Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 11 Juli 2009, 09:38 WIB

Di Kota Bandung ini aku blusukan sampai ke Kampus Universitas Padjajaran (Unpad). Buat Pembaca yang belum tahu, kampus Unpad itu ada dua. Kampus Unpad pertama ada di Kota Bandung dan kampus keduanya di Kabupaten Jatinangor, Jawa Barat. Kampus Unpad di Bandung ini adalah awal-mula Kampus Unpad pertama dan menjadi rumah dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum.

 

Nggak jauh dari Kampus Unpad di Bandung itu ada jalan yang bernama Jl. Dipati Ukur. Jalan ini ibarat jalan yang menjadi denyut kehidupan mahasiswa Unpad. Di sepanjang Jl. Dipati Ukur ini ada warung makan, warung fotokopi, warnet, minimarket, dan lain sebagainya.

 

Nah, di trotoar jalan itu ada yang menarik perhatianku, Kentang Arab.

 

Wujud Kentang Arab Asal Bandung

Kentang Arab khas Bandung di Jl. Dipati Ukur yang crispy dan alot
Ini Kentang Arab yang crispy dan alot saudara-saudara!

Kentang Arab ini jajanan unik, karena aku nggak pernah nemu makanan seperti ini di kota lain (Jogja misalnya) dan di ruas-ruas jalan lain di Bandung. Nggak seperti jajanan cilok (aci dicolok) yang sudah banyak bermigrasi dari Jawa Barat (di Solo saja ada cilok bok!).

 

Kentang Arab ini dijual per porsi seharga Rp5.000. Kalau dilihat dari bentuknya, jajanan Kentang Arab ini adalah kentang #ya.iyalah yang diiris kecil, digoreng tepung, dan diberi serbuk bumbu. Pilihan serbuk bumbunya macam-macam, ada keju, barbeque, rendang, dll. Kalau pernah liat ayam goreng tepung kaki lima, ya seperti itulah bentuk kentang Arab. Tapi yang digoreng ya kentang, bukan ayam.

 

Alasan dan Bantahan Asal-Usul Nama Kentang Arab

Soal rasa, itu bukan pertanyaan untuk jajanan kaki lima ini. Tapi pertanyaannya adalah kenapa namanya Kentang Arab?

 

Berhubung otakku terbatas dalam menganalisa pertanyaan nggak penting seperti itu, aku cuma bisa menemukan 3 poin yang mungkin bisa dijadikan alasan.

 

  1. Karena kentangnya asalnya dari Arab!
    [Bantahan] Menurut ilmu pertanianku yang masih minim ini, kentang (setahuku) hanya bisa tumbuh di daerah yang hawanya sejuuuk. Jadi, nggak mungkin kalau kentang bisa tumbuh di daerah panassss Jazirah Arab sana.
  2. Karena penduduk Arab doyan makanan ini!
    [Bantahan] Aku belum pernah tanya ke mas-mas atau mbak-mbak TKI apakah majikan mereka pernah menyuruh menggoreng kentang pakai tepung. Kalau majikan mereka menyuruh menggoreng kurma pakai tepung itu aku baru percaya.
  3. Penjual Kentang Arab khas Bandung itu ibu tua pakai seragam batik Sekolah Al-Azhar
    Penjualnya ibu tua pakai seragam batik Sekolah Al-Azhar!
    Ada sangkut-pautnya dengan Kampus Unpad!
    [Ambigu] Mungkin dulu pernah ada orang Arab yang jadi mahasiswa Unpad. Karena suatu saat dia kelaparan dan nggak ada uang untuk beli ayam goreng tepung, alhasil dia goreng kentang pakai tepung. Setelah dicoba, ternyata rasanya enak dan simsalabim jadilah jajanan baru khas Bandung! Tapi yang jual Kentang Arab itu ibu-ibu Sunda dan pastinya bukan orang Arab.

 

 

Aku bingung nih Pembaca sekalian. Mungkin ada Pembaca yang bisa bantu aku cari jawab, kenapa namanya Kentang Arab?

 

Matur Nuwun!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • FAIRUZDARIN
    avatar 925
    FAIRUZDARIN #Sabtu, 11 Jul 2009, 21:26 WIB
    Nanya ke mbah google, ga dijawab. Nanya ke orang, ga ada yang tahu. Emang pertanyaan yang sulit nih, Wis.. :(

    Mungkin karena penjualnya punya tujuan jual makanan ini supaya bisa pergi ke arab (umroh atau naik haji).. Atau setelah bisa pergi ke arab, sekalian deh jualan ni kentang di sono.
    terima kasih Ren buat jawabannya, dan saya rasa eeh...kenapa nggak dinamakan Kentang Mekkah atau Madinah aja?
  • VINNA
    avatar 930
    VINNA #Senin, 13 Jul 2009, 12:00 WIB
    alasan yg nomer 3 itu koq ngasal bgt c, dek.. hehe..
    emang sepertinya memaksa ya mbak, :)
  • NUR
    avatar 934
    NUR #Senin, 13 Jul 2009, 13:48 WIB
    Lho? kamu ga tau wis?!

