Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 20 Januari 2009, 08:02 WIB

Pas aku menggali info-info obyek wisata di sekitar Kecamatan Ambarawa, Jawa Tengah, tersebutlah suatu makanan khas bernama Tahu Serasi Bandungan. Kata internet (bukan indomie telur kornet lho! ) wisatawan yang berkunjung ke Kecamatan Bandungan, wajib hukumnya untuk menikmati santapan yang disebut sebagai tahu serasi itu.

 

Berhubung jarak Bandungan dan Candi Gedong Songo terbilang dekat, tentu saja kami yang kelaparan plus kedinginan sehabis keliling candi langsung berpindah lokasi ke Bandungan demi berburu tahu serasi. Lagi-lagi, katanya tahu serasi itu banyak dijajakan di pinggir Jl. Raya Sukorini. Katanya Pak Bondan lagi, yang maknyuss di sana itu adalah warung yang bernama Kafe Tahu. Tapi setelah kami cari-cari kok ya nggak ketemu warung yang dimaksud.

 

Ya sudah. Akhirnya kami putuskan saja untuk menjajal sebarang warung di pinggir jalan raya yang menyediakan santapan tahu serasi. Eeeh, sepulangnya dari sana, tahu-tahu kami lewat di depan warung Kafe Tahu. Bukan rejekinya ini. Hiks...

 

Harga tahu serasi Bandongan, Semarang, Jawa Tengah
Ini dia yang namanya tahu serasi!

 

“Bu, pesen tahu serasinya, digoreng, dimakan di sini, satu porsi saja, minumnya teh panas ya”

 

Sepertinya ya begitu deh kira-kira isi pesanan kami. Selang beberapa menit, tahu serasi pun selesai digoreng dan siap untuk disantap. Nyam!

 

Seperti yang diberitakan di internet, tahu serasi disajikan bersama dengan sambal kecap yang diberi petis. Kalau sambal kecap dirasa kurang nendang, ada juga kok cabe rawit yang siap menggoyang lidah, huaaaah!

 

Profil Joko Affandy Alhuda Mahasiswa Program Studi Matematika UGM Angkatan 2004
Joko!

Berhubung katanya teman seperjalanannku kali ini hobinya makan, langsung saja deh kita tanya pendapatnya.

 

Rasa : @@

 

Tahu serasi ini teksturnya lebih lembut dari tahu putih. Kerasa banget pas dimakan. Tapi kok, rasanya nggak jauh beda sama tahu putih ya?

 

Nah, itu dia pendapat temanku. Kalau menurutku sih ya, memang rasa tahu serasi ini biasa saja. Namanya juga tahu goreng yang mungkin langsung digoreng dan nggak dibumbuin dulu. Tapi walau bagaimanapun, tahu serasi adalah salah satu daya tarik orang-orang untuk berkunjung ke Bandungan. Hawa Bandungan yang dingin dilawan dengan santapan tahu goreng hangat. Hmmm.... enaaak!

 

Untuk Pembaca yang mampir ke Candi Gedong Songo, nggak ada salahnya untuk mampir sebentar ke Bandungan dan memborong tahu serasi sebagai buah tangan. Harganya cukup terjangkau lho!

 

Tahu Serasi Goreng 1 porsi Rp10.000
Tahu Serasi Mentah 1 bungkus Rp8.000
Rp 6.500 kalau di pabriknya
Susu Kedelai 1 liter Rp5.000

NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PEIN
    avatar 209
    PEIN #Jum'at, 20 Feb 2009, 22:53 WIB
    Tahu serasi apaan ? Ga serasi amat, harganya itu loh, kok bisa ngalahin Tahu Takwa kualitas super terbaik dan terenak se-indonesia di Kotaku ini ?! Harganya bener - bener ga serasi ma rasanya !!
    ntar aku belum pernah makan Tahu Takwa, belum pernah ke Kediri. He? Emang Amegakure tu deket Kediri yah? he3
  • PEIN
    avatar 210
    PEIN #Sabtu, 21 Feb 2009, 15:53 WIB
    Bukan Kediri, mang da ? Tapi lebih ke Barat daripada Yogyakarta......... [ tersinggung aQ ]
    dimana tuh? ga tau aku
  • BAGAS
    avatar 383
    BAGAS #Kamis, 30 Apr 2009, 07:56 WIB
    wah sayang lo gak nyoba tempe gembus nya.. padahal itu enak bgt! haha.. biasanya yg jual tahu serasi biasanya jual tempe gembus jg..
    Tempe gembus...yg dari ampas tahu itu yah? Bukannya itu juga banyak di Kaliurang ya Gas?
  • AZWAR
    avatar 875
    AZWAR #Jum'at, 3 Jul 2009, 20:01 WIB
    Klo mau brkunjung ke bandungan jngan lupa beli nasi jagung & blendung, itu makanan lo.. Klo bsa nyari, makanan khas yg di jual di pasar tradisional.! Selain rasa yg jual jga jarang. Aku org sini.
    wah kemarin itu belum sempat menginvasi pasar eh mas, hujan masalahnya. tapi trims buat infonya yah.
  • AMANGKURAT
    avatar 3288
    AMANGKURAT #Sabtu, 18 Sep 2010, 19:25 WIB
    kalau cari kafe tahu gampang banget, dari pasar bandungan kab. semarang sekitar 450 meter ke arah sumowono (candi gedongsongo) sebelah kiri jalan. selain tahu serasi ada juga masakan dari daging kelinci dan bebek. kayak sate, rica-rica kelinci dan tongseng
    hohoho, oke, nuwun informasinya :D
  • HAFID JUNAIDI
    avatar 3602
    HAFID JUNAIDI #Jum'at, 21 Jan 2011, 07:52 WIB
    Hemmm, enaknya, tadi tak pikir judulnya tahu terasi ^_^
    weleh...
  • ANITA
    avatar 9620
    ANITA #Kamis, 28 Apr 2016, 12:21 WIB
    Kalo beli diluar itu bukan asli tahu serasi.yg asli
    beliny yg dipabriknya.sebrang hotel nugraha.kalo yg
    dipinggir jalan itu buatan penduduk lokal yg konon
    katanya mantan karyawan dipabrik tahu serasi.