Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 3 Mei 2010, 05:17 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Apa ada Pembaca yang bingung dengan judul di artikel ini? Wajar kok kalau bingung. Sebab, judulnya itu pakai bahasa Banyumasan alias bahasa Ngapak , bahasa ibu di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Artinya kurang lebih, “SPSS beramai-ramai datang ke Kebumen”.

 

Jarak dari Kota Jogja ke Kota Kebumen yang “hanya” sekitar 110 km itu untuk beberapa sahabat SPSS terasa sangat masuk akal apabila ditempuh menggunakan... sepeda, hehehe . Yang seperti ini juga termasuk dalam kategori bikepacking lho!

 

Sebetulnya, rencana untuk bersepeda di Kebumen sudah ada sejak tahun 2009 lalu. Itu sebab Mas Leo Dito–kawan SMA nya Paklik Turtlix yang dinas di Kebumen–sering kali mengundang sahabat SPSS untuk bersepeda di Kebumen. Nah, baru di akhir bulan April 2010 ini rencana itu terwujud.

 

Naikkan sepeda ke atas mobil pickup dari Jogja menuju Kebumen!
Naikkan sepeda ke atas mobil pickup! Hup!

 

Singkat rencana, terkumpullah 9 orang sahabat SPSS. Ada Paklik Turtlix, Indomielezat, Mas Arief, Anwar, Ari, Angga, Bagus, Abul, dan jelas aku sendiri . Selain Angga, Bagus, dan Abul, kami berangkat ke Kebumen di Jum’at (23/4/2010) sore naik mobil pickup (tarifnya Rp350.000). Sedangkan tiga orang itu bersepeda 110 km dari Jogja ke Kebumen. Katanya Angga, jarak 110 km itu bisa ditempuh selama 5 jam 53 menit. WOW!

 

Sabtu pagi (24/4/2010), saatnya kami menggelar Sabtu Pagi Sepeda Santai di Kebumen. Sebagai penanggung akomodasi pemandu tentu Mas Leo Dito. Rute SPSS kali ini tergolong singkat, hanya sekitar 15 km menuju desa Plumbon di Kecamatan Karangsambung.

 

Karangsambung ini terkenal dengan Lokasi Cagar Alam Geologi Nasional. Selain barisan sawah hijau yang permai, kami terpesona dengan kemolekan sungainya. Berbeda dengan sungai yang pernah kami temui. Air sungai tergolong dangkal, masih jernih, dan dasar sungai adalah batuan keras (bukan tanah/pasir). Kabarnya, berjuta-juta tahun yang silam, Karangsambung ini dahulu adalah bagian dasar samudra. WOW!
 

Bukit kapur di Karangsambung, Kebumen Jawa Tengah pada April 2010
Perjalanan berhiaskan tebing kapur yang menjulang tinggi dan melengkung, eksotis!

 

Sungai di Karangsambung, Kebumen bekas dasar samudera ada fosil hewan lautnya
Sungai di Karangsambung ini unik karena dasarnya adalah batu, bukan tanah ataupun pasir.

 

Acara SPSS kali ini diakhiri dengan berenang! Hah, berenang? Ya, di Desa Plumbon ternyata ada air terjun kecil! Warga sekitar menyebutnya kali curug. Suasananya masih asri dan sepi. Tak ayal lagi, semuanya berbondong-bondong nyebur ke kolam air terjun.

 

Bener-bener seperti lost paradise, surga yang hilang. Sayangnya nggak ada wanita cantik yang sedang mandi, hehehe . Yang seperti ini hanya ada di Kebumen!

 

bersepeda ke air terjun desa plumbon, karangsambung, kebumen, jawa tengah
Air terjun perawan yang benar-benar menggoda iman!

 

cowok cewek mandi telanjang di air terjun desa plumbon, kebumen, jawa tengah
Manusia-manusia yang tergoda imannya di air terjun.

 

Kami pulang ke Jogja di hari Minggu (25/4/2010) pagi. Oleh karena cuaca yang kurang bersahabat, gerimis-hujan, kami hanya menempuh jarak 40 km dari Kota Kebumen hingga Kota Purworejo. Selebihnya, kami kembali menumpang mobil pickup hingga Kota Jogja (tarifnya Rp200.000). Sedangkan Angga, Bagus, dan Abul masih setia bersepeda 60 km hingga ke kota Jogja. Bener-bener dashyat dengkul mereka....

 

Jadi besok bikepacking kemana lagi yah?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ZEE
    avatar 2643
    ZEE #Senin, 3 Mei 2010, 08:14 WIB
    Aduhhhh pingsan.... 110 Km??? Busettt... itu mah hampir mencapai jarak Medan Siantar..... yang ditempuh mobil 2-2,5 jam. Naik sepeda berarti berapa jam?