    Kentang itu kan dibikin untuk mengenang masa lalu ibu dengan seorang pemuda Arab tampan...duluuu...pas ibu masih muda dulu... Waktu itu, perasaan cinta itu terasa krepes2 gimanaaa gitu... Laki-laki itu begitu senang makan kentang, karena katanya makanan ini ga ada di kampungnya... (weleh, ni setting cerita tahun berapa?!)

    [Ampun bu... becanda aja ini...] -_-v

    [tiba2 jadi takut kualat..:P]
    Saya doain semoga impian Nur dapet gebetan orang Arab cepet kesampaian deh. Hehehehe
  • ADIPATI KADEMANGAN
    avatar 936
    ADIPATI KADEMANGAN #Senin, 13 Jul 2009, 16:09 WIB
    mungkin karena kulakan kentangnya dari orang arab, padahal orang arab itu adalah pengepul kentang dari desa-desa disekitar itu. Yang penting njawab pertanyaan kan ?
    Setau saya yang ngepul kentang itu orang Jawa mas, tapi ndak tau apa blasteran Arab juga, yang penting pertanyaan dijawab kan :D
  • EKA SITUMORANG - SIR
    avatar 938
    EKA SITUMORANG - SIR #Senin, 13 Jul 2009, 17:12 WIB
    Ooooh itu gue yg nyruh
    buat brand gitu :D
    Oooh, apa nama Kentang Eka atau Kentang Situmorang udah ada yang pakai mbak? :)
  • FROZZY
    avatar 942
    FROZZY #Selasa, 14 Jul 2009, 16:08 WIB
    cin....gue juga termasuk yang gentayangan selama 5 tahun di kampus ituh....btw, bukan jalan Adipati Ukur, cin...tapi Dipati Ukur. baru tau gue kalo ada jajanan sarupaning kitu di unpad teh. Jajanan gue dulu adalah lumpia basah yang endang markonah itu. Masih ada ngga yah ? OOT deh gue
    wah, siapa sih yg ngasih ekstra huruf A di plang jalan? hehehe. Trims ya buat koreksinya teh Rahmi. Lumpia basah masih eksis kok teh, tapi setau saya adanya pagi. Saya beli itu Kentang pas sore.
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 951
    SAMSUL ARIFIN #Kamis, 16 Jul 2009, 05:50 WIB
    Lha ini kamu buru-buru ga wis? Kalau ga, nanti aku tanyakan sama orang yang lebih kompeten di sini.
    Memang ada ya orang yang lebih kompeten? Aku nggak buru-buru kok Pin? Coba kenalkan orangnya padaku, :)
  • ZAM
    avatar 979
    ZAM #Sabtu, 18 Jul 2009, 14:16 WIB
    kenapa gak nanya ke penjualnya? aku sering dapat cerita toponomi makanan dari si penjualnya langsung. :p

    aku juga memperkirakan jawaban nomer 3. mungkin dulunya yg jual itu orang arab. yah, macam sate domba afrika gitu deh.. hehehe..

    eh iya, nama makanan suatu daerah, biasanya menjadi populer dan menjadi "trade mark" bila makanan itu "keluar" dari daerahnya.

    contoh: sate madura. di madura sendiri ndak dikenal, adanya sate ayam. juga bakmi jogja. di jogja malah ndak ada dan adanya bakmi jawa. ayo, coba cari contoh yang lain. hihih..

    bisa jadi juga, di "Arab" sana, kentang beginian dijual di sana dengan nama yg berbeda. :p

    btw, Arab ini bisa berarti luas loh. Iraq/Iran mengenal kentang dalam tradisi kuliner mereka. tentunya, kentang ndak harus ditanam di padang pasir, kan? :p
    hooo, wacana baru kalau ternyata Arab itu luas. Itu saya mau ngomong duluan ke Ibunya udah segan, maklum bahasanya Sunda, ndak mudeng sayah!
  • NENG...KU...
    avatar 1020
    NENG...KU... #Kamis, 23 Jul 2009, 20:42 WIB
    slam knal!!!
    numpang komen ya...

    kayaknya cuman pengen menarik perhatian pembeli sja...

    kalo namanya "kentang indonesia" kan wajar...di Indonesia banyak kentang...

    coba kalo "kentang arab", orang2 pd mikir..emang di arab da kentang??? perasaan yang ada cuman korma ma onta doang..!!!
    walhasil, org2 pd tertarik nyobain kan???

    hehe...apa coba!!
    Hohoho pemikiran yang bagus. Kalau ntar "Kentang Malaysia" bisa-bisa dimusuhin, dan kalau "Kentang Amerika" bisa-bisa ntar dibom. Siapa tau di Arab juga ada kentang, seperti katanya mas Zam, klo wilayah Arab itu luas.
  • TIZ_P
    avatar 1346
    TIZ_P #Senin, 7 Sep 2009, 12:40 WIB
    hahaha...
    baru baca aq artikel yg ini...
    benar2 alasan yg mengada-ada...ngaco smua...
    darimana kah kau dpt pemikiran sprti itu...

    knp gak di tny lgsung aja se ma penjual nya....
    drpd bngung2 gt,..kalo mslh roaming ma bahasany, ajak aj tmn yg ngert bhs sunda....gt aja kok repot....
    Kan dah kutulis kalau alasan-alasan itu akibat daya pikirku yang serba terbatas :D
  • RY
    avatar 2016
    RY #Senin, 4 Jan 2010, 18:31 WIB
    Ikutan nimbrung ahh....

