Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 13 Agustus 2009, 20:29 WIB

Kalau merunut histori jalan-jalanku sedari kecil, aku sudah pernah menjejakkan kaki di pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan kini Lombok. Apa ya yang berbeda dari Lombok dibandingkan ketiga pulau yang lain itu?

 

Dengar-dengar, Lombok mulai dilirik sebagai destinasi liburan. Iya sih, dari zaman dulu sampai sekarang, umumnya orang-orang akan memilih liburan di Bali ketimbang liburan di Lombok. Padahal, Bali dan Lombok jaraknya lumayan dekat. Hanya terpisah oleh Selat Lombok.

 

Jadi kenapa Lombok kurang populer dibanding Bali ya? Apa karena Lombok kalah pesona dibanding Bali?

 

Wooo! Jangan salah!

 

Lombok juga punya beragam obyek wisata lho! Di Lombok ada pantai, ada air terjun, dan juga ada gunung. Seperti apa sih pesona wisata di Lombok? Yuk kita cek Pembaca!

 

Suasana pantai pasir putih perawan di Lombok, Nusa Tenggara Barat tahun 2009
Ingin berwisata di pantai pasir putih yang belum terjamah? Lombok tempatnya!

 

Sekilas Nusa Tenggara Barat

Nusa dalam bahasa Sansekerta artinya pulau. Sehingga dengan demikian, Nusa Tenggara Barat artinya adalah pulau di tenggara barat. Kalau dipikir-pikir agak aneh ya. Karena provinsi Nusa Tenggara Barat itu letaknya nggak di barat Indonesia.

 

Tapi, bila kita memandang yang disebut "nusa tenggara" sebagai kesatuan pulau besar Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, dan Timor beserta pulau-pulau kecil di sekitarnya, provinsi Nusa Tenggara Barat ini memang letaknya ada di sisi barat dari "nusa tenggara".

 

Provinsi Nusa Tenggara Barat sendiri terdiri dari dua pulau besar, yaitu Lombok dan Sumbawa. Ibukota provinsinya adalah Mataram dan berada di pulau Lombok. Letak pulau Lombok berada tepat di timur pulau Bali.

 

Pesona Pantai Pasir Putih di Lombok

Bicara soal pesona alam di Lombok, kurang afdol kayaknya kalau nggak menyinggung tentang pantainya yang berpasir putih. Di perjalanan kali ini, aku berkesempatan singgah di Pantai Kuta yang terletak di kecamatan Pujut, kabupaten Lombok Tengah.

 

Suasana pantai Kuta di Lombok, Nusa Tenggara Barat tahun 2009
Suasana pagi di Pantai Kuta, Lombok. Sayang mendung.

 

Pantai Kuta lumayan jauh dari kota Mataram. Jarak Pantai Kuta dari kota Mataram kurang-lebih sekitar 62 km atau hampir 1 jam perjalanan via jalur darat. Jalan menuju ke Pantai Kuta sudah beraspal mulus, namun konturnya naik-turun dan relatif sempit. Ditambah lagi, jalan raya ini minim penerangan di malam hari.

 

Satu-satunya transportasi menuju Pantai Kuta dari kota Mataram adalah dengan menyewa kendaraan atau naik taksi. Bila naik taksi, tarifnya sekitar Rp160.000 (pakai argo) untuk sekali jalan.

 

Pantai Kuta di Lombok beda banget dengan Pantai Kuta di Bali. Perbedaan yang PALING MENCOLOK adalah Pantai Kuta di Lombok ini SEPI pengunjung. Perbedaan mencolok lainnya adalah pasir di Pantai Kuta ini putih dan beberapa di antaranya berukuran seperti biji lada.

 


Pemandangan dari Tanjung Aan, akung cuacanya mendung.

 

Masih seputar pantai, obyek menarik lainnya adalah Tanjung Aan. jaraknya kurang lebih 7 km dari Pantai Kuta. Di Tanjung Aan ini kita bisa menyaksikan pemandangan laut yang terhampar luas. Kalau datang kemari di pagi hari, dijamin kita bakal terbebas dari pungutan retribusi kepungan penjual asongan.

 

Pesona Air Pegunungan Lombok

Gunung Rinjani adalah gunung terbesar di Lombok dan merupakan salah satu tempat pendakian di Indonesia yang diminati oleh wisatawan asing maupun domestik. Keunikan Gunung Rinjani sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini adalah keberadaan danau kaldera yang bernama Segara Anak seluas 11 ribu meter persegi. Segara Anak inilah sumber air yang mengaliri sungai di pulau Lombok.

 

Sungai di kaki gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat tahun 2009
Salah satu sungai di kaki Gunung Rinjani.

