Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 2 September 2009, 09:00 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Candi dengan awalan nama gunung itu ada banyak, Candi Gunung Wukir dan Candi Gunung Sari contohnya. Tapi semua candi itu nggak terletak di gunung. Paling-paling hanya di atas bukit.

 

Nah, Candi Gunung Kawi ini juga sama. Candi Gunung Kawi yang letaknya di Banjar Penaka, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali ini memiliki awalan gunung karena bentuknya yang unik. Candi Gunung Kawi dipahat pada tebing/gunung. Karena itulah diberi nama Gunung (tebing) Kawi (pahat).

 

Foto Candi Gunung Kawi, Gianyar, Bali tahun 2009

Foto Berugak Candi Gunung Kawi, Gianyar, Bali tahun 2009
Candi Gunung Kawi di Bali yang unik karena dipahat di tebing.

 

Candi Gunung Kawi Setelah Lombok

Kalau orang-orang ke pulau Bali itu umumnya mencari bule pantai. Aku sendiri ke Bali malah mencari batu, hehehe . Sebenarnya sih aku sudah pernah datang ke Candi Gunung Kawi sewaktu Tour de Bali kemarin. Tapi ya hanya di halaman parkirnya saja. Pas waktu itu hari sudah sore dan hujan.

 

Eeeh Alhamdulillah, ternyata Gusti Allah SWT memberi aku kesempatan kedua berkunjung ke Candi Gunung Kawi saat singgah di Pulau Bali selepas jalan-jalan di Pulau Lombok. Untungnya lagi, hari Rabu siang itu (5/8/2009) itu cuacanya cerah. Happy deh!

 

Foto turis asing di Candi Gunung Kawi, Gianyar, Bali tahun 2009
Kebanyakan pengunjungnya turis asing. Turis lokal mana ya?

 

Untuk menuju ke Candi Gunung Kawi aku menggunakan jasa mobil sewaan yang disewa seharian oleh keluargaku. Masalahnya aku buta soal kendaraan umum di Bali. Apalagi yang lintas kabupaten. Setahuku, di Denpasar saja juga jarang ada kendaraan umum. Agaknya warga Bali sendiri lebih memilih ke mana-mana naik sepeda motor.

 

Rute perjalanan ke Candi Gunung Kawi cukup mudah. Ikuti saja jalan raya utama menuju Tampaksiring. Nanti di kanan jalan ada papan petunjuk lokasi Candi Gunung Kawi. Biaya retribusi untuk masuk obyek wisata ini murah, Rp6.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

 

Suasana di Candi Gunung Kawi

Berhubung Candi Gunung Kawi ini merupakan bangunan suci bagi warga setempat, maka setiap pengunjung diwajibkan memakai selendang. Untuk pengunjung yang mengenakan pakaian seronok, wajib memakai kain untuk menutupinya.

 

Foto Wisatawan Asing dihukum telanjang di Candi Gunung Kawi, Gianyar, Bali tahun 2009
Mari hormati adat-istiadat warga setempat.

 

Baik selendang atau kain semuanya sudah disediakan secara cuma-cuma oleh pengelola. Tapi ini cuma pinjaman lho! Setelah selesai berkunjung ya dikembalikan lagi. Jangan malah dibawa pulang untuk kenang-kenangan, hehehe.

 

Untuk bisa sampai ke lokasi candi, pengunjung harus menuruni anak tangga yang banyaaak sekali. Pas perginya sih oke. Pulangnya yang bikin capek. Jadi, untuk pengunjung yang berusia lanjut nggak disarankan kalau kondisi tubuh kurang mendukung.

 

Candi Gunung Kawi ini memiliki dua lokasi candi yang terpisah oleh Sungai Pakerisan yang arus airnya lumayan deras. Candi Gunung Kawi pertama kali ditemukan oleh DT Damste pada tahun 1920. Dari penelitian Balai Arkeologi ditemukan tulisan berhuruf Kadiri Kwadrat di salah satu candi.

