Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 14 Mei 2010, 07:58 WIB

Terus-terang, saat bersepeda dari Pantai Ngrenehan kembali ke Jogja, perasaanku nggak enak. Bukan hanya karena jalannya panjang banget dan banyak tanjakan jahanam. Melainkan di setiap patok jalan, tertera jarak menuju Kota Jogja yang makin bertambah jauh.

 

Kami pulang dari Pantai Ngrenehan mengikuti rute menuju Kota Kecamatan Panggang yang diyakini lebih dekat dan tidak banyak tanjakan jahanamnya. Itu atas saran dari beberapa warga yang kami jumpai di sepanjang jalan.

 

Dua kilometer sebelum Kota Kecamatan Panggang, patok jalan mencantumkan angka 60. Itu artinya, 60 km lagi sampai ke kota Jogja. Wah, perasaanku nggak karu-karuan waktu itu.

 

Anehnya, pas tiba di Kota Kecamatan Panggang dan mengambil rute menuju Kota Kecamatan Imogiri, wealahdalah...patok jalan mencantumkan angka 30! Itu artinya, 30 km lagi sampai ke kota Jogja.

 


Petunjuk jarak yang benar-benar bikin sesat! Ada yang janggal dari dua patok jalan diatas?

 

Kok bisa aneh begini?
Ke mana 30 km sisanya?

 

Buat kami para pesepeda, patok jalan adalah sebuah penyemangat.
Bahwa perjalanan panjang yang melelahkan ini akan berakhir {sekian} kilometer lagi.

 

Jelas! Patok-patok jalan berwarna kuning-putih-merah itu bikin sesat, kalau kita tak putar otak untuk memahami arti angka-angka yang tertera di sana. Jadi, mungkin sebenarnya maksud patok jalan yang kutemui itu adalah seperti ini.

 


Skema macam ini diperoleh setelah merenungi arti dari dua patok jalan diatas.

 

Alhasil, salah memilih jalan adalah bencana. Kalau tetap mengikuti patok jalan, bisa-bisa ada kemungkinan memilih rute sejauh 60 km menuju Jogja. Itu kalau tak mencoba semua rute menuju Jogja. Terlebih, itu kalau tidak bertanya pada warga sekitar.

 

Ada banyak pilihan jalan menuju Jogja. Masing-masing punya sensasinya tersendiri. Tapi ya jangan sampai pilih jalan yang rawan begal, minim penerangan, dan langka SPBU.

 

Jalan mana yang anda pilih Pembaca?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • YACOB-IVAN
    avatar 2692
    YACOB-IVAN #Jum'at, 14 Mei 2010, 08:03 WIB
    Hoolha... udah lama ndak sepedaan nih....
    Kok bisa gitu ya petunjuk jalannya??? Di tipe-x aja mas, trus diganti
    yang bener.
    Itu petunjuk jalannya bener, hanya aja perlu kejelian dalam membaca, yang lebih lagi sabar :D
  • INDOMIELEZAT
    avatar 2693
    INDOMIELEZAT #Jum'at, 14 Mei 2010, 08:13 WIB
    keduax..keduax...
    Indomie memang sesaaat! :D
  • BUPIL.COM
    avatar 2694
    BUPIL.COM #Jum'at, 14 Mei 2010, 09:06 WIB
    Ke jogja pake sepeda mas? Wah hebat
    ho ow Kang
  • OMIYAN
    avatar 2698
    OMIYAN #Jum'at, 14 Mei 2010, 15:45 WIB
    heheheheh versi orang desa kan beda mas, ibarat kita sepedaan kalau nanya ma orang yang kita lalui pasti bilangnya ... udah deket ... ga tahunya jauhhhhh
    jadi inget kalimat "hanya satu hisapan rokok kok Mas", yang ternyata malah jauuuh banget >.<
  • PEIN
    avatar 2701
    PEIN #Jum'at, 14 Mei 2010, 17:54 WIB
    Hm,
    Patok jalan emang segala - galanya, apalagi kalo jalur yg ditempuh minim penunjuk jalan [pastinya cuma ada patok jalan di beberapa tempat]

    Berhubung naik sepeda, jalannya harus pasti, kalo kesasar kan capek muternya, jaohhh..............
    hahaha iya, sekaligus melatih uji kesabaran itu :D
  • HOLADALA KONCOMU NGEPIT
    avatar 2707
    HOLADALA KONCOMU NGEPIT #Jum'at, 14 Mei 2010, 21:28 WIB
    nyepeda kecapean + kepanasan jd ya bikin dehedrasi otak... .hehehe...
    bingung baca tanda patok jalan .... .
    saya juga pikir ini karena dehidrasi otak akut
  • EM
    avatar 2712
    EM #Sabtu, 15 Mei 2010, 20:29 WIB
    Ah....kenapa org ndeso yg disalahin....
    saya menyalahkan orang ndeso???
  • TUTI NONKA
    avatar 2713
    TUTI NONKA #Sabtu, 15 Mei 2010, 22:53 WIB
    Aku nggak mudheng dengan gambarmu. Jarak Yogya - Panggang kok bisa 30 km dan 60 km ki piye? *pening.com*

