Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 5 Juni 2009, 23:40 WIB

Buat Pembaca yang belum tahu, Sukoharjo itu adalah nama salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kota Surakarta. Kalau ditanya apa yang istimewa dari Sukoharjo ini, aku mungkin cuma bisa garuk-garuk kepala. Soalnya, yang aku tahu dari Sukoharjo cuma sebatas kampung halamannya dua kawan kuliah, Hanna dan Winky.

 

Yah, mungkin dua orang yang aku sebutkan di atas itu lebih paham apa yang menarik dari Sukoharjo. Tapi, pas aku dan orangtuaku lewat di Sukoharjo di hari Minggu (31/5/2009) yang lalu, aku menemukan sesuatu yang spesial di Sukoharjo ini, sebuah Bale Padi.

 

Rumah Makan di Tengah Persawahan Sukoharjo

Eiiits, jangan salah! Bale Padi ini bukan tempat petani menyimpan padi, tapi sebuah rumah makan yang letak persisnya di Kadilangu, Baki Pandeyan, Sukoharjo. Rumah makan ini memang nggak ada nomor rumahnya. Lha wong letaknya ada di tengah-tengah areal persawahan kok! Keren nggak?

 

Agak sulit sih untuk menjelaskan rute ke rumah makan ini. Tapi kalau dari Jogja, ikuti saja Jl. Raya Yogyakarta – Solo sampai pindah wilayah ke Kabupaten Sukoharjo. Di Jl. Raya Yogyakarta – Solo, sekitar km 45, setelah lewat Kota Kecamatan Delanggu, nanti kita bakal ketemu dengan SPBU yang ada gerai Dunkin Donuts-nya. Nah, di dekat sana ada pertigaan yang dijaga lampu lalu lintas. Nah, belok kanan saja di pertigaan itu (arah Solo Baru) dan ikuti papan petunjuk hijau Bale Padi. Kalau masih tersesat, bisa menghubungi nomor telepon (0271) 58657.

 

Dari luar, tampilan rumah makan ini bergaya modern-etnik (apalah namanya, lha wong aku bukan orang arsitek kok). Serasa nggak percaya bahwa di Sukoharjo ada rumah makan seperti ini. Bukannya mau ngece (mengejek) Sukoharjo, tapi untuk lebih jelasnya silakan Pembaca membaca pengalamanku di Sukoharjo yanga da di akhir artikel ini.

 

Suasana cozy rumah makan Bale Padi di Jl. Kadilangu, Baki Pandeyan, Sukoharjo pada tahun 2009
Suasana Bale Padi yang cozy, hehehe. Itu Bapak dan Ibu lagi makan.

 

Balik lagi ke review rumah makan Bale Padi, pelayanan mbak-mbaknya ramah-ramah. Rumah makan ini menyediakan menu rumahan khas Jawa Tengah, sebut saja tahu, tempe, sayur asem, sayur urap, cah kangkung dan banyak lagi.

 

Selepas lewat pukul 4 sore kita juga bisa memesan olahan seafood. Tapi karena waktu itu aku dan orangtuaku datang sekitar pukul 2 siang, ya kita menyantap menu rumahan saja yang disediakan secara prasmanan. Piringnya boleh milih lho, mau piring keramik atau piring bambu dialasi daun pisang.

 

Menu prasmanan di rumah makan Bale Padi di Jl. Kadilangu, Baki Pandeyan, Sukoharjo pada tahun 2009
Sistemnya ya prasmanan. Ambil sendiri dan bayar sendiri lho ya!

 

Penyajian prasmanan dengan menu rumahan kayak gini bikin aku teringat rumah makan Bumbu Desa yang konsepnya nyaris serupa. Tapi kalau ngomongin Bumbu Desa, harganya sudah pasti harga kota, alias mahal. Nah, bagaimana dengan harga makanan di Bale Padi ini?