 

Nah, salah satu aliran air sungai dari Segara Anak itu menciptakan air terjun Sendang Gile yang terletak di desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Barat. Jaraknya dari kota Mataram "hanya" sekitar 90 km. Dengan retribusi Rp5.000 per orang, pengunjung dapat menyaksikan keindahan air terjun Sendang Gile yang bertingkat-tingkat.

 

Air terjun Sendang Gile di gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat tahun 2009
Air terjun Sendang Gile.

 

Kurang puas dengan bentuk air terjun yang "itu-itu" aja? Kunjungi juga air terjun Tiu Kelep yang "hanya" berjarak setengah kilometer dari air terjun Sendang Gile. Untuk mencapai air terjun Tiu Kelep, pengunjung bisa menyewa guide atau blusukan seorang diri di tengah hutan seperti aku ini.

 

Turis asing tanpa busana di gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat tahun 2009
Banyak bule yang wira-wiri di sungai.

 

Perlu diperhatikan bahwa jalan menuju Tiu Kelep itu sangat menantang. Pengunjung harus keluar-masuk sungai yang arusnya lumayan deras! Tapi dijamin, nggak bakal sia-sia melihat air terjun Tiu Kelep. Sebab, suasananya seperti lost paradise.

 

Eh iya, satu lagi, jangan lupa untuk mandi di air terjun Tiu Kelep karena mitos menyebutkan kalau mandi di sana bakal awet tua muda.

 

Air terjun Tiu Kelep di gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat tahun 2009
Air terjun Tiu Kelep.

Hati-Hati Motret!

Obyek wisata di Lombok yang aku kunjungi kali ini sangat erat dengan air alias benda yang basah. Oleh sebab itu kamera harus dijaga baik-baik! Untuk memotret di pantai misalnya, berhati-hatilah saat memijak pasir karena ombak laut cukup besar. Sedangkan di sungai, gunakan selalu tripod (aku pakai Velbon Sherpa 600) dan pastikan tripod terpasang dengan kokoh.

 

Catatan khusus untuk pemotretan air terjun. Kamera bisa basah kuyup terpapar butiran air dari air terjun yang diterbangkan angin. Untuk itu, lindungi kamera dengan plastik! Pokoknya, jangan sampai benda bernilai jutaan rupiah itu rusak karena penggunanya jatuh ke air!

 

Tukang foto di pantai pasir putih Lombok, Nusa Tenggara Barat tahun 2009
Aksi tukang potret di Pulau Lombok.

 

Jadi, gimana? Pembaca sudah tahu kan keindahan Lombok itu seperti apa? Jadi kapan kita liburan di Lombok?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • NUR
    avatar 1169
    NUR #Jum'at, 14 Ags 2009, 07:26 WIB
    Hihihi...lg jalan ma keluarga pun kamu masih wira-wiri dg tripod?! Ckckck...

    Tapi emang worthed siy, dapet foto2 sebagus itu. Aku suka pantainya...sepi!! Kayane enak. Meski air terjunnya juga menarik...^-^v
    Kan aku emang tukang potret, itu sudah kewajiban motret sama nggotong tripod :)
  • PEIN
    avatar 1170
    PEIN #Jum'at, 14 Ags 2009, 08:56 WIB
    Wah, mampir ke tempat2 asyik niy, sayang pemerintah daerahnya kurang menjual wisata2 trsbt [ kayak transportasi yg kurang ], coba contoh Thailand, tmpt wisata yg biasa2 aja dikemas sedemikian rupa sehingga membuat wisatawan (mancanegara tentunya) tertarik untuk kesana !
    Kayaknya para pejabat kita dah banyak yang studi banding ke luar negeri, tapi kok ngga diterapkan di negara kita yah.
  • VINNA
    avatar 1171
    VINNA #Jum'at, 14 Ags 2009, 08:57 WIB
    edunnn.. keren bgt view pantainya.. makin cinta ma indonesia..
    Cintailah Indonesia mbak...
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 1172
    SAMSUL ARIFIN #Jum'at, 14 Ags 2009, 09:09 WIB
    subhanallah, maha suci Allah.
    Subhanallah
  • ADIPATI KADEMANGAN
    avatar 1174
    ADIPATI KADEMANGAN #Jum'at, 14 Ags 2009, 10:32 WIB
    "jangan sampai benda bernilai jutaan rupiah itu rusak karena penggunanya jatuh ke air!"

    Kalo penggunanya jatuh ke air tapi kameranya masih dipegang sama orang kan kameranya ndak rusak mas
    Masalahnya klo jatuh pas lagi motret gimana? hehehe
  • FIAH ZHAPHIRA
    avatar 1175
    FIAH ZHAPHIRA #Jum'at, 14 Ags 2009, 12:46 WIB
    wuuiiiihh...indah nian...masih virgin ya alamnya??? belum terjamah polusi...

    Sendang Gile ma Tiu Kelep artinya apa ya????

    kyaa...foto dirimu yang bawa tripod mirip tukang jual cobekan...wuhahaha....

    kabuur
    Sendang Gile itu artinya air terjun Gila (karena deras banget airnya) kalau Tiu Kelep itu ngga ngerti. Apa kamu mau beli cobekan juga? he3
  • HRYH77
    avatar 1176
    HRYH77 #Sabtu, 15 Ags 2009, 09:16 WIB
    wew.. keren pemandangannya..
    jadi pengen ke sana juga nih he..he..
    hohoho...
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 1179
    SAMSUL ARIFIN #Senin, 17 Ags 2009, 00:18 WIB
    foto yang paling bawah jelek banget wis. asli, hehehe.
    emang jelek :D
  • YG DBLG NEW VICTIM
    avatar 1181
    YG DBLG NEW VICTIM #Senin, 17 Ags 2009, 14:10 WIB
    itu air sungai gunung rinjani kamu manipulasi ya mas? kayak bukan air =p.
    yang fotografernya jatuh gak dicritain?
    btw, nama samaranku jelek kali ya =p.
    Itu ndak manipulasi, namanya teknik slow speed. Aku jatuh ndak disana. Nama samaran kalian emang aneh-aneh kok.
  • EKA SITUMORANG - SIR
    avatar 1197
    EKA SITUMORANG - SIR #Rabu, 19 Ags 2009, 14:50 WIB
    Lu selalu sukses bikin iriiii
    barusan baca soal Lombok juga di blog sebelah
    Wijnaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    huhuhu
    jd pengen liburan lagi deh
    Tahun depan cuti lagi beres toh? hehehe
  • MORISHIGE
    avatar 1248
    MORISHIGE #Rabu, 26 Ags 2009, 00:38 WIB
    pantainya bagus. mirip tempat syuting "castaway".. :D
    berati pantai Indonesia kayak pantai Thailand :)
  • TITIS_P
    avatar 1287
    TITIS_P #Selasa, 1 Sep 2009, 18:16 WIB
    baru nyadar, kalo tanah tempat aq dilahirkan dan dibesarkan sebegitu indahnya....
    berarti, aq kudu lbh sering keliling2 lombok neh...
    jgn mpe kalah ma km yg cm skedar iseng maen2 ke lombok...hehehe....^^V

    yg bkin aq pnasaran, caramu wira wiri di sana tu gmn ya? kamu dpet tumpangan dr mana??? apa luntang luntung sndiri kyk anak ilang gt...hehe...^_^
    Dasar anak pulau ni semuanya kuper! Senengnya di Mataram melulu, maenan CiDoMo. Aq disana kan nyewa mobil, kemana-mana ya bareng keluargaku laah.
  • INDOMIELEZAT
    avatar 1725
    INDOMIELEZAT #Senin, 9 Nov 2009, 13:26 WIB
    ada triptrick buat ngebackpack ke sana?
    Belum mbak, ntar saya tambah informasi dulu. Terutama bagaimana caranya kesana pakai Sierra DX :D
  • JUST-EUPHORIA
    avatar 1752
    JUST-EUPHORIA #Kamis, 12 Nov 2009, 16:25 WIB
    bagoessss....pengen deh pergi kesini....
    semoga suatu saat bisa jalan-jalan ke Lombok ya :D
  • OMIYAN
    avatar 1828
    OMIYAN #Kamis, 26 Nov 2009, 16:55 WIB
    Keren banget mas tempatnya beuh fans banget dah saya kalau tempat beginian.....
    Makanya kapan-kapan mampir sana om...
  • PEIN
    avatar 2706
    PEIN #Jum'at, 14 Mei 2010, 21:26 WIB
    Hm,

    " jangan sampai benda bernilai jutaan rupiah itu rusak karena penggunanya Kelelep di Tiu Kelep "

    Wah...........
    Sampeyan mahir menciptakan puisi yang bagus ya............

    Hehehehe............... :D
    blu-blup-blup...
  • BQ.UWIE
    avatar 3580
    BQ.UWIE #Kamis, 13 Jan 2011, 13:34 WIB
    angkak'm yak ponggok tripod,lepas juluk seberak.maseeeen yak kesur sik angin????weh.......weh....weh.......
    weee?
  • N FIRMANSYAH
    avatar 10425
    N FIRMANSYAH #Rabu, 30 Nov 2016, 09:03 WIB
    Eh? Kalo kata temenku, Bali lebih murah daripada Lombok makanya dia lebih pengen ke
    Bali dulu baru Lombok. Soalnya mau ke Lombok nabungnya agak lamaan. Hihi.