Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 11 Agustus 2009, 08:13 WIB

Alhamdulillah, aku ucapkan rasa syukur ke hadirat Gusti Allah SWT karena di bulan Agustus 2009 ini, aku, Bapak, Ibu, dan Tiwul diberi kesempatan (sekali) lagi untuk berwisata menjelajah pelosok nusantara.

 

Jika selama ini kami umumnya berwisata di tanah Jawa, maka kali ini kami berkesempatan untuk menjelajah provinsi Nusa Tenggara Barat yakni di seputar pulau Lombok. Selain provinsi Nusa Tenggara Barat, kami juga sempat mampir di provinsi tetangganya, Bali.

 

Ini adalah pengalaman pertamaku singgah di provinsi Nusa Tenggara Barat. Kira-kira ada apa ya di Nusa Tenggara Barat? Kabarnya pantai di sana indah-indah? Maka dari itu mari kita cari tahu Pembaca!

 

Lama Perjalanan di NTB dan Bali

Perjalanan NTB - Bali ini mengambil waktu selama 5 hari. Tepatnya dari hari Minggu (2/8/2009) sampai hari Kamis (6/8/2009). Kami berwisata di NTB dari hari Minggu (2/8/2009) hingga hari Selasa (4/8/2009). Sedangkan hari Rabu (5/8/2009) dan Kamis (6/8/2009) kami melanjutkan berwisata di Bali.

 

Alokasi waktu untuk wisata keluarga ini terbilang singkat. Itu saja setelah proses cocok-mencocokkan jadwal anggota keluarga yang padat (terutama aku dan Tiwul ). Tapi setidaknya, melalui perjalanan singkat ini kami berharap dapat mengenal beragam wajah Indonesia dan yang terpenting adalah berkumpul bersama keluarga.

 

Jalan-Jalan dengan Teman dan dengan Keluarga

Kalau ada bayangan bahwa jalan-jalan bersama anggota keluarga itu lebih repot daripada jalan-jalan bersama teman, aku rasa bayangan itu tidak sepenuhnya tepat. Untuk perjalanan 5 hari ini kami ingin ringkas. Masing-masing dari kami hanya membawa satu tas ransel (backpack). Kecuali Ibu, karena Ibu selalu membawa tentengan tas plastik yang isinya adalah... you know lah ibu-ibu...  

 

Bapak sendiri sudah merencanakan rundown kegiatan berwisata. Jadi, tidak ada kebingungan hari ini mau ke mana. Kalaupun ada perbedaan antara rencana dan pelaksaanaan, kami semua manut dengan keputusan Bapak setelah berunding. Yah, setidaknya nggak ada yang namanya "inkonsistensi anggota perjalanan" . #masalalu

 

Tapi ada juga yang membuat perjalanan ini berbeda dengan perjalananku bersama teman-teman. Terutama karena ada anggota wanita yang tidak lain adalah Ibu dan Tiwul. Namanya juga wanita, jadinya perlu semacam "extra care". Hmmm, ini bisa jadi bahan pelajaran kalau suatu hari nanti aku berpergian bersama wanita selain mereka.

 

Tarif Tiket Kapal Ferry dari Bali ke Lombok
Kali ini perginya dengan anggota wanita.

 

Dari Jakarta ke Lombok Naik Pesawat

Untuk menuju pulau Lombok, kami menggunakan pesawat udara dari Jakarta ke Bali dan dilanjutkan dari Bali ke Lombok. Dari Jakarta ke Bali kami naik Mandala Airlines. Harga tiketnya waktu itu Rp480.000 per orang. Dari Bali ke Lombok kami pindah naik Trigana Air dengan harga tiket Rp375.000 per orang. Harga tiket itu sudah termasuk murah karena bulan Agustus tahun ini belum termasuk bulan liburan.

 

Oh iya, harap diingat bahwa maskapai udara kita itu sering telat jadwal! Jadi ada baiknya kita cermat mengatur jadwal perjalanan dengan mempertimbangkan faktor pesawat ngaret itu.

 

Tarif Tiket Murah Pesawat Perintis Trigana Air dari Bali ke Lombok
Trigana Air itu maskapai perintis, jadi pesawatnya kecil dan pakai baling-baling.

 

Keliling-Keliling Naik Mobil

Untuk berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya di pulau Lombok, kami memanfaatkan jasa Lombok Taksi yang berada di bawah naungan grup Bluebird. Lombok Taksi juga menyediakan jasa sewa mobil plus supir dengan tarif Rp75.000 per jam.