 

Candi Gunung Kawi diperkirakan dibangun pada abad ke-11 Masehi pada masa pemerintahan Raja Anak Wungsu. Menurut arkeolog Dr R Goris, Candi Gunung Kawi adalah tempat memuliakan roh Raja Udayana beserta keluarganya.

 

Foto Larangan naik di Candi Gunung Kawi, Gianyar, Bali tahun 2009
Kalau dilanggar bagaimana ya?

 

Berhubung ada peringatan untuk nggak naik ke candi, jadinya aku nggak bisa mengksplorasi lebih dekat. Dari pengamatanku yang ala kadarnya, di Candi Gunung Kawi nggak memiliki arca, relief, maupun patung yang menonjol. Di tebing sekeliling candi banyak terdapat gua-gua kecil yang mungkin digunakan sebagai tempat meditasi. Selain itu, terdapat juga petirtaan suci. Setiap candi berlatar agama Hindu pasti punya hubungan erat dengan mata air.

 

Foto pancuran air purba di Candi Gunung Kawi, Gianyar, Bali tahun 2009
Di masa lampau mungkin mengalirkan air.

 

Foto gua meditasi purba di Candi Gunung Kawi, Gianyar, Bali tahun 2009
Gua untuk tempat meditasi mungkin?

 

Menurut salah seorang warga, sekitar 200 meter dari lokasi Candi Gunung Kawi ini masih ada candi lain. Entah apa namanya. Tapi, di Bali sendiri pengertian candi dan pura sepertinya membaur jadi satu. Keduanya punya fungsi yang sama walau berasal dari rentang zaman yang berbeda.

 

Foto sesaji di Candi Gunung Kawi, Gianyar, Bali tahun 2009
Lumayan, dapat foto sesaji bagus.

 

Mba Vinna...

Katanya rindu artikel candi. Awas klo komentarnya ngga jadi yang Pertamax...


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PEIN
    avatar 1291
    PEIN #Rabu, 2 Sep 2009, 11:31 WIB
    Kayaknya comment saya nih yang jadi PertamaX....
    Hmmmm !!
    wekz...drinya jadi yang pertamax, tidak kusangka...
  • VINNA
    avatar 1292
    VINNA #Rabu, 2 Sep 2009, 11:41 WIB
    pertamax, dek..

    akhirnya kerinduan candiku terobati juga.. ngeliat cara pembangunan candinya bikin inget ma petra.. bisa jd petra-nya indonesia niy..
    Petra apaan mbak?
  • VINNA
    avatar 1293
    VINNA #Rabu, 2 Sep 2009, 11:43 WIB
    huh.. kebalap ma si pein tuh pertamax-nya..
    wah sayang sekali mbak, anda kurang beruntung, hehehe.
  • MURWANI
    avatar 1294
    MURWANI #Rabu, 2 Sep 2009, 14:41 WIB
    Wah..malah sudah sampai Bali tho...jadi ingat waktu mengomentari lucia untuk ke candi ngempon Semarang
    "..... jauuuuh..." , he..he....
    mohon info selain candi ditatah di gunung yang menarik lagi di candi gunung kawi apa ya ???
    supaya agak terobati capainya kalau sampai disana,
    kalau ke bali pingin juga mampir .
    Itu kan saya sekalian mampir Bu pas di Bali. Yang menarik apa ya? Pemandangannya bagus sih, itu menurut saya lho.
  • DITTA
    avatar 1295
    DITTA #Rabu, 2 Sep 2009, 17:44 WIB
    Betul mb Vin, mirip Petra di Jordania. Masak kamu gag ngerti Petra mas? Eh uda ke Goa Gajah lom? Itu kan juga peninggalan klasik dari jaman Anak Wungsu.
    Petra itu di Jordania toh, eh Jordania tu apa ya? Maklum saya kan wong ndeso. Saya ndak sempet ke Goa Gajah je.
  • ZEE
    avatar 1298
    ZEE #Kamis, 3 Sep 2009, 08:30 WIB
    Saya juga suka postingan ttg candi.
    Ada nuansa yang berbeda setiap melihat foto2 candi.... maklum da lama ga liat candi.