    Sebagai warga kota Bdg dan bagian dari kampus yg tersebut di atas, saya berasumsi (sok serius):
    Dinamakan Kentang Arab karna porsinya yg besar dan gemuk, setipe dengan org dari Jazirah Arab yg memang terlihat besar-besar (badannya).....

    Itu kaleee ya :P
    gemuk??? kok dulu saya dikasih bagian yang kurus-kurus ya? kayak yg ada di foto ituh.
  • BENG
    avatar 2253
    BENG #Kamis, 18 Feb 2010, 22:13 WIB
    nii... makanya di bilang kentang Arab.
    kan awalnya si kentang di iris tipis"" di lapisi tepung maka jadi gede", karena gede jadi wee identik ma orang Arab yg identik gede. ini juga kata yang ngejualnya.... jadi si penjual ngasih ama Kentang Arab.
    bentar-bentar saya cari dulu orang Arab yang ceking kerempeng :D
  • AYUCANTIK,,,,
    avatar 3011
    AYUCANTIK,,,, #Jum'at, 23 Jul 2010, 15:22 WIB
    cowoku arab,,,ehheeheeee,,, ;))
    oooo udah bukan Mas S itu lagi po? :p
  • MASHARI
    avatar 3415
    MASHARI #Senin, 25 Okt 2010, 11:29 WIB
    Dinamai kentang Arab ni mungkin berkait dengan tradisi orang kita yang suka kasih nama [email protected] biar asik artinya menggelitik sensasi naluri. Coba ingat lagi, ada khan makanan yang namanya "Kokam" alias "punyanya kambing". Nah ini kentang Arab sebab bentuknya besar n "njribet-njribet" gitu. Hehehe...
    Hahaha, bisa jadi ya :D
  • BEB
    avatar 3981
    BEB #Minggu, 26 Jun 2011, 17:34 WIB
    selain di doapti ukur, ada dimana lg ya?
    saya coba tanya orang bandung dulu ya Kang >.<
  • TIAA
    avatar 4776
    TIAA #Selasa, 28 Ags 2012, 17:06 WIB
    aq dah nyoba enakkkkk.... di magelang ada tepatnya di lapangan RIN dagang kalo hari
    minggu doank...
    hah di Magelang ada? lapangan RIN itu di mana ya?
  • AMANDA
    avatar 5292
    AMANDA #Jum'at, 17 Mei 2013, 10:49 WIB
    minta resep nya donk.............
    waduh, tanya ke Ibu penjualnya dulu yaa
  • RIZQ
    avatar 6199
    RIZQ #Kamis, 19 Jun 2014, 13:34 WIB
    Mmm...bisa mnta resep cara buanya gak ya???
    waduh... resepnya aku nggak punya e. Tanya ke Ibu penjualnya aja gimana?
  • PUTRI
    avatar 6707
    PUTRI #Minggu, 16 Nov 2014, 21:52 WIB
    Ad yg tau nama penjualan kentang arab yg d rin
    tiap hri minggu itu gk??
    wah kurang tau saya mbak
  • HANIFAH
    avatar 7856
    HANIFAH #Kamis, 25 Jun 2015, 15:59 WIB
    Maaf mw jwb pertanyaan siapa tw masih penasaran knpa dinamain kentang arab,hehe

    Setau saya kentang arab itu singkatan dr kentang Aneka RAsa Baru
    Haaah? Jadi itu Arab itu ada kepanjangannya? Beneran ini.. ?
  • ISKRI
    avatar 9632
    ISKRI #Sabtu, 30 Apr 2016, 13:32 WIB
    Pernah baca artikel tentang kentang arab kapan hari di google, ceritanya waktu beli kentang arab, si pemilik artikel tanya pada penjual, kenapa kentang tepung itu dinamai kentang arab, kata si penjual karena gede, orang arab kan lebih gede dari orang indonesia (badannya).
    Maka dari itu dinamakan kentang arab, karena ukurannya lebih gede daripada kentang goreng biasa. Katanya seperti itu. Cuman utk sumbernya lupa lah yaa, namanya juga pas iseng2 cari jajanan baru di google, Hehe.
  • DUODUOL
    avatar 10923
    DUODUOL #Kamis, 6 Jul 2017, 17:25 WIB
    Paling hanya ngasih nama aja Mas.
    Iya sih, paling ya hanya ngasih nama aja, hahaha :D