 

Sedangkan di Bali kami menggunakan jasa Bali Taksi yang juga masih bernaung di bawah grup Bluebird. Di Bali juga banyak tersedia pilihan jasa sewa mobil. Kami menyewa mobil Suzuki APV plus supir selama 10 jam dengan tarif Rp350.000 sehari. Jasa carter mobil itu sudah termasuk ongkos bensin.

 

Jadwal Pesawat Perintis Trigana Air dari Bali ke Lombok
Jangan salah! Ini mobil made in Lombok lho! Mereknya CiDoMo = Cikar Dokar Mobil.

 

Dari Lombok ke Bali Naik Kapal Feri

Kami juga berkesempatan menjajal Selat Lombok dengan menumpang kapal feri dari pelabuhan Lembar (Lombok) ke pelabuhan Padang Bai (Bali) dengan waktu perjalanan sekitar 4 jam. Tarif tiket kapal feri lintas pulau ini adalah Rp31.000 per orang.

 

Sayangnya, perjalanan via jalur laut ini ternyata kurang nyaman. Selain karena ombak di Selat Lombok yang ganas #mabuklaut, pelayanan di pelabuhan Padang Bai juga jauh dari memuaskan. Sebagai contoh, tarif minibus dari pelabuhan Padang Bai ke Terminal Ubung di Denpasar adalah Rp50.000 per orang yang dikelola secara pribadi dan dengan proses tawar-menawar.

 

Bahkan, ada desas-desus kalau pelabuhan Padang Bai ini wilayah rawan kejahatan. Taksi saja tidak berani beroperasi di sini. Benarkah?

 

Jadwal Kapal Ferry dari Bali ke Lombok
Awas mabuk laut! Soalnya lama perjalanannya 4 jam lho!

 

Penginapan di NTB dan Bali

Untuk perkara akomodasi, kami menginap di hotel dengan tarif kamar rata-rata Rp350.000 per malam. Dengan tarif seperti itu fasilitas hotelnya tergolong memadai. Ada kamar mandi dalam, televisi, pendingin ruangan, dan dua tempat tidur.

 

Tapi tenang saja! Di pulau Lombok maupun di pulau Bali juga tersedia hotel dengan tarif kamar yang lebih murah. Tapi tentu kenyamanan dan fasilitas harus ikhlas dikorbankan.

 

Berikut aku sertakan daftar akomodasi kalau sekiranya ada Pembaca yang ingin berwisata ke NTB dan Bali dan mencari penginapan yang cocok untuk keluarga. Aku sertakan juga nomor kontak jasa transportasi yang kami pakai.

 

Lombok Taksi, (0370) 627000 / 645000
Bali Taksi, (0361) 701111

 

Bali Seasons Tours & Travel
Jl. Pulau Maya no. 22, Denpasar, Bali
(0361) 7400800
www.baliseasons.com

 

Kuta Indah Hotel
Pantai Kuta, Nusa Tenggara Barat
www.kutalombok.com/kuta-indah-hotel.htm

 

Rumah Saga
Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat
www.rumahsaga.com

 

Bali Summer Hotel
Jl. Pantai Kuta no. 38
(0361) 751503
www.balisummerhotel.com

 

 

Semoga saja di masa yang akan datang, aku masih diberi kesempatan untuk lebih mengembangkan sayap ke wilayah timur Indonesia. Eh, mengembangkan sayap ke wilayah barat Indonesia juga boleh sih.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • EKA
    avatar 1144
    EKA #Selasa, 11 Ags 2009, 08:50 WIB
    Sepertinya di Padang Bai itu memang terkenal deh wij. WAktu aku ikut study tour SBy-Bali-Lombok-Malang-Sby pas SMA, bus kita hampir tak bisa kembali ke Bali karena terhadang di pelabuhan feri tersebut. Dengar2, kami harus membayar sekian rupiah kepada orang tak dikenal untuk menyeberang ke bali (lha wong para siswanya tinggal di bus, yang ngurus ya guru2. Jadi kami hanya bisa melihat dari bus). Entah apa yang dilakukan guru2 kami tsb sampai kami bisa melanjutkan perjalanan itu. Sampai guru yang paling sangar pun ikut turun tangan negosiasi loh. Fyuh...