    Memang di sana susah ya cari kendaraan umum jd rata2 pada menyewa mobil atau motor..
    Wah terima kasih mbak. Di Bali kalau diperhatikan angkutan umumnya tidak sebanyak di Jakarta, Bandung atau di Jogja. Biasanya kan turis berduit yang wisata kesana, jadi nyewanya taksi, mobil atau bus lah.
  • RANYSTARRY
    avatar 1300
    RANYSTARRY #Kamis, 3 Sep 2009, 09:22 WIB
    eh, ada mas pencari batu yang sedang beraksi :D
    mas, timku lolos 20 besar buwat programming contest gemastiknya, ehehe, makasih ya doanya, doain terus, karena untuk menang rasanya sulit sekali :D
    siapa yang sedang beraksi? Hooo, ternyata kelompokmu lolos toh, kok malah patah semangat? he3
  • FIAH ZHAPHIRA
    avatar 1309
    FIAH ZHAPHIRA #Kamis, 3 Sep 2009, 21:26 WIB
    duuhhh..iri na..iri na...bisa melihat candi secara live..

    aku sudah bereksplore2 ria d daerahku dan hanya mendapatkan kumpulan batu2 berserakan yg dulu di duga sbg bekas alat2 makan pr eyang buyut...

    kapan punya kesemptan liat candi????
    Kalau kamu datang ke Jawa Timur ato Jawa Tengah :D

    Emang dmana tempat tinggalmu?
  • GANDI WIBOWO
    avatar 1302
    GANDI WIBOWO #Jum'at, 4 Sep 2009, 01:45 WIB
    Sayang sekali Saya waktu ke Bali bukan buat plesir, gak bisa tour de Bali deh..

    itu batunya batuan kapur ya mas? atau cuma plesteran? kok rada putih gitu..