    Btw, aku juga pernah kesasar waktu pulang dari pantai Ngrenehan ke Yogya. Tapi pakai mobil. Meskipun begitu, balik jauh banget, bikin be-te :(
    warnanya Bunda. Kalau lewat Panggang itu jarak ke Jogja cuma 30 km. Sedangkan kalau lewat Paliyan, jarak ke Jogja itu 60 km karena harus lewat Wonosari.
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 2714
    VICKY LAURENTINA #Minggu, 16 Mei 2010, 04:46 WIB
    Saya nggak mau sepedaan sampek 30 km, atau lebih-lebih 60 km.
    oke deh mba :D
  • ANNOSMILE
    avatar 2718
    ANNOSMILE #Senin, 17 Mei 2010, 09:37 WIB
    ruwet juga ternyata..
    saya juga sering memperhatikan patok jalan untuk menghitung waktu perjalanan..kadang2 juga tertipu seperti itu..tapi tetep motor saya gas penuh..
    digas penuh karena bensin masih terisi penuh ya No? :D
  • TIA
    avatar 2721
    TIA #Senin, 17 Mei 2010, 12:51 WIB
    membingungkan..
    aku pilih jalan yang lurus aja :D
    jalan semuanya berkelok, tak ada yang lurus
  • ANNOSMILE
    avatar 2726
    ANNOSMILE #Senin, 17 Mei 2010, 20:47 WIB
    full bro..
    kan 4tak jadi irit :P
    wakakakak, mudah-mudahan tak sampai perlu mampir ke bengkel terdekat :D
  • ANNOSMILE
    avatar 2727
    ANNOSMILE #Senin, 17 Mei 2010, 21:03 WIB
    kan sebelum bepergian udah rutin servis bro..
    insya allah selamat :D
    tapi tetep aja, klo bannya bocor, nyari tambal ban kan susah :D
  • ANNOSMILE
    avatar 2728
    ANNOSMILE #Senin, 17 Mei 2010, 21:13 WIB
    ya itu makanya berdoa sebelum bepergian..
    sama bersedekah..bisa menghindarkan kita dari musibah..*worship
    wekekeke, akhirnya ujung-ujungnya pasrah juga sama Tuhan :D
  • ANNOSMILE
    avatar 2729
    ANNOSMILE #Senin, 17 Mei 2010, 21:17 WIB
    lha iyo nuh..
    kan perjalanan jadi tenang setelah mendekatkan diri kepada Sang Pencipta..
    alhamdulilah yo selamet ki
    hehehehe, bagus-bagus tetep inget shalat sepanjang jalan, wekekeke
  • JULIANUSGINTING
    avatar 2732
    JULIANUSGINTING #Selasa, 18 Mei 2010, 10:30 WIB
    HAHAHA....ko bisa sih bukannya patok itu menunjukkan jarak...
    tapi jaraknya aneh...
  • FIAH ZHAPHIRA
    avatar 2733
    FIAH ZHAPHIRA #Selasa, 18 Mei 2010, 14:35 WIB
    "Ada banyak pilihan jalan menuju Jogja. Masing-masing punya sensasinya tersendiri. Tapi ya jangan sampai pilih jalan yang rawan begal, minim penerangan, dan langka SPBU."

    oalah masss...kalau sepedaan kan ndak butuh SPBU..yang penting ada warung ma tukang tambal ban..!!!!!
    itu maksudnya kalau sampeyan naik motor mba :)
  • ANDEE
    avatar 2757
    ANDEE #Sabtu, 22 Mei 2010, 21:42 WIB
    bike to work gan..sama..
    ayo bike2work Kang!
  • CIWIR
    avatar 2799
    CIWIR #Selasa, 1 Jun 2010, 13:59 WIB
    itu bukan 30 Km mas, tapi 30 Kg
    wakakakakakka
    jadi kalo ngikuti jalan itu maka berat badan turun 30 Kg
    wakakakakakak
    klo bener2 turun 30kg bisa2 saya tinggal tulang doang
  • AHID
    avatar 2894
    AHID #Jum'at, 25 Jun 2010, 13:34 WIB
    ho'o e, bner yooo
    tul!
  • RITA
    avatar 4214
    RITA #Selasa, 23 Ags 2011, 09:38 WIB
    jadi pilih yang mana ??? hehe
    Yang jelas jalan pulang lah, hehehe :p
  • ARIS SAMSIDI
    avatar 9442
    ARIS SAMSIDI #Minggu, 3 Apr 2016, 16:06 WIB
    Pathok itu maksudnya kalau lewat Imogiri ke Yogya
    13 km tambah 17 km. 30 km. Kalau lewat Paliyan
    lebih jauh 60 km.