    Anyway! Selamat ya. Adikmu yang paling kiri itu ya? Ga mirip...wkwkwk
    Padang Bai = Sarang preman! Ya dimirip-miripin kan bisa Ka :)
  • ADIPATI KADEMANGAN
    avatar 1145
    ADIPATI KADEMANGAN #Selasa, 11 Ags 2009, 11:54 WIB
    Sekarang dirimu sudah menjadi orang sukses nak, dhuwitmu glondongan, dadi turis plesir bali - lombok gak pake nawar harga. tetep bahagiakan orang tuamu, semoga amalmu dicatat sebagai amal yang baik disisi ... (halah)
    Sukses piye? saya cuma dapet ksempatan buat kesana aja mbah. Dimanfaatkanlah kesempatan selagi masih kuat melangkah kesana-kemari.
  • IRWAN
    avatar 1146
    IRWAN #Selasa, 11 Ags 2009, 12:15 WIB
    Salut Wis.
    Manfaatkan waktu sebanyak2nya dengan keluarga ...
    Jelajah dunia seluas2-nya...
    Sebelum dunia memasuki th 2012 hehe

    http://www.youtube.com/watch?vU-IxkwLx-6c
    2012 dunia bakal the end toh? apa iya?
  • NUR
    avatar 1147
    NUR #Selasa, 11 Ags 2009, 12:27 WIB
    Woo...liburan ke lombok! aku belum pernah menjejakkan kaki di luar pulau jawa T-T

    Yah, cukuplah memuaskan diri berlibur bersama keluarga di sekitar Malang saja :P

    Pertanyaan: emang perhatian "ekstra" macam apa sih? Ga ada penjelasan/dibiarin nggantung gitu...[penasaran] @_@
    kalau buat wanita itu kan Please, handle with care iya toh?
  • VINNA
    avatar 1149
    VINNA #Selasa, 11 Ags 2009, 17:12 WIB
    oh.. jd ini toh negeri antah berantah di samudra hindia..
    Di Samudera Hindia mbak, bukan di Laut Cina Selatan, :)
  • MATHCOCOON
    avatar 1153
    MATHCOCOON #Selasa, 11 Ags 2009, 17:54 WIB
    WuiH.. Enaknya jalan2 ke lombok.
    Oia, jangan cuma pulau lombok aja dunk yg dikunjungi sekali-kali ke pulau Nunukan hehe...
    ooo...ke tempatmu berdinas ya Jok? kapan-kapan ya kalau saya udah mengantongi uang 3 juta yg bisa dipakai buat hura-hura, hehehe
  • TIA
    avatar 1151
    TIA #Selasa, 11 Ags 2009, 19:30 WIB
    mas wijna kok nggak ada foto pantai senggiginya?
    belum yah?
    foto sampah balinya juga gak ada, kan aku penasaran
    pengen liat sampah yang kamu maksud itu :p
    Saya ndak ke pantai Senggigi kok, tapi saya ke pantai yang lain. Ngapain sampah difoto? Mending dikasih ke kamu aja langsung.
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 1152
    SAMSUL ARIFIN #Selasa, 11 Ags 2009, 19:50 WIB
    kok ada link ke tulisan inkonsistensi lagi. duh, si wisna ini mau cari gara2 lagi nih. :P
    padahal kan sebenarnya udah kelihatan banget siapa yang melakukan perbuatan inkonsistensi waktu itu.
    Inkonsistensimu itu masih hangat melekat di benak saya ketika mendengar kata Bali...he3
  • VINNA
    avatar 1156
    VINNA #Rabu, 12 Ags 2009, 06:52 WIB
    hmmm.. siapa ya yg blg lg di tengah2 laut cina selatan.. kyanya aku kenal.. :P
    emang saya bilang gituh :p
  • OMIYAN
    avatar 1159
    OMIYAN #Rabu, 12 Ags 2009, 14:44 WIB
    nah ntu ditotal total habis berapa mas, mau jgua atuh saya kesana..
    Hmmm...kira-kira 2 juta bisa mas buat satu orang, atau 3 juta buat dua orang.
  • AKU ITU YG PLG KIRI
    avatar 1160
    AKU ITU YG PLG KIRI #Rabu, 12 Ags 2009, 15:00 WIB
    hehehehehehehehehe, sunny-ku ikut kepoto jg.. eh2 si ibu mau liat hasil foto2nya tuh.. tp gmn caranya ya, kan foto2nya di kameramu yg gede ntu smuanya. hmm...

    itu foto kita berempat yg di pantai kok cm jd kecil gt bwt background lombok vaganza-nya! mau liat dong versi gedenya! liat, liat, liat, LIAT.

