Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 6 Juli 2009, 09:20 WIB

Ibu cerita, di dekat rumah Eyang di Solo itu ada warung soto yang jadi kesukaan almarhum Eyang Kakung. Nama warung sotonya itu Soto Gading. Diberi nama sepertu itu karena letak warungnya itu ada di dekat Plengkung Gading, gerbang Alun-Alun Selatan Keraton Surakarta. Pas zaman Ibu masih belia, beliau sering diajak sarapan di situ sama Eyang Kakung.

 

Harga Seporsi Soto Gading pada Juni 2009
Cukuplah porsinya untuk sarapan pagi.

Harga Camilan Pendamping Soto Gading pada Juni 2009
Mau nambah cemilan? Angkat aja tutupnya.

Suasana pengunjung di warung Soto Gading pada Juni 2009
Suasana warung yang udah ramai di pagi hari.

Kebetulan, pas aku singgah di Kota Solo di hari Rabu (24/6/2009) bareng Ibu, kami sempat sarapan nostalgia di warung Soto Gading itu. Kami tiba di lokasi sekitar pukul setengah delapan pagi. Suasana di sana sudah rame banget. Sepertinya mayoritas pengunjungnya orang-orang yang habis olahraga di alun-alun kidul. Habis olahraga terus sarapan soto di sana deh.

 

Kami pun memilih duduk di deretan bangku luar yang dekat dengan tempat meracik soto. Apa yang kami pesan ya nasi soto biasa dan teh panas. Penasaran juga aku, apa sih yang membuat Soto Gading ini begitu populer bahkan di zaman sebelum diriku lahir?

 

Kalau diperhatikan komposisi soto ini tergolong biasa saja. Dalam semangkuk soto ada nasi, suwiran ayam, soun, daun seledri, dan bawang goreng. Hanya mungkin kuahnya yang bikin beda. Kuahnya bening, nggak pekat seperti soto pada umumnya. Jadi, rasanya nggak terlalu nendang, tapi justru segar.

 

Untuk mendampingi soto, di meja tersedia berbagai camilan yang tentu kalau berminat harus membayar. Sayang harga camilannya lumayan mahal. Sebagai contoh, harga sepotong tahu/tempe goreng itu Rp1.000, perkedel Rp2.000, dan uritan Rp7.000.

 

Sebenarnya di warung soto ini juga menyediakan soto daging sapi. Tapi soto daging sapinya harus ngambil dulu di warung cabang.

 

Saran dariku, kalau mau mengicip soto ini jangan terlampau siang karena biasanya sotonya sudah habis menjelang siang. Harga yang mesti ditebus juga nggak terlalu mahal kok.

 

Nasi Soto Ayam Biasa Rp5.000
Nasi Soto Ayam Biasa Pisah Rp8.000
Nasi Soto Ayam Biasa 1/2 Porsi Rp3.000
Teh Panas Rp2.000

 

Pembaca juga punya kenangan di Soto Gading?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 881
    SAMSUL ARIFIN #Senin, 6 Jul 2009, 11:18 WIB
    si wisna ini, kerjaannya makan terus, tapi kok ga gemuk2 yah?
    itu bakatku kayak gitu Pin
  • TIA
    avatar 884
    TIA #Senin, 6 Jul 2009, 13:15 WIB
    pengen deh sotonya..
    mas wisna, aku lagi sedih nih, hiks T_T
    kapan2 jalan2 lagi ya, tapi mas wisna beliin soto, hehehe..
    Waaah, sedih kenapa? Jalan-jalan kemana ya yang ada sotonya? hmmm,,,,
  • NUR
    avatar 889
    NUR #Senin, 6 Jul 2009, 13:26 WIB
    Kriuk...kriuk... (perut bunyi kelaparan)

    @ipin: kan ada tuh DNA kurus pin... mungkin wisna kaya gitu. Hehehe... peace ah... ^-^v
    Wah masak diriku dibilang pembawa DNA kurus :p

    Wong gendut gini , hehehe
  • ADIPATI KADEMANGAN
    avatar 891
    ADIPATI KADEMANGAN #Senin, 6 Jul 2009, 17:51 WIB
    Pecinta kuliner sangat teliti terhadap kuah soto. Kali ini memang soto Daging memang bening kuahnya, cocok bagi mereka yang suka kesegaran
    koyok jangan bayem seger iku boso jowone opo toh mas?
    soto Daging opo soto Gading, speed reading, speed typing
    Sayur bayem itu ya bahasa Jawanya apa yah? Kok aku jadi malah kepingin makan sayur bayam???
  • ZEE
    avatar 905
    ZEE #Kamis, 9 Jul 2009, 07:54 WIB
    Hueh.
    Sarapan pagi soto 8rb itu termasuk murah lho mas. Klo di Jkt ini soto seharga 10rb isinya tuh lebih banyak toge aja drpd dagingnya.
    wah soto pakai toge doang harganya 10rb? Bersyukur deh saya masih hidup di Jogja :)
  • EKA SITUMORANG - SIR
    avatar 937
    EKA SITUMORANG - SIR #Senin, 13 Jul 2009, 17:05 WIB
    Tepat banget !
    Baca ini pas sore2 udh kelaparan.
    Beuuuh
    manggil tukang soto aaaaah :)
    Di Jakarta yang keliling itu Soto Betawi kan? Mahal pula, cckckck...
  • FROZZY
    avatar 943
    FROZZY #Selasa, 14 Jul 2009, 16:12 WIB
    mendadak lapar...secara gue doyan banget soto2an. btw, di daerah kalibata juga ada kedai soto memakai nama soto gading. hmh....cabangnya bukan yah ? tapi yang di solo kok jauh lebih murah yah ?? ya iyalah....
    Setau saya sih Soto Gading ndak buka cabang di luar kota SOlo. Atau mungkin itu soto yang mau ikut-ikut tenar nama soto Gading? Ongkos kirim soto dari Solo ke Jakarta mahal kali, makanya harganya naik, hehehe.
  • ANDI NUGROHO
    avatar 8379
    ANDI NUGROHO #Senin, 5 Okt 2015, 11:36 WIB
    wihh kayaknya enak nih , apalagi harganya yang miring , boleh nih sekali kali cicip ahhh :P