Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 28 Juni 2009, 07:42 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Aku mau tanya ke Pembaca sekalian, apa kecele dengan artikel candi sebelum ini? Yang tentang "Candi" Donotirto yang merangkap sebagai wc umum itu lho?

 

Kalau jawabannya iya, semoga artikel ini bisa mengobati rasa kecewanya Pembaca. Kalaupun enggak, ya... nikmati sajalah ya laporan petualanganku ke Candi Selogriyo bareng Andreas, Mas Ipuk, dan Agatha di Minggu (21/6/2009) yang cerah itu.

 

Eh, ini artikel tentang candi betulan lho ya! Maksudnya aku, ini candinya asli, dibangun sama eyang-eyang kita di zaman dulu. Bukan dibangun untuk jadi wc umum. #eh

 

Candi Terpencil di Magelang

Sesuai namanya, Candi Selogriyo ini letaknya di Dusun Selogriyo, Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Aku cuma bisa bilang kalau Candi Selogriyo letaknya jauh banget dari Kota Jogja. Tapi, walaupun jauh tetap masih bisa dicapai kok. Lha wong empat manusia ini kan sudah ke sana, hehehe.

 

Berikut adalah panduan rute menuju ke Candi Selogriyo dari Kota Jogja. Buat Pembaca yang penasaran, harap disimak baik-baik ya!

 

  1. Dari Kota Jogja ikuti saja Jl. Raya Jogja – Magelang hingga sampai di Kota Magelang, Jawa Tengah. Itu jaraknya sekitar 40 km dan memakan waktu kurang-lebih 1,5 jam naik motor.
  2. Dari Kota Magelang ke Kecamatan Windusari sebenernya ada 2 cara. Pertama, cara yang paling mudah dan cepat adalah lewat Kecamatan Bandongan. Untuk cara ini Pembaca ikuti saja jalan di Kota Magelang yang mengarah ke Bandongan. Di Bandongan sendiri nanti ada pertigaan dengan penunjuk arah ke Windusari.
  3. Sedangkan cara kedua, adalah rute yang paling jauh. Tapi sisi plus-nya pemandangan di sepanjang jalan itu baguuus banget (Subhanallah)! Caranya dari Kota Magelang ikuti saja jalan besar arah Semarang sampai tiba di Kecamatan Secang. Nanti ada pertigaan ke arah obyek wisata Kalibening. Belok di pertigaan itu deh.
  4. Kalau mengikuti rute kedua ini, Pembaca bakal melewati Desa Payaman. Di sana penduduknya bermata-pencaharian sebagai pengumpul batu-batu kali. Cocok dibuat obyek foto. Apalagi sepanjang perjalanan kanan-kiri jalan penuh dengan hamparan sawah. Waaah!
  5. Singkat cerita, sampailah Pembaca di Dusun Selogriyo (bisa tanya ke warga untuk lokasinya). Nah, dari Dusun Selogriyo menuju Candi Selogriyo harus menyusuri jalan tanah SEMPIT sejauh 2 km. Motor sih bisa lewat. Tapi, kalau simpangan wah... repot! Uniknya, pinggir jalan tanah itu jurang yang elok dengan hamparan pemandangan sawah hijau. Nyammm!
  6. Untuk pengunjung yang naik mobil ke Candi Selogriyo, mobilnya bisa diparkir di sisi jalan besar sebelum masuk ke Dusun Selogriyo. Kemudian jalan kaki lewat jalan tanah ini.

 

Foto sungai payaman di Candi Selogriyo, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2009
Sungai di dusun Payaman yang menarik untuk obyek foto.

 

Foto perbukitan Sawah di Candi Selogriyo, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2009

Foto jurang sawah di Candi Selogriyo, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2009
Pemandangan persawahan di jalan setapak menuju Candi Selogriyo. Subhanallah!

 

Foto jalan setapak sempit menuju Candi Selogriyo, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2009
Jalan tanah yang SEMPIT! Di pinggirnya jurang! Tapi pemandangannya indah.

 

Langitnya Cerah!

Pas kami ekspedisi itu, langit Magelang CERAH BANGET! Dari kecamatan Muntilan terlihat 3 gunung; Merapi, Merbabu dan Sindoro. Wah, kalau begini harusnya ke Ketep Pass deh. Sewaktu menuju Dusun Selogriyo, kami disuguhi pemandangan Gunung Sindoro yang seakan-akan bisa dipegang tangan. Mantap! Jadi heran dan terkagum-kagum bahwa, ini masih di Indonesia!

Candi dan Arca Tanpa Kepala

Untuk masuk ke kompleks Candi Selogriyo, pengunjung ditarik biaya retribusi Rp500. Gilak! Murah banget nggak sih?

 

Di dekat gerbang masuk, ada tempat pembuatan arang. Kalau Pembaca penasaran dengan caranya bikin arang, bisa lihat-lihat di sana. Selain itu juga ada pembangkit listrik dari kincir kayu lho! Unik ya.

 

Foto gerbang masuk di Candi Selogriyo, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2009
Habis dari gerbang ini masih naik tangga lagi.

 

Foto kincir kayu pembangkit listrik tradisional di Candi Selogriyo, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2009
Kincir kayu ini digunakan sebagai pembangkit listrik.

 

Nah, Untuk sampai ke Candi Selogriyo, dari gerbang masuk ini masih harus mendaki anak tangga ke puncak bukit. Capek? Iya. Tapi kalau ingat pemandangannya, capeknya hilang deh.

 

Candi Selogriyo adalah candi dengan latar belakang agama Hindu. Candi Selogriyo saat ini hanya memiliki satu bangunan candi induk dengan pintu masuk menghadap ke arah timur. Jadi, kalau Pembaca mau motret bagus di Candi Selogriyo datanglah saat sore ya!

 

Foto tampak muka Candi Selogriyo, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2009
Tampak muka Candi Selogriyo.

 

Candi Selogriyo diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi. Kalau dibandingkan dengan candi-candi di wilayah Magelang yang pernah kami kunjungi, kondisi Candi Selogriyo ini memuaskan karena wujudnya terbilang utuh.

 

Foto arca tanpa kepala di Candi Selogriyo tahun 2009
Arcanya masih ada semua! Walau mereka pasti teriak, Kembalikan kepalakuuuu!

 

Foto batu-batu candi di sekitar Candi Selogriyo, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2009

Foto alat ibadah di sekitar Candi Selogriyo, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2009

Foto tampak muka Candi Selogriyo, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2009
Batu-batu purbakala lain yang ditemukan di sekitar kawasan Candi Selogriyo.

 

Candi Selogriyo pernah terkena longsoran tanah di tahun 1998. Itu karena letaknya yang dikelilingi lereng-lereng bukit. Untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali, Candi Selogriyo pun dipindah posisinya. Proses pemindahan dan rekonstruksi ulang Candi Selogriyo selesai pada tahun 2005.

 

Foto orang pacaran mesum di Candi Selogriyo, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2009
Awas kualat kalau dilanggar.

 

Suasana di Candi Selogriyo ini bagaikan kombinasi suasana di Candi Sambisari dan Candi Gebang. Ada banyak tempat teduh untuk beristirahat (apalagi buat pacaran ). Suasana pun bertambah syahdu dengan alunan gemericik air sungai yang berada nggak jauh dari candi. Khusus untuk fotografi, menurutku Candi Selogriyo ini adalah candi yang punya banyak spot fotografi yang bagus-bagus. Di urutan kedua setelah Candi Plaosan tentunya.

 

Foto gazebo di Candi Selogriyo, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2009
Kalau kepanasan silakan ngadem di sini.

 

Foto anak bermain di Candi Selogriyo, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2009
Hih! Ini bocah-bocah desa lucu pada mainan di sekitar Candi Selogriyo.

 

Selain ukurannya yang "minim", hehehe , Candi Selogriyo ini juga minim informasi. Di lokasi nggak ada papan informasi yang bisa dibaca pengunjung. Sampai-sampai aku harus mengandalkan bermacam referensi dari internet untuk menulis artikel ini.

 

Oh iya, karena keasyikan motret, aku jadi lupa buat wawancara sama Pak Juru Kunci! duh!

 

Tapi kalau melihat dari lokasi Candi Selogriyo yang terpencil, sepertinya candi ini kurang mampu menarik pengunjung umum untuk berkunjung kemari. Hanya orang-orang tertentu saja yang doyan petualangan macamnya kami ini yang berkenan repot-repot datang kemari.

 

Benar juga kata Andreas kalau Candi Selogriyo ini adalah petualangan candi terekstrim, mengalahkan petualangan ke Candi Risan, karena candi ini jauh, jalannya sempit, harus naik bukit, dan yang paling utama pemandangannya indah!

 

Jadi kapan Pembaca mau berkunjung ke Candi Selogriyo ya?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • GANDI WIBOWO
    avatar 818
    GANDI WIBOWO #Minggu, 28 Jun 2009, 08:02 WIB
    Saya gak kecele sama artikel kemaren kok mas..

