Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 2 Februari 2010, 10:25 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Nama bulan Januari konon merupakan akronim dari “hujan sehari-hari”. Di musim penghujan seperti ini, memang nggak disarankan untuk berpergian jauh. Tapi ya, di hari Minggu (24/1/2010) yang lalu, Agatha dan Mas Ipuk malah ngajak pergi nyari candi. Lha karena memang sudah terlanjur bikin janji dari jauh-jauh hari (dan juga sempat dibatalkan berkali-kali ) ya apa boleh buat lah. Mari meluncur mencari candi!

 

Berhubung candi-candi utuh yang dekat dari Jogja sudah habis dikunjungi, maka dari itu kami memilih pergi ke Candi Pringapus yang terletak di Desa Pringapus, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jaraknya lumayan jauh. Butuh 3 jam perjalanan naik sepeda motor.

 

Yang spesial pada perjalanan kali ini adalah ikut sertanya seorang blogger Jogja, Sukarno alias Anno, pemilik blog TeamTouring. Anno didampingi oleh kawannya Rozi. Selain Agatha dan Mas Ipuk, ikut pula Krista. Jadilah genap kami berenam pergi ke Temanggung.

 

Candi Pringapus dan Burung Merpati

Candi Pringapus ini cukup populer bagi warga Ngadirejo. Jadi, tak sukar bagi kami untuk blusukan ke sana. Jalur yang kami tempuh untuk bisa mencapai Desa Pringapus dari Kota Jogja adalah melalui Jl. Raya Jogja – Magelang kemudian melewati Kota Magelang, Kota Temanggung, Kecamatan Parakan, hingga akhirnya tiba di Desa Pringapus.

 

Sesampainya di Candi Pringapus, beberapa warga desa nampak sedang bermain burung merpati. Pemandangan unik yang tak kami jumpai di candi-candi lain.

 

Wujud Candi Pringapus di Temanggung, Jawa Tengah pada tahun 2010
Burung Merpati dan Candi Pringapus di Temanggung, Jawa Tengah.

 

Oh ya, alasan kami mencari candi utuh sebenarnya lebih didasari oleh kegemaran fotografi kami. Walaupun saat itu cuaca mendung dan kadang diselingi hujan, namun itu tak membuat niat memotret kami surut.

 

foto Kupu-kupu cantik di Candi Pringapus di Temanggung, Jawa Tengah pada tahun 2010
Cuaca mendung bukan kendala untuk menghasilkan foto seperti ini.

 

Pak Daryono adalah juru pelihara Candi Pringapus yang kami jumpai di siang hari itu. Beliau ini satu-satunya juru pelihara yang bertugas merawat Candi Pringapus. Meskipun berjaga seorang diri, namun beliau nggak kesepian. Sebab ya, hampir setiap hari banyak warga yang memanfaatkan area candi untuk bermain burung merpati.

 

Menurut penuturan Pak Daryono, beberapa hari yang lalu ada ada rombongan 4 bus dari Wonosobo yang bertandang kemari. Rupanya, candi ini lumayan sering dikunjungi warga Wonosobo. Mungkin karena jaraknya lumayan dekat dari Temanggung.

 

Asal-Usul Candi Pringapus

Untuk yang pertama kali, keberadaan Candi Pringapus disinggung pada publikasi Junghuhn di tahun 1844. Selanjutnya, pada tahun 1930, dinas purbakala baru melakukan pemugaran.

 

Di sekitar Candi Pringapus juga pernah ditemukan Prasasti Tulang Air yang berisikan daftar nama pejabat di Kerajaan Mataram Kuno.

 

Arca Nandi di dalam bangunan induk Candi Pringapus di Temanggung, Jawa Tengah pada tahun 2010
Arca Nandi di dalam bangunan induk Candi Pringapus

 

Relief dewa-dewi di dinding Candi Pringapus di Temanggung, Jawa Tengah pada tahun 2010
Relief dewa-dewi di dinding Candi Pringapus.

 

Candi Pringapus berlatar belakang agama Hindu. Candi ini hanya terdiri dari satu bangunan induk yang pintu masuknya menghadap ke arah timur. Di dalam bangunan induk Candi Pringapus ini terdapat arca nandi. Bagian luar dinding candi pun penuh terukir relief.

 

Talang air Jalawadra yang ada di Candi Pringapus di Temanggung, Jawa Tengah pada tahun 2010
Jalawadra dengan hiasan arca wanita.

 

Arca Nandiswara bekas candi Perot di halaman Candi Pringapus di Temanggung, Jawa Tengah pada tahun 2010
Arca Nandiswara yang biasa ada menjaga pintu masuk candi.