 

Bolehlah aku mengucapkan puji dan syukur kepada Gusti Allah SWT karena Bale Padi ini ada di Sukoharjo dan dengan demikian harganya masih ndeso alias murah-meriah! Semurah apa? Yang jelas tahu dan tempe goreng masih dihargai Rp500 per potong. Nasi sayur dihargai Rp4.000 sampai Rp5.000. Lauk-pauknya dihargai mulai dari Rp3.000.

 

Yang menurutku agak mahal memang di minumannya, es teh Rp3.500, jeruk panas Rp4.000, dan kelapa muda utuh Rp. 7.500. Tapi total uang yang kami keluarkan untuk makan bertiga hanya Rp40.400 dan itu sudah kenyang pakai banget!

 

Daftar menu dan harga makanan minuman Rumah Makan Bale Padi Sukoharjo di Jl. Kadilangu, Baki Pandeyan, Sukoharjo pada tahun 2009
Makanan rumahan khas Jawa Tengah siap disantap!

 

Yang bikin betah berlama-lama di Bale Padi ini sudah pasti adalah suasananya. Apalagi pas kami ke sana itu sawah-sawah sedang hijauuu. Jadi serasa bersantap dikelilingi permadani hijau gitu deh. Di kota mana ada suasana yang seperti ini?

 

Spot fotografi cantik indah untuk selfie di rumah makan Bale Padi Sukoharjo, Jawa Tengah
Aku bilang juga apa, ini rumah makan punya spot fotografi yang ciamiiik tenan!

 

Selain itu ya desain interiornya sendiri juga cantik. Cocoklah untuk lokasi fotografi pakai model cewek cantik. Apalagi suasananya dekat sawah, hmmm...mantap. Pantas saja Pak Bondan Winarno sudi bertandang ke Bale Padi. Karena, selain rasa masakannya oke, suasananya juga oke! Wah, bisa-bisa kalau lewat Sukoharjo lagi, mampir ke Bale Padi lagi nih.

 

Duh! Sukoharjo

Aku mau sedikit cerita pengalamanku di Sukoharjo. Tepatnya saat aku dan Andreas pergi ke Candi Risan di Gunungkidul. Kami kan pulangnya lewat Sukoharjo karena letak candi itu berbatasan dengan Sukoharjo. Pikir kami, selepas dari Sukoharjo kan tinggal lewat Jl. Raya Yogyakarta – Solo bisa cepat sampai ke Jogja lagi.

 

Ceritanya, pas di daerah Gunungkidul itu aspal jalannya masih muluuus. Eh, begitu di Sukoharjo... kami nggak bisa menyebut itu jalan karena nggak berbentuk dan tanah semua! Doh!

 

Memang sih daerah perbatasan itu yang dominan ya sawah-sawah. Tapi ya kok kondisi jalannya mengenaskan begini? Duh, dikemanakan uang APBD Sukoharjo?

 

Jalan Raya rusak di perbatasn kabupaten Gunungkidul dengan kabupaten Sukoharjo terkait kasus korupsi Sukoharjo
Kalian sebut ini jalan!? Aaaagh! Stress lewat sini!

 