    Indonesia emang gak kalah sama negara laen kalo masalah alam, malah lebih bagus.. tapi perawatan, pengharagaan sama perhatian terhadap alam yg kalah jauh mas..
    Oooh, saya kira mas Gandi kecele gara-gara di artikel itu ndak ada foto ceweknya, he3. Saya setuju kalau bangsa kita harus lebih memperhatikan alam!
  • VICKY
    avatar 819
    VICKY #Minggu, 28 Jun 2009, 08:13 WIB
    Hanya orang yang betul-betul tergila-gila kepada candi yang mau masuk ke situ..
    Jadi maksud mbak saya tergila-gila candi gituh? emang iya sih, he3. Tapi pemandangan disana bagus banget lho mbak dokter.
  • ANDREAS
    avatar 822
    ANDREAS #Minggu, 28 Jun 2009, 11:57 WIB
    Buat rekan2 yang blom pernah melihat kelima arca pada candi utama hindu,candi ini bisa sedikit mengobati.. karena setahu saya hanya candi prambanan dan candi ijo yang juga masih lengkap..
    Rekan-rekan? Bahasamu kok tingkat tinggi tenan Ndre? Be-te-we emang di Candi Ijo ada arca Ganesha po?
  • EKA SITUMORANG-SIR
    avatar 827
    EKA SITUMORANG-SIR #Senin, 29 Jun 2009, 09:08 WIB
    Wijnaaaaaaaaa gue ngiler ! Andai cuti lama pasti bakalan kesitu. rencananya ke Sentalu rabu nanti, sorenya kopdar yaaa... Aku sms ntar :)
    ups...lap dulu mbak ilernya, ntar keburu jatuh ke lantai :)

    House of Raminten yah? ok! ditunggu deh.
  • PEIN
    avatar 832
    PEIN #Senin, 29 Jun 2009, 19:44 WIB
    Tempatnya bagus juga nih,

    Edan,patungnya bisa teriak tho mas [kan dari batu]?
    lagian udah ga ada kepalanya, emang suaranya keluar dari mana ?
    Aneh.....Aneh....Aneh.....
    He3
    Itu juga yang bikin saya bingung. Suaranya keluar dari mana ya? Oh saya tau, mungkin patung mahir suara perut? he3
  • SUWUNG
    avatar 834
    SUWUNG #Selasa, 30 Jun 2009, 09:59 WIB
    sunguh hebat perjuanganmu kawan
    terima kasih mbah, mohon selalu doa dan dukungannya :)
  • GENIAL
    avatar 843
    GENIAL #Rabu, 1 Jul 2009, 18:21 WIB
    wahhh kira2 klu masih ada yg nekat pacaran juga di sana, bakalan jd patung spt di photo2 di atas iia kang... ?!??!!? hihihihih... salam kenal iia :)
    Yang berani pacaran disana bakal dikutuk jadi arca, wkekekeke! :)
  • GENIAL
    avatar 844
    GENIAL #Kamis, 2 Jul 2009, 01:38 WIB
    nnahhh itu dia mksd saiia... arca.. mbo ya o angel nemen buat nemu kata2 itu tadi :p
    makasih kunjungannya kang :) itu yg cw siapa namanya kang??!! melippiiiiiiiiiiirrr...
    hohoho, buka buku sejarah aja mas :)

    namanya dah ada di artikel kan?
  • VINNA
    avatar 848
    VINNA #Kamis, 2 Jul 2009, 11:59 WIB
    yak betul, aku sangat mendukung papan peringatan itu..
    Lanjutkan mbak! Hehehehe
  • ANDREAS
    avatar 860
    ANDREAS #Jum'at, 3 Jul 2009, 15:22 WIB
    wah,belum tau po?patung2 di Candi Ijo masih lengkap dan utuh kelimanya, makanya disimpan kantor BP3, supaya gak ilang kepalanya . begitu.
    ooooh...pantes, pak penjaga candi yg galak itu ndak ngasih tau sih :)
  • ZEE
    avatar 870
    ZEE #Sabtu, 4 Jul 2009, 07:53 WIB
    Saya paling jauh cuma ke candi borobudur dan prambanan.
    Ternyata kalo mo diubek-ubek, Indonesia memang surganya peninggalan bersejarah ya..
    emang banyak mbak, terutama semakin jauh lokasinya, semakin bagus pula pemandangannya.
  • SENOAJI
    avatar 876
    SENOAJI #Sabtu, 4 Jul 2009, 23:44 WIB
    Mblusuk tenan..
    semakin blusuk, semakin seru mas
  • NANING
    avatar 888
    NANING #Senin, 6 Jul 2009, 12:48 WIB
    wow..baru tau aku..
    padahal orang magelang...
    besok harus dicoba, mumpung liburan..
    ayo mumpung lagi liburan wisata kuliner!
  • NAHDHI
    avatar 899
    NAHDHI #Rabu, 8 Jul 2009, 07:02 WIB
    Wah mas mawi ini orang Magelang po?
    Apa ke magelang diajak teman?
    Saya dulu ke selogriyo pas acara hiking SMA (empat tahun yang lalu).
    Aslinya saya orang Jakarta yang nyasar ke Jogja mas, itu ke Magelang cuma jalan-jalan aja kok, kan deket, :)
  • SUWUNG
    avatar 904
    SUWUNG #Rabu, 8 Jul 2009, 17:27 WIB
    apa ada yang pacaran bos?
    jangan berpikir kemana-mana mbah :)
  • RAFAEL
    avatar 1105
    RAFAEL #Senin, 3 Ags 2009, 16:19 WIB
    Pernah ke candi pringapus belum di ngadirejo, kabupaten temanggung - jawa tengah. Candinya bagus.
    wah, belum sempet je mas, ntar kalau ada waktu direncanakan kesana deh. ok?
  • RAFAEL
    avatar 1108
    RAFAEL #Rabu, 5 Ags 2009, 14:11 WIB
    Helo mas, kalau artikel candiretno yang disecang saya tunggu beritanya
    Ya, ditunggu aja ya mas
  • WISNU
    avatar 1335
    WISNU #Senin, 7 Sep 2009, 11:19 WIB
    Mmmm, arca candi disekeliling luar candiselogriyo,dah diambil alias dicuri ma penduduk setempat pada tahun 1980-an akhir. Kata juru kuncinya, dulu penduduk setempat masih belum peduli ma candi itu, jadi ketika ada kolektor yang nyari koleksi kepala batu candi, mereka motong kepala tuch patung tuk dijual. Sayang yaaaaa
    Sayang banget mas, tapi syukur deh kalau sekarang penduduk itu udah sadar.
  • WISNU
    avatar 1336
    WISNU #Senin, 7 Sep 2009, 11:25 WIB
    Mas, coba ke candi retno, Perempatan Secang ke arah timur 10 km. di situ ada reruntuhan candi dan sebaran batu yoni yang sebesar sapi dan tersebar di dekat makam kuno, tengah kampung, ampe ada yang tenggelam di hamparan sawah. Tempatnya ga susah...

    Coba juga ke Situs pemandian tujuh buah Cabean Kunthi di Boyolali. satu lokasi ada tujuh situs petirtan kuno. Tempatnya siip. Sekalian juga ke sumur songo. Satu lokasi ada 9 sumur kuno yang bertebaran. Di boyolali juga
    Candi Retno dah dimasukkan ke waiting list, ditunggu ya mas ekspedisi selanjutnya sehabis bulan Puasa :)
  • RAFAEL
    avatar 1530
    RAFAEL #Senin, 12 Okt 2009, 19:55 WIB
    Mas coba ke temanggung, disana ada situs candi & prasasti gondosuli
    oke trims infonya
  • EMERITA
    avatar 1559
    EMERITA #Jum'at, 16 Okt 2009, 22:57 WIB
    pemandangannya indah... someday I have to go there... menjaring angin disana, melototi pegunungan sambil bernyanyi : memandang alam dari atas bukit sejauh mata pemandangan... sungai mengalir indah sawah hijau berliku bagai permadani diatas bukit, gunung menjulang berpayung angin oh ndah pemandangan (Tasya)
    eeeh, dulu itu kok mbak E ndak ikut, kenapa yah?
  • MURWANI
    avatar 1563
    MURWANI #Sabtu, 17 Okt 2009, 06:27 WIB
    minggu kemarin saya kesana,sayang ya,...rekonstruksi
    kok batunya kecil-kecil tidak disesuaikan dengan
    candinya jadi aneh gitu,mana dicoret-coret.Untung
    tempatnya bersih karena anak penjaga yg masih 4 than
    mengambili sampah dari anak-anak smp yang sedang
    pramuka disitu ? aneh yang kedua ya....
    setuju pemandangan bagus...eeh apa 7 pemandian kuno
    yang di boyolali letaknya dekat penjual s u s u ?
    he..he.. tapi saya tertarik sekali route mana ya ?
    Pemandian 7 tunggu liputan kami selanjutnya bu :D
  • DWIHATMOKO
    avatar 2042
    DWIHATMOKO #Sabtu, 9 Jan 2010, 22:33 WIB
    tahun 2003 pernah mau ke sana tapi g ketemu2..ternyata jauh juga ya.......
    Jauh, tapi pemandangannya oke punya! :D
  • DWIHATMOKO
    avatar 2043
    DWIHATMOKO #Sabtu, 9 Jan 2010, 22:37 WIB
    pengen adventure lagi kayak mahasiswa dulu........
    maksudnya "berjiwa mahasiswa" mungkin? :D
  • DWIHATMOKO
    avatar 2054
    DWIHATMOKO #Senin, 11 Jan 2010, 13:30 WIB
    klo jiwanya sih masih.........don't worry about that...but ..it's hard to make a chance...Eh purbalingga,tempat ku sekarang banyak juga loh buat Jelajah Candi....meski saya juga belum semua jelajahi....maklum trnyata klo udh masuk dunia kerja ...banyak yang harus dikompromikan
    Betul mas, ndak bisa lagi jalan2 kayak dulu pas masih mahasiswa, hahaha. Kapan ya ke Purbalingga?
  • PEIN
    avatar 2703
    PEIN #Jum'at, 14 Mei 2010, 19:09 WIB
    Hm,
    Naik bukit cuma 2km tho ? Ga jauh2 amat.......
    Btw, niy candi pernah hancur akibat tanah longsor 20th lalu dan sekarang dibangun lagi dengan jarak 20 meter dari tempatnya semula,

    Ada apa dengan angka 20 ?^^

    Dan WOW............
    Foto gunung di atas hutannya gundul, ga heran kalo longsor,
    Dieng juga menunggu waktu kalo ga ada perbaikan secara nyata..........
    itu 20 meter sumber yang aku peroleh dari informasi di website kok...
  • ANNOSMILE
    avatar 2803
    ANNOSMILE #Kamis, 3 Jun 2010, 11:59 WIB
    langitnya biru banget...
    bukan rekayasa!
  • JIBOKOPLO
    avatar 3379
    JIBOKOPLO #Minggu, 17 Okt 2010, 14:08 WIB
    Klo mau lewat jalur 2 sbaiknya ati"..Jmbatan windusari rusak..Saya sarankan lewat jalur 1 saja yg lebih aman..
    terima kasih buat infonya Kang!
  • YACOB.IVAN
    avatar 4088
    YACOB.IVAN #Selasa, 9 Ags 2011, 09:43 WIB
    mas, minta ijin nampangin foto-foto arcanya di blogku ^^
    monggo Le :)
  • RITA
    avatar 4141
    RITA #Jum'at, 12 Ags 2011, 12:46 WIB
    candinya gak ada kepalanya,, hehehe
    menakjubkan
    kepalanya mungkin dicuri oleh para pemburu arca untuk dijual mbak...
  • RITA
    avatar 4164
    RITA #Senin, 15 Ags 2011, 13:05 WIB
    oh gitu yah, mungkin harganya mahal ...:)
    katanya ribuan dollar mbak
  • EKO
    avatar 4695
    EKO #Kamis, 5 Jul 2012, 15:08 WIB
    wah, keren2 mas.
    kebetulan itu kampung halamanku.. jadi rindu keluarga di magelang.
    lebaran nanti pulang kampung juga kan Kang?
  • LUKMANUL HAKIM
    avatar 5452
    LUKMANUL HAKIM #Senin, 29 Jul 2013, 12:53 WIB
    makasih udah jelajah di salah satu keindahan https://www.facebook.com/WindusariMagelang?refhl.... kapan2 mampir lagi ya...!
    oke deh sip!
  • ANGKI
    avatar 8209
    ANGKI #Minggu, 6 Sep 2015, 12:38 WIB
    wahh mantap asm wijna josshh nih...
    Udah nyasar ke sini po Ngki?
  • ERWAN
    avatar 9057
    ERWAN #Minggu, 10 Jan 2016, 11:34 WIB
    saran aja mas. bukunya (R.Soekmono: 1974) bagus buat referrensi tentang candi....
    Biar tambah asik ngerti candi...
  • LAXMANA
    avatar 9121
    LAXMANA #Kamis, 21 Jan 2016, 23:55 WIB
    skedar tambahn info
    tiket masuk ke candi selogriyo skrg rp 3000 dan parkir motor rp 2000
    Naik seiring dengan inflasi :D