    Bagaimanapun tetap utamakan keselamatan dalam bersepeda ya.
    kalau sepeda itu 5 jam 53 menit. Paling sering aksi menyelamatkan diri; yaitu keluar dari jalan aspal buat menghindari truk dan bis berkecepatan tinggi. Beh!
  • ANNOSMILE
    avatar 2645
    ANNOSMILE #Senin, 3 Mei 2010, 21:42 WIB
    ngeri 110 km pake sepeda...
    kamu gak nyoba itu wij..??
    Saya nyoba yg 120 km pake sepeda, tapi bukan ke Kebumen :D
  • SOEWOENG
    avatar 2646
    SOEWOENG #Selasa, 4 Mei 2010, 00:08 WIB
    kaline apik bos
    sing ngon ngrojokan... numpak pit kok dileboke truk
    stamina peserta ada yg ndak kuat mbah, daripada semaput di tengah jalan
  • UUN
    avatar 2650
    UUN #Rabu, 5 Mei 2010, 08:38 WIB
    weh..weh.. priben iki nek nyong melu. terancam ditandem kebumen - jogja ik... :D
    ndak ditandem, wong siapa yg mau nandem sampeyan? :D
  • VIZON
    avatar 2651
    VIZON #Rabu, 5 Mei 2010, 09:58 WIB
    suka sekali saya dengan air terjun perawan itu... benar-benar menggoda iman kayaknya ya... hahaha...
    semakin basah, semakin menggoda iman :D
  • LUKMAN
    avatar 2652
    LUKMAN #Rabu, 5 Mei 2010, 12:54 WIB
    salam blogger,
    sekedar info: ada kontes berhadiah samsung corby dan ipod shuffle di situs gugling.com
    nuwun infonya mas
  • BELAJAR CLICKBANK
    avatar 2653
    BELAJAR CLICKBANK #Rabu, 5 Mei 2010, 16:36 WIB
    asik kali suasananya alami banget
    hahaha jelas alami dan segaar :D
  • PEIN
    avatar 2657
    PEIN #Kamis, 6 Mei 2010, 10:59 WIB
    Hm,
    Indahnya......................
    jelas!
  • IES
    avatar 2681
    IES #Selasa, 11 Mei 2010, 16:10 WIB
    aku baru sekali ke karangsambung, itupun di hadang hujan seharian.. aaaaaaa... jadi pengen ke sana lg :D :D :D
    Padahal dari kota Kebumen jaraknya lumayan deket lho :p
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 2691
    SAMSUL ARIFIN #Jum'at, 14 Mei 2010, 03:08 WIB
    akhirnya "surga yang hilang" itu terjamah manusia, hehehe
    hehehe
  • HAFID JUNAIDI
    avatar 3667
    HAFID JUNAIDI #Selasa, 8 Feb 2011, 17:05 WIB
    Wah, fotonya bagus-bagus, jadi pengen "dolan" kesana juga ^_^
    ayo kapan main ke kebumen :D
  • CILUP
    avatar 4535
    CILUP #Sabtu, 7 Apr 2012, 08:25 WIB
    wow ternyata sesuatuk sekale :D, kemaren dah menyambangi tu curug, hanya saja sempet
    nyasar2, masalahNA kita cari kecamatan karang sambung dlu, eh ternyata desa plumbon
    jauh dr kecamatan :))
    hehehe, nyasar kan juga bagian dari petualangan mas :D
  • TEGUH
    avatar 4615
    TEGUH #Senin, 21 Mei 2012, 09:45 WIB
    pingin juga blusukan pake sepeda di kebumen, kira2 nek pas aku mudik gowo pit ono sing
    siap dadi RC opo ora yo nek arep blusukan.... atau minimal minta peta buat blusukan dunk..
    suwun
    Wah, kurang tau mas brow, aku cuma sekali itu ke Kebumen ngepit
  • BONDET
    avatar 5256
    BONDET #Jum'at, 3 Mei 2013, 23:42 WIB
    wuiiiiiihhh....... tenpat gua ada yang juga ya yng nyari pdahal gwa sbagai mahluk asli situ aja ga terlalu suakaaaaaa.....
    mksih dah udah ada yng nybarin kdiaman gwa
    terima kasih mas Bondet! :D
  • AYU
    avatar 6797
    AYU #Sabtu, 6 Des 2014, 20:37 WIB
    aku dah lama tinggal di kebuman desa kebakalan kulon karangsambung.sayang banget yah belum pernah wisata seperti kalian.aduh aku iri liat kalianTUHAN ijinkan aku buat wisata,,,,kalian hebattt
    Lha kaan kalau hari Sabtu-Minggu-Tanggal Merah bisa mlipir kemari toh mbak? Naik motor gitu?
  • ZIKRA
    avatar 7088
    ZIKRA #Rabu, 4 Feb 2015, 12:01 WIB
    Karang sambung indah kan,apalagi kl
    ke sadang lbih kereeeeeeeeen jrk
    dket ko dr krng smbung
    kalau pake sepeda deket juga nggak lho?
  • WATONO
    avatar 8940
    WATONO #Kamis, 24 Des 2015, 12:12 WIB
    Isak siki yah alasku
  • DIMAS SUYATNO
    avatar 9328
    DIMAS SUYATNO #Minggu, 13 Mar 2016, 13:35 WIB
    Wah bagus pemendangannya 👌
  • ADEANDRA
    avatar 10726
    ADEANDRA #Jum'at, 31 Mar 2017, 12:05 WIB
    Ak asli jogja tp kerja di kebumen..pake motor
    2 jam aja capek..apa lg g ngontell bgt..g
    kebayanggg dengkulnya pake suplemen apa
    ann...kapan ke kebumen lg..ak di
    karanggayam..skali2 explor kesini
    donk..hehehe
    hahaha, makanya ngontelnya juga seumur hidup baru cuma sekali itu doang :D Besok kalau sudah niat ke Kebumen nanti ke Karanggayam.