Tapi di balik penderitaan jalanan Sukoharjo, ada juga yang membuat kami nggak habis pikir. Ada angkringan di kecamatan Karangmojo yang mematok harga satu gorengan cuma Rp250! WOW! Murah banget! Segelas es teh juga dihargai Rp1.000 dan masih ditambah irisan jeruk nipis! WOW! Apalagi pak angkringannya baiiiik banget, ramah dan servisnya memuaskan! Memang untuk sikap ramah orang Jawa di daerah (khususnya orang tua) nggak ada yang ngalahin!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • VICKY
    avatar 653
    VICKY #Sabtu, 6 Jun 2009, 04:16 WIB
    Ini ceritanya pay per review ya, Na?
    Ayolah mbak, saya kan cuma mau mempromosikan Kabupaten Sukoharjo, dari "nothing" jadi "something".
  • GANDI WIBOWO
    avatar 654
    GANDI WIBOWO #Sabtu, 6 Jun 2009, 05:12 WIB
    Bukan daerah Sidoarjo doang yg punya jalan kayak Gitu mas, Jakarta aja maasih punya tuh...
    Sidoarjo?
  • GANDI WIBOWO
    avatar 655
    GANDI WIBOWO #Sabtu, 6 Jun 2009, 05:14 WIB
    Salah tulis kan... Sukoharjo... Ah.. mimpi apa Gw kok jadi nulis Sidoarjo :"
    Oooo...pasti semalem lagi ngimpiin cewek ya mas? Makanya nulis komentarnya jadi grogi, he3.
  • GANDI WIBOWO
    avatar 657
    GANDI WIBOWO #Sabtu, 6 Jun 2009, 09:58 WIB
    Ngimpi Cewek?? Lah wong badan lagi pegel2 abis Futsal gini kok.. mana bisa mimpi yg enak2...
    yang ada juga dah 3 hari ini saya mimpi Laptop di hack orang, Nickname dibuat pishing, Arrgghh kau ngingetin sama mimpi buruk itu mas..
    Huhuhuhu, Futsal, kalau saya mah sepedaan. Tapi jangan khawatir Mas, soalnya aku akan selalu menghantuimuuuu dengan mimpi burukmuuu tentang bakar-membakar rokoook!
  • TIA
    avatar 664
    TIA #Sabtu, 6 Jun 2009, 16:54 WIB
    kayaknya enak banget ya makan di tengah sawah gitu mas..
    itu foto yang keempat bagus banget deh.
    ehehe, udahan dulu ya mas komennya, mau pulang, mau belajar..
    doain ya mas ujianku sukses..
    Hooo??? Jadi kamu nggak belajar malah ngenet toh? Awas kalau nilaimu jelek, he3.
  • GANDI WIBOWO
    avatar 666
    GANDI WIBOWO #Sabtu, 6 Jun 2009, 23:04 WIB
    Hehehehehe No more Cigarette has been burned..
    Huhuhuhu, yakin sekali dirimu mas, tapi tetap semangat!
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 668
    SAMSUL ARIFIN #Minggu, 7 Jun 2009, 11:35 WIB
    iya ruh mas, jangan yakin dulu, solanya ayahku dari dulu juga udah janji mau berhenti merokok, tapi ya itu, hanya sekedar wacana, dan mau benar2 berhenti setelah "berkunjung" ke RS untuk beberapa hari.

    ) kok ga ada hubungannya sama tulisan di atas yah? :D
    Bah kok ya OOT, orang Sukoharjo pun bakal ketakutan mau komentar kalau baca komentar-komentar kalian, he3.
  • GANDI WIBOWO
    avatar 669
    GANDI WIBOWO #Minggu, 7 Jun 2009, 13:11 WIB
    Loh kok saya jadi di salahi? kan saya nulisnya "Has Been" bukan "will be"..
    Lagi pula, saya emang sudah yakin kok.. Soalnya setiap liat rokok jadi kebayang mukanya mas Wijna, jadi gak tega ngebakarnya ROFL (Piss mas)

    Sudah ah... jadi OOT terus nih.. maaf loh
    OOT!
  • ZAM
    avatar 671
    ZAM #Minggu, 7 Jun 2009, 22:28 WIB
    woh.. mantab ki! kapan-kapan musti dicoba!
    Saya rekomendasikan mas, patut dijajal dan jangan lihat komen-komen dua orang aneh dibawah ini :D
  • WINKY
    avatar 675
    WINKY #Senin, 8 Jun 2009, 12:54 WIB
    yg istimewa dari Sukoharjo apa??lah bukannya kamu dah nyebutin Wis..khususnya untukmu..kan ada si Hanna di sana..hwahahahaha...

    ni tempat dulu tiap minggu kulewatin pas bolak-balik solo-jogja tapi belom pernah mampir.. :D
    Ini nih yang saya suka dari makhluk Sukoharjo ini, sangat berterus-terang sekali. Huehehehe. Terang aja kamu ndak pernah mampir, wong kepulanganmu kan selalu cuma buat minta "ransum" toh? :)
  • PEIN
    avatar 677
    PEIN #Senin, 8 Jun 2009, 20:40 WIB
    Makan di pinggir sawah dah biasa............