 

Di sekitar Candi Pringapus terdapat reruntuhan Candi Perot yang telah lama runtuh karena badai pada tahun 1907. Di sekitar reruntuhan Candi Perot pun terdapat arca Durga, Nandiswara, dan yoni.

 

Arca Durga bekas candi Perot di Temanggung, Jawa Tengah pada tahun 2010
Arca Durga yang ada di sekitar bebatuan Candi Perot.

 

Yoni bekas candi Perot di Temanggung, Jawa Tengah pada tahun 2010
Yoni yang ada di sekitar bebatuan Candi Perot.

 


 

Sayang seribu sayang, hujan yang hampir satu jam berhenti kembali membasahi bumi Temanggung. Alhasil, kami pun terpaksa mengakhiri perjalanan ini. Padahal, hanya sekitar 2 km dari Candi Pringapus, terdapat Situs Liyangan yang baru saja ditemukan. Ah, ya tapi untuk kembali kemari sepertinya tak mudah, dan tentu bukan di musim penghujan seperti ini.

 

Pembaca sudah pernah ke Candi Pringapus?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • VINNA
    avatar 2172
    VINNA #Selasa, 2 Feb 2010, 19:21 WIB
    kangen candi..

    1. candinya kliatan manis..
    2. junghuhn itu apa ya?
    3. reruntuhan candi perotnya ga difoto kah?
    1. candinya bukan permen
    2. Junghuhn itu peneliti Jerman yang bermukim di Jawa
    3. reruntuhan candi Perot hanya berupa batu2 di sekeliling Candi Pringapus
  • RANYSTARRY
    avatar 2173
    RANYSTARRY #Selasa, 2 Feb 2010, 23:32 WIB
    foto butterfly nya bagus banget, minta mas, kirimin @imel yaa :)
    ntar kalo dikasih nama blogku balik jadi butterfly lagi, hehehe.
    Jiyaaah >.<
  • VIZON
    avatar 2174
    VIZON #Rabu, 3 Feb 2010, 11:24 WIB
    candi ini masih sepi pengunjung ya Wij?
    situs liyangan itu apa? jadi pengen tahu nih... :D
    Pengunjungnya ya warga lokal Uda. Kalau situs Liyangan itu adalah situs arkeologi yang baru ditemukan tahun lalu.
  • HENNY
    avatar 2175
    HENNY #Rabu, 3 Feb 2010, 11:57 WIB
    junghuhn itu apa?
    Jughuhn itu peneliti Jerman. Link ke Wikipedia sudah saya candtumkan di namanya itu.
  • RENTAL MOBIL
    avatar 2176
    RENTAL MOBIL #Rabu, 3 Feb 2010, 15:41 WIB
    salam kenal sobat
    salam kenal juga Bro!
  • ANDY
    avatar 2179
    ANDY #Rabu, 3 Feb 2010, 18:08 WIB
    di dalam kota malang, ada candi Badut, mohon dipublikasikan omm!
    ah ya, kalau saya berkesempatan ke Malang yah :)
  • RAFAEL
    avatar 2180
    RAFAEL #Kamis, 4 Feb 2010, 07:28 WIB
    Di temanggung ada juga candi gondosuli dan situs liyangan yg berada di ngadirejo. Saat ini yg terlihat di liyangan hanya batur candi & yoni. Yg lainnya sudah diamankan.
    Trima kasih atas informasinya.
  • PEIN
    avatar 2181
    PEIN #Kamis, 4 Feb 2010, 08:27 WIB
    Akhirnya mampir juga ke candi ini,
    Candi Bogang di Wonosobo juga patutu dijelajah.....
    weleh...Wonosobo? jauhnya... :D
  • ZEE
    avatar 2182
    ZEE #Kamis, 4 Feb 2010, 11:18 WIB
    Foto kupu2nya keren ya....
    Kalo dikumpulkan, ada berapa banyak candi2 besar dan kecil ya?
    wah batu-batunya masih berserakan Bu, jadi susah untuk dirinci ada berapa candi.
  • EM
    avatar 2184
    EM #Kamis, 4 Feb 2010, 19:11 WIB
    Junhun tu yg bagi taneman di jawa berdasar ketinggian itu pho? Dia nliti apa di sekita tuh candi, kok malah nyasar nemu candi :D
    Junghuhn itu memang peneliti biologi, mungkin pas dia meneliti disana dia menemukan itu candi terus dicatat.
  • ZAM
    avatar 2186
    ZAM #Jum'at, 5 Feb 2010, 06:20 WIB
    Pringapus, urip iku lampus. dadi wong urip ojo seneng apus-apus.. :p
    wakowe ra ngapusi aku tow kang? :D
  • LALA
    avatar 2188
    LALA #Jum'at, 5 Feb 2010, 09:37 WIB
    I really enjoy the pictures... Cakep-cakep bener photonya... :)
    matur nuwun
  • ANDRY SIANIPAR
    avatar 2189
    ANDRY SIANIPAR #Jum'at, 5 Feb 2010, 12:48 WIB
    Salam super-
    Salam hangat dari pulau Bali-
    menarik sekali artikel nya...
    really nice fotos..
    sukses untuk Anda...
    salam kenal juga Bro!
  • IES
    avatar 2191
    IES #Jum'at, 5 Feb 2010, 13:28 WIB
    kerjamu kiii.. jalan2 terus deh.. ngiri :P
    makanya cari kerjaan yg hari Sabtunya libur
  • ANNOSMILE
    avatar 2193
    ANNOSMILE #Jum'at, 5 Feb 2010, 22:19 WIB
    waa..curang
    aku ndak dikasih foto kupu2nya
    weh, kelewatan sepertinya :D
  • FIAH
    avatar 2222
    FIAH #Sabtu, 13 Feb 2010, 11:27 WIB
    akhirnyaaaaa........postingan candi muncul kembaliiii....!!!!
    Susah sekarang bikin postingan candi utuh.
  • GALY HARDYTA
    avatar 2231
    GALY HARDYTA #Selasa, 16 Feb 2010, 11:10 WIB
    ayo mas publikasikan juga yg di blitar..
    atw pling engga liat liputan q tentang candi2 di blitar.
    http://travellers2009.wordpress.com/
    Wah kapan ya punya waktu ke Blitar? Oke-oke cek TKP dulu :D
  • AGATHA MAHARDIKA
    avatar 2232
    AGATHA MAHARDIKA #Selasa, 16 Feb 2010, 12:27 WIB
    aduh maw... paragraf pertama, sepertinya terpaksa sekali... jadi tidak enak nih... aku mau dunk dicopiin foto2nya..
    Ah...itu cuma perasaan Agatha aja, kapan2 kita ke semarang Gat :D
    Foto2nya cuma dikit lho Gat, paling2 yang di FB itu aja
  • MURWANI
    avatar 2233
    MURWANI #Selasa, 16 Feb 2010, 14:36 WIB
    Sayang sekali sudah sampai disana tidak ke jumprit (tempat air suci)
    bagi umat budha.ada cerita rakyat yang seru katanya..cuma belum tahu nih critanya...kapan kesana ya....pepatah "hujan tidak menjadi halangan " tidak berlaku ya...he...he...
    Hujannya deres Bu :)
  • NURWANI
    avatar 2236
    NURWANI #Selasa, 16 Feb 2010, 19:27 WIB
    lokasi tepatnya dimana dik, tolong di kasih denah yang mudah, kami pengen kesana. Biasanya di artikel candi adik sering diinformasikan jalan mudah kelokasinya. Terimakasih Tuhan yang membalas budi baik adik
    Jalannya cuma satu. Dari Jogja ke Temanggung ikuti saja jalan kabupaten. Nanti di Temanggung cari jalan ke kec. Parakan.
  • EKA SITUMORANG-SIR
    avatar 2250
    EKA SITUMORANG-SIR #Kamis, 18 Feb 2010, 15:07 WIB
    I enjoy the pictures!
    Kereeeeen warnanya ;) tajam
    hehehe matur nuwun mbak Eka :D
  • MONDA
    avatar 2310
    MONDA #Sabtu, 27 Feb 2010, 20:44 WIB
    kunjungan asik nih, kepengen ikutan krn arkeologi adaalah kesenanganku
    ya monggo silakan sambangi situs-situs bersejarah :)
  • AGATHA MAHARDIKA
    avatar 2331
    AGATHA MAHARDIKA #Kamis, 4 Mar 2010, 11:56 WIB
    ayo kapan ke semarang. besok minggu rencana kami mau ke air terjun magelang, apa ya namanya. atau ada ide wisata yang tidak terlalu jauh gitu? magelang atau mana gitu... mau ikut?
    Wah ndak bisa e Gat, aku minggu ada acara
  • HAFID JUNAIDI
    avatar 3609
    HAFID JUNAIDI #Minggu, 23 Jan 2011, 11:39 WIB
    wah, berarti deket rumah pak de Moh, wah tak tanya beliau sebelah mana itu
    hohohoho
  • DANI WAWAN
    avatar 3774
    DANI WAWAN #Minggu, 10 Apr 2011, 09:14 WIB
    ini candi deket rumahku....
    lha piye Bro? mampir rumahmu lagi? :D