    BTW emang bedanya Pura, Wihara, n Candi itu apa ya?
    Itu bukan batu kapur, batu Andesit mas. Bisa bilang candi itu adalah penyebutan lain untuk pura dan wihara dari masa lampau. :)
  • OMIYAN
    avatar 1317
    OMIYAN #Jum'at, 4 Sep 2009, 16:08 WIB
    Ajib banget nih tempat kayaknya betah banget kalau main kesini
    makanya klo Bali disempatkan mampir mas, hehehe
  • SUWUNG
    avatar 1319
    SUWUNG #Sabtu, 5 Sep 2009, 13:30 WIB
    hebad bos jadi spicles
    speechless kali mbah :D
  • DRH ALEK ARISONA
    avatar 1326
    DRH ALEK ARISONA #Minggu, 6 Sep 2009, 01:41 WIB
    kalau dilihat candi di bali bangunannya mirip candi2 jatim ya...
    Weh, mas Alek apa kabarnya? Rampingnya sih iya, mungkin ada pengaruh dari Jawa Timurnya juga.
  • EKA SITUMORANG - SIR
    avatar 1330
    EKA SITUMORANG - SIR #Minggu, 6 Sep 2009, 18:20 WIB
    Selama ini gue joke.. bertapa di Gunung Kawi
    ta[i asli baru tahu ini ad di Bali :p
    kiraiin di Jawa Timur hehehe
    Hihihi...saya juga baru tahu ada Gunung Kawi di Bali tahun ini lho mbak.
  • AEARC
    avatar 1348
    AEARC #Senin, 7 Sep 2009, 16:32 WIB
    wah.. jadi kepengen ikut
    hohoho, ayuk aja
  • VINNA
    avatar 1345
    VINNA #Senin, 7 Sep 2009, 17:01 WIB
    petra itu monumen yg dibangun di bukit batu.. coba cek dsini kemiripannya.. http://www.visitjordan.com/Default.aspx?Tabid=63
    Hooo I see...belum pernah diriku kesana mbak
  • KAWANLAMA95
    avatar 1360
    KAWANLAMA95 #Selasa, 8 Sep 2009, 19:40 WIB
    setiap daerah memang selalu ada ciri khas masing2 .begitu juga bali banyak tempat yang bisa dikunjungi.yaitu candi
    setidaknya Bali populer ngga hanya karena bulenya dan pantainya, :D
  • KANGBOED
    avatar 1369
    KANGBOED #Jum'at, 11 Sep 2009, 10:02 WIB
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaaank
    I Love U fuuuuullllllllllllllllllllllllllllllll
    wuih, mbah Surip bisa bersin-bersin nih di alam sana, he3
  • KANGBOED
    avatar 1370
    KANGBOED #Jum'at, 11 Sep 2009, 10:05 WIB
    Mampir menyapa sahabat yang jalan jalan mulu.. jadi pengen neh
    Makanya mas, ayo keluar rumah!
  • CERITA CINTA
    avatar 1375
    CERITA CINTA #Sabtu, 12 Sep 2009, 20:46 WIB
    wah, jadi pengen liburan ke bali nih.....
    kapan ya...?
    Dijadwal saja mas, mungkin besok atau bulan depan :D
  • SUWUNG
    avatar 1387
    SUWUNG #Minggu, 13 Sep 2009, 17:44 WIB
    mas mau basen bw kalo bisa jawab koment di blogku ya mau tugas langsung mau pulkam tetep ada tulisan karena di scedule tolong jawabin komentar ya.....
    oke mbah, di Ponorogo ndak ada internet po? Yo wis ngko tak jaga perguruanmu, hohohoho
  • MUDZ069
    avatar 1401
    MUDZ069 #Rabu, 16 Sep 2009, 21:21 WIB
    Hmm, lumayan buat nambah wawasan.
    Siapa tahu nanti kesampaian juga ke Bali.
    ayo jalan-jalan ke Bali mbak!
  • NUR ICHSAN
    avatar 1585
    NUR ICHSAN #Selasa, 20 Okt 2009, 08:10 WIB
    dirimu suka traveling jga yah...

    salam kenal cuy
    salam kenal juga mas! :)
  • ANNOSMILE
    avatar 2490
    ANNOSMILE #Minggu, 4 Apr 2010, 20:38 WIB
    tak kiro gunung kawi yang disebelah gunung kelud itu ada candinya
    ternyata bukan
    lha wong beda pulau :D
  • TRAVEL
    avatar 3355
    TRAVEL #Jum'at, 8 Okt 2010, 10:46 WIB
    aduh kalau kesini harus kuat dengkul dong yah
    jelas :D
  • RITA
    avatar 4142
    RITA #Jum'at, 12 Ags 2011, 12:57 WIB
    menakjubkan pisan,,,
    katanya di Bali masih ada candi yang belum diekspos lho
  • RITA
    avatar 4165
    RITA #Senin, 15 Ags 2011, 13:08 WIB
    oh, coba donx diekspos, hehe
    alhamdulillah menambah warisan budaya,
    wah, katanya letaknya terpencil e >.<
  • FENNY
    avatar 5029
    FENNY #Kamis, 24 Jan 2013, 21:27 WIB
    kayaknya pernah liat candi ini di buku pelajaran dulu
    mosok? bukannya candi prambanan atau borobudur?
  • FENNY
    avatar 5512
    FENNY #Senin, 26 Ags 2013, 08:03 WIB
    iya pernah, di buku sejarah gak cuma ada candi borubudur sama prambanan. dulu ada foto candi yg nyempil di gunung kayak gini, trus dulu penasaran pengen bgt liat lsg trus nyoba masuk candi gitu. tapi abis baca artikel ini jadi gak penasaran lagi, hahaha.
    waduh >.< Dah sana gih nyari tiket promo ke Bali terus ke Gunung Kawi