    fotomu gede2 jg ya mb nya lama attach di email, udah di-rar jg..
    Foto-fotonya belum aku edit semua Wul, ntar klo dah rapi tak kirim via pos wis. Kenapa kalian berdua dengan nama sama selalu pakai nama samaran ya?
  • FIAHZHAPHIRA
    avatar 1161
    FIAHZHAPHIRA #Rabu, 12 Ags 2009, 18:29 WIB
    mengapa di foto yang paling atas mas wisna kelihatnnya kalem yooo???
    saya kalem? bercanda kamu :p
  • TITIS_P
    avatar 1289
    TITIS_P #Selasa, 1 Sep 2009, 20:51 WIB
    emang rawan! apalagi kalo malem...
    makanya, setiap kli aq plg, klo bisnya lg nunggu kapal di padang bai, aq lbih milih diem di bis aja...
    biar lebih aman...hehe...

    hoo....itu adek mu to maw...
    beda banget ma kamu!!!
    Oooo...dirimu pulang naek bis toh, kupikir dipaketkan lewat kantor pos gituh. Duh adek kecil! Emang beda banget ya mukaku sama mukanya?
  • ZEE
    avatar 1621
    ZEE #Minggu, 25 Okt 2009, 10:54 WIB
    Pergi dengan perempuan memang tidak bisa ringkes ya hehehee...

    Nice report, saya jadi tahu berapa biaya charter mobil nanti klo mo liburan. :)
    Memang Bu, harus ada yang lebih diperhatikan :D
  • WARM
    avatar 1699
    WARM #Jum'at, 6 Nov 2009, 12:50 WIB
    Makin jauh perjalanannya. Keren, mas
    Saya jadi pnasaran, blom pernah ke Lombok ini..
    Eh, sayang lomba kmaren belum beruntung ya
    Ke Lombok juga baru sekali ini mas, cuma sebentar pula. Emang kemaren itu belum rejekinya dapet BlekBeri kali, hehehe.
  • KAKILANGIT
    avatar 1925
    KAKILANGIT #Selasa, 15 Des 2009, 13:45 WIB
    yah, itu sih liburan orang kaya :p hehehe

    padangbai aman, dari ubung ga sampai 50rb, nyebrang ke lembar 35rb kalo beruntung dpt ferry ac :D
    di senggigi per kamar dari 50rb/malam, biasanya bareng bule lonely planet, ke bangsal naik angkot10rb, nyebrang ke gili 10rb
    Nah itu dia, kapan-kapan saya kesana lagi dengan status backpacker ah.
  • ANNOSMILE
    avatar 2666
    ANNOSMILE #Jum'at, 7 Mei 2010, 18:14 WIB
    tarif pesawat dari bali -lombok kok hampir sama dengn tarif jakarta-bali ya bro..
    padahal jaraknya deket
    Masalahnya pesawatnya kecil dan jarang ada penerbangan ke Lombok via Bali.
  • ANDA
    avatar 3039
    ANDA #Selasa, 27 Jul 2010, 11:20 WIB
    kenapa hanya gili trawangan yang di kunjungi?
    maseh banyak walayah2 pantai selatan dan utara yang banyak giatan wisatanya
    sabar to Kang, itu duwid dan waktunya mepet, ntar kalau ada kesempatan ya main-main ke Gili yang lain lagi.
  • NICO
    avatar 3294
    NICO #Selasa, 21 Sep 2010, 10:28 WIB
    lo emang klo bw mobil dr padang bay k lombok tarif nya brp?
    Wah berapa ya? Kurang paham, soalnya waktu itu ndak nyebrang bawa mobil sih.
  • HAFID JUNAIDI
    avatar 3610
    HAFID JUNAIDI #Minggu, 23 Jan 2011, 11:41 WIB
    wah senangnya bisa jalan-jalan ke lombok, apalagi sekarang lomboh harganya mahal (ga nyambunbg ya, he6)
    wealah >.<
  • RITA
    avatar 4113
    RITA #Jum'at, 12 Ags 2011, 10:07 WIB
    wwaaaaahhhh asyik pisan,, :)
    berniat ke Lombok juga mbak?
  • RAMLI LOMBOK
    avatar 10581
    RAMLI LOMBOK #Kamis, 26 Jan 2017, 12:49 WIB
    Blognya kece. Jalan2nya oke.
    Ayo yg mau ke Lombok, kami bantu siapin program tournya.
    kontak sy via WA 62-878-6000-1036
    Aku tunggu di Lombok
    wokey siyap!