    Angkringannya murah meriah tuh [ btw kok ga ada gambarnya ].... : P
    Jangan-jangan dirimu petani yang saya temui di sawah waktu itu? he. Angkringannya ndak sempat diambil gambarnya, sibuk makan sih.
  • LAMBANG
    avatar 715
    LAMBANG #Senin, 15 Jun 2009, 14:56 WIB
    wah lom liat waktu malamnya ya mas ,,, pinggiarnya ada obornya tuch .. keren banget makanya klo malam lewato ... xii xiii xii
    Belum sempet kesana malem eh mas, tapi kayaknya indah juga ada obor. Eh, tapi berarti sawahnya ndak kelihatan duunk klo malem?
  • NENG KEKE
    avatar 745
    NENG KEKE #Rabu, 17 Jun 2009, 23:07 WIB
    Wuaaaaahhhhh... Bagus bangettt tempatnya...

    Tapi kalo kanan kirinya sawah gitu... Banyak uler ga ya? :p
    Ular sih...mungkin ada...tapi pihak pengelola kan udah menanggulangi hal itu biar ndak terjadi pastinya...
  • EM
    avatar 1015
    EM #Kamis, 23 Jul 2009, 09:15 WIB
    Liat judule... Pak bondan belajar nyayur daun pepaya!
    Pak Bondan nyayur daun pepaya? Maksudmu opo Maa?
  • SUKOHARJO
    avatar 1393
    SUKOHARJO #Senin, 14 Sep 2009, 12:28 WIB
    Wah. saya yg orang sukoharjo saja tidak tahu tentang tempat ini. kayaknya enak makanannya
    Mampirlah mas, cuma di Baki kok.
  • RITA
    avatar 4176
    RITA #Senin, 15 Ags 2011, 14:26 WIB
    kayanya nikmat banget makan di tempat itu,,
    sambil melihat pemandangan,, sawah-sawah
    setelah perut kenyang, jadi pingin terlelap...
  • LINA
    avatar 5669
    LINA #Senin, 9 Des 2013, 21:36 WIB
    SAYA ORANG S U K O H A R J O dan saya bangga akan itu,, Emang sih namanya gak semegah SURAKARTA, emang ndeso,, tp SUKOHARJO jg punya THE PARK MALL, HARTONO MALL, CARREFOUR, BALE PADI, PASAR CUPLIK, ATW, UMS, sebagian UNS (FKIP jurusan PTK), Univet jg gpp, IAIN SURAKARTA(STAIN SURAKARTA), perumahan2 elit (daerah GENTAN, dll),, wiuhhh msh banyak Lagee punya SUKOHARJO,, gak mau sombong nie...
    wuiiih, saya aja belum pernah ngicipi mall-mall di Sukoharjo...
  • MELODI
    avatar 8529
    MELODI #Selasa, 27 Okt 2015, 15:44 WIB
    Yuhuu mas mba
    Saya asli sukoharjo ini. Mau nambahin kalo pas di Balepadi sorean ya jam 4-5 gitu
    bakalan dapet view keren nya gunung Merapi sama Merbabu loh :D
    Oh iya ada spot bagus juga kok coba search Bendungan Colo, lagi booming tuh :-D
    Bendungan Colo di Sukoharjo itu ya mbak. Penasaran juga mau ke sana, tapi ya kok jauh ya, hahaha :D
  • IRWANSYAH
    avatar 9685
    IRWANSYAH #Jum'at, 13 Mei 2016, 23:14 WIB
    Mantab!!!dari Mojokerto mampir,buat yang banyak
    mas artikelnya tentang kuliner indonesia yang ndeso
    tapi kualitas rasa istimewa...jangan lupa
    pariwisatanya juga