Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 10 Januari 2009, 17:41 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Selama empat hari, terhitung dari hari Selasa (23/12/2008) sampai hari Jum’at (26/12/2008) aku beserta keluargaku yang terdiri dari Bapak, Ibu, dan Tiwul, melangsungkan liburan akhir tahun yang berbeda dari liburan-liburan biasanya.

 

Bulan Desember yang identik sebagai bulan yang hampir setiap harinya dihiasi dengan tetesan air hujan agaknya bukan bulan yang pas untuk berlibur. Tapi ya mau bagaimana lagi? Mengingat Indonesia memiliki musim penghujan yang selalu bertepatan dengan akhir tahun, ditambah dengan Tiwul yang sedang suntuk, bete, dan ingin mencari kesegaran diluar rutinitas kampusnya yang padat, maka kami sekeluarga memutuskan untuk liburan.

 

Foto Road Trip pakai mobil toyoya Vios dari Pangandaran ke Dieng pada tahun 2009
Yuk pindah ke kota berikutnya!

 

Liburan kali ini kami menggunakan kendaraan mobil dimulai dari Kota Banjar di Jawa Barat dan diakhiri di Kota Yogyakarta dengan tujuan obyek wisata Pantai Pangandaran dan Dataran Tinggi Dieng.

 

Bukan aku namanya, kalau tidak mengabadikan kegiatan liburan kami ke dalam sejumlah artikel yang tersaji di dalam blog ini. Yah, inilah liburan kami yang sangat terasa "petualangan"-nya, hahaha.

 

Semoga artikel-artikel ini dapat menambah wawasan Pembaca semua.

 

Berikut merupakan sinopsis empat hari perjalanan liburan kami sekeluarga:

 

Hari ke-1, Selasa (23/12/2008)

Aku bertolak dari Yogyakarta menuju Kota Banjar menggunakan kereta api. Di Stasiun Banjar, aku telah dinanti oleh anggota keluargaku yang lain. Kami langsung bertolak ke Pantai Pangandaran dan bermalam di sana.

 

Hari ke-2, Rabu (24/12/2008)

Cuaca pagi hari di Pantai Pangandaran yang "sedikit" terbebas dari mendung membuatku bersemangat untuk memotret di pagi hari. Menjelang siang hari, kami berangkat menuju Green Canyon.

 

Dikarenakan cuaca di Pantai Pangandaran yang tidak bersahabat, kami memutuskan untuk bertolak ke Jawa Tengah menuju Dataran Tinggi Dieng. Di tengah perjalanan kami memutuskan untuk bermalam di Kota Purwokerto. Di sana kami sempat mengicipi Soto Ayam Jalan Bank yang dikelola oleh Pak Haji Loso.

 

Hari ke-3, Kamis (25/12/2008)

Bertolak dari Kota Purwokerto, kami sempat singgah untuk membeli getuk goreng, menyantap Soto Kecik Sokaraja, dan berbelanja keramik di Klampok. Kami sampai di Dataran Tinggi Dieng sekitar pukul satu siang.

 

Di Dataran Tinggi Dieng kami mengunjungi Telaga Tiga Warna, Museum Kepurbakalaan Dieng, Candi Gatutkaca, Kompleks Candi Arjuna, dan Dharmasala. Sayang cuaca di sana mendung, berkabut, dan hujan! Sehingga aku kesulitan menghasilkan foto yang bagus. Dari Dataran Tinggi Dieng kami bermalam di Kota Wonosobo.

 

Hari ke-4, Jum’at (26/12/2008)

Dari Kota Wonosobo kami bertolak kembali ke Yogyakarta. Karena hari itu hari Jum’at, maka kami singgah sