Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 20 November 2009, 17:33 WIB

Bukan sebab cuaca panas yang menerjang kami di Kota Mojokerto. Bukan pula karena kelakuan kami yang berjalan kaki dari Terminal Kertajaya menuju Stasiun Mojokerto. Hanya saja, kami ini punya ritual yang harus dilaksanakan seusai berburu candi. Janganlah Pembaca berpikir yang macam-macam. Sebab ritualnya cuma menyantap semangkuk es campur saja.

 

Perlu aku tegaskan definisi es campur. Yang aku maksud sebagai es campur jelas adalah komposisi pernak-pernik makanan di dalam sebuah mangkuk. Yang kemudian diguyur kuah santan dan diberi es. Rasanya manis dan tentu saja, SEGAAAR!

 

Hanya saja masalahnya, di mana kami bisa menemukan sajian es campur di kota Mojokerto, Jawa Timur ini ya?

 

Ndilalah, pucuk dicinta es pun tiba. Kami menemukan jawabannya di depan Kantor SAMSAT Mojokerto.

 

ciri khas es oyen dari mojokerto, jawa timur

 

Namanya Es Oyen. Ada embel-embelnya; Asli Bandung. Lha? Kok seperti Kentang Arab di Bandung sana? Eh, kenapa pula sajian bumi Pasundan bisa nyasar di Mojokerto?

 

Belum sempat kami menemukan jawabannya, di meja sudah terhidang lumpia asli Semarang. Hwarakadah! di mana sesungguhnya kami berada ini? Bandung? Semarang? Atau Mojokerto?

 

Kami tak ambil pusing. Sebab kami tidak sabar untuk meneguk kesegaran es oyen. Campuran alpukat, kelapa muda, pacar cina, dan kolang-kalingnya sungguh menggoda selera. Dinggin dan manisnya es mengusir segala penat dan dahaga kami. Harganya pun amat bersahabat. Es oyen dihargai Rp3.000 sedangkan lumpia Rp1.000.

 

Bhinneka Tunggal Ika. Kuliner kita memang beragam dan entah kenapa jadi cocok ketika dipandankan satu dengan yang lain. Esok hari, mungkin tak lagi es oyen dengan lumpia. Bisa saja es doger dengan coto Makassar atau es teler dengan sate Padang. Akur toh?

 

Wahai Pembaca tersayang, ada kombinasi es dengan makanan apa di kota Pembaca?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • EM
    avatar 1795
    EM #Jum'at, 20 Nov 2009, 23:18 WIB
    Adanya es campur dan tahu susur :D
    lha itu pasti bukan aseli kulonprogo... :D
  • PEIN
    avatar 1799
    PEIN #Sabtu, 21 Nov 2009, 15:46 WIB
    Emang sih tuh mamin dah men-Jawa, karena ada dimana - mana, yang penting murah, enak dan banyaaaakkk

    kekekekeke
    weleh2...Mojokerto mulai dijajah panganan asing :D
  • RANYSTARRY
    avatar 1801
    RANYSTARRY #Sabtu, 21 Nov 2009, 17:16 WIB
    aku maunya sup buah dan belinya harus di bunderan UGM, kesananya naik sepeda :D
    weee...pemaksaan...jauhnya dari Bantul...
  • EM
    avatar 1803
    EM #Minggu, 22 Nov 2009, 15:14 WIB
    Dik tia, Udah ndak ada lagi, mang-mang sup buah di bunderan...
    Kalau Sabtu n Minggu masih ada eM
  • EKA SITUMORANG-SIR
    avatar 1808
    EKA SITUMORANG-SIR #Senin, 23 Nov 2009, 23:25 WIB
    Es Klamud ama sate :P
    ini sih bikinan gue sendiri hehehe
    nah yang ini perlu saya coba :D
  • ADIPATI KADEMANGAN
    avatar 1809
    ADIPATI KADEMANGAN #Selasa, 24 Nov 2009, 09:41 WIB
    Bagaimanapun itulah citarasa Indonesia, kok tidak ada khas mojokerto di mojokerto yah ?
    Nanti coba saya tanya kenalan orang Mojokerto untuk mengklarifikasi :D
  • MALTU
    avatar 3235
    MALTU #Kamis, 2 Sep 2010, 15:16 WIB
    Sy lbh suka es indonesia :DDD
    tapi es-nya>>> S-atu nusa-bahasa-bangsa IndoneS1a
    heheee merdeka!
    hehehe, yang itu saya juga suka dan mendukung sangat Kang :D
  • DESTA
    avatar 4044
    DESTA #Kamis, 21 Jul 2011, 21:37 WIB
    Aku kenal siapa yg jual,,,nyimbat..hahahahaha
    weleh...
  • DESTA
    avatar 4043
    DESTA #Kamis, 21 Jul 2011, 21:38 WIB
    aku kenal siapa yg jual
    weleh, siapa e mbak e?
  • ATIK
    avatar 7035
    ATIK #Minggu, 25 Jan 2015, 18:00 WIB
    Mojokerto adalah kotaku. (Skrg sih kami sdh
    stay di jogja).
    Laen kali cobalah ke kaki gunung semeru/
    penanggungan. & temukan "surga candi" dsna.
    Diawali dgn Candi Jolotundo yg mrpkan
    pemandian. Ikuti jalurnya menuju puncak, km
    akan bnr2 mrs spt berada di kerajaan
    kahyangan...
    Semoga suatu saat kami bisa mampir Mojokerto lagi ya mbak dan ke candi2 di sekitar sana.
  • NANANG
    avatar 10302
    NANANG #Sabtu, 5 Nov 2016, 13:49 WIB
    sebelumya saya tidak tau apa itu es oyen, namun setelah membaca artikel
    dari mimin mblusuk ini sekarang saya menjadi tahu.. terimakasih mimin mblusuk hhe :D
  • FITRI
    avatar 10678
    FITRI #Jum'at, 3 Mar 2017, 09:54 WIB
    Akhirnya yang dicari-cari ketemu juga..makasih kak infonya. Macam-macam es campur ala daerah kota..hhh