyaman kembali ke Jogja.

Kami semua naik mobil pickup kecuali Angga. Dirinya memang nggak berniat naik pickup dan tetap bersepeda sampai Jogja. Yang membuat kaget kami, Angga dengan sepedanya berhasil mendahului kecepatan mobil pickup. Wedalah...

Pernyataan Angga Sukma Wicaksono yang kontroversial ituh
Pernyataan Angga yang kontroversial dan menuai prestasi itu...

Air Terjun Kedung Kayang sudah sukses dijelajahi. Dengan rute yang penuh tanjakan, tak kami rekomendasikan kepada pesepeda pemula, maupun pesepeda yang tak kuat menanjak.

Jadi, besok ke air terjun mana lagi ya?

NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • HAMID ANWAR
    avatar komentator ke-0
    HAMID ANWAR #Rabu, 19 Ags 2015, 17:38 WIB
    Widih. Gila bener itu muter-muter ke pegunungan di Magelang. Saya yang baca mrinding :D
    BTW, itu situs Kajangkoso menurut penelitian terkini berada di daerah Salam, kalau di Pakis memang ada desa Kajangkoso. Tapi Candi Besar lebih merujuk ke Kajangkoso, Salam/Srumbung. )
    Lha saya yang nyepeda aja muntah-muntah, hahaha :D

Hooo, jadi desa Kajangkoso itu ada di dua tempat berbeda toh Bro? Baru tahu.
  • EKO SUTRISNO HP
    avatar komentator ke-1
    EKO SUTRISNO HP #Rabu, 8 Mei 2013, 21:04 WIB
    Salam.

Bener deh, ini perjalanan yang asli gila-gilaan. Aku sudah menjalani perjalanan seperti
    ini (mirip), tapi memakai sepeda motor.
    Kalau pakai sepeda onthel, nyerah deh !:-)

Salam sehati
    mumpung masih punya semangat dan belum turun dengkul Pak, hihihi
  • WARDZ
    avatar komentator ke-2
    WARDZ #Sabtu, 6 Ags 2011, 03:01 WIB
    seru penuh tantangan
    sepedahan yang mengasikkan
    hanya saja aku belum kuat beli sepedanya
    boleh utang dulu ga ??
    Sepeda tua pun bisa kok Wardz. :)

Yang penting dengkul masih kuat dan sabar untuk mengayuh pedal. :)
  • ODYDASA
    avatar komentator ke-3
    ODYDASA #Selasa, 13 Jul 2010, 20:16 WIB
    Wah... ketep ya... kamis minggu lalu touring juga, tapi pakek sepeda motor. berhenti di warung2 di Selo, menikmati tongseng. saya cek di gps, ketinggiannya 1599m
    Selo memang lebih tinggi dari Ketep Kang :)
  • ANNO
    avatar komentator ke-4
    ANNO #Rabu, 7 Jul 2010, 08:18 WIB
    sayang ya kedung kayang airnya coklat..
    coba kalau putih..pasti cocok di foto pake efek sama seperti fotomu pas di curug perawan di kulon progo..
    mestinya kemari pas musim kemarau, tapi tahun 2010 ini musim kemaraunya kapan ya?
  • CERITAEKA
    avatar komentator ke-5
    CERITAEKA #Rabu, 23 Jun 2010, 13:48 WIB
    Pas kmrn aku ke Ketep koq gak ada air terjunnya??
    Btw kamu itu sinting beneran deh Wij
    iku adooooooooooh bgt tau
    naek peda lagi
    weleeeeeeeh
    Lha air terjunnya ada di papan petunjuk informasi kok, dari Ketep Pass itu sekitar 3 km (termasuk jalan kaki). Jauh-dekat itu sangat relatif mba :D
  • MAYONG
    avatar komentator ke-6
    MAYONG #Senin, 14 Jun 2010, 20:09 WIB
    Saluuuttee,... luar biasa deh,... mantaaf... sukses ya,...
    nuwun Kang
  • WARM
    avatar komentator ke-7
    WARM #Minggu, 13 Jun 2010, 12:41 WIB
    bersepeda ke ketinggian segitu ? sangar !!
    salut buat kalian

dan titip salam buat Angga yg tangguh !
    :D
    Angga ketawa-tawa baca artikel ini :D
  • PEIN
    avatar komentator ke-8
    PEIN #Sabtu, 12 Jun 2010, 22:59 WIB
    kalo pengen ke air terjun,
    Mengapa ga sepeda'an ke Candi Sukuh aja,
    kan di sebelah utaranya ada Air terjun parang ijo
    Selatan ada Air terjun Jumog dan Telaga Mardido,

Lebih jauh ada Grojogan sewu......
    Nantikan kegilaan kami selanjutnya :D
  • PAKOSU
    avatar komentator ke-9
    PAKOSU #Senin, 7 Jun 2010, 07:09 WIB
    Wah pasti seru dan menyenangkan nggowes sama kawan-kawan dihari libur itu. Saya juga pengen...
    mumpung masih muda, marilah jalan-jalan :D
  • PEIN
    avatar komentator ke-10
    PEIN #Minggu, 6 Jun 2010, 18:17 WIB
    Hm,
    Ya iyalah,
    Ke air terjunnya pas ujan,
    Ya kaya gitu,airnya keruh, lumpurnya pada kebawa ujan smua....

Wah,,,,
    Kecapaian ya,
    Kangen artikel candi,
    Dah lama lho !
    Padahal masih banyak candi di sana, kaya di Semarang ada Candi Tugu yg masih masuk Kotanya, Candi Ngempon yg mini2 dengan petirtaan kunonya yg deket ama pemandian air panas alami.........

Wah,
    Penasaran ama penampakannya Angga di Jl. Magelang-Kopeng
    Dilematis, datang pas musim ujan malah airnya keruh, kalau kemarau airnya surut.
  • INDOMIELEZAT
    avatar komentator ke-11
    INDOMIELEZAT #Sabtu, 5 Jun 2010, 08:01 WIB
    kita cari aja yuk..candi di pakis ituh....blek blek blek
    oh mi got...oh no
  • VICKY LAURENTINA
    avatar komentator ke-13
    VICKY LAURENTINA #Jumat, 4 Jun 2010, 22:54 WIB
    Kalau di sekitar air terjun Kedung Kayang-nya sendiri apakah ada penginapan, Na?

Saya penasaran mau lihat betis Angga yang berhasil mengalahkan kecepatan mobil pikep.. :-D
    Di sekitar Gardu Pandang Ketep ada homestay yg ditawarkan oleh warga lokal mba, tarifnya dari 10rb sampai 50rb semalam. Betis Angga itu normal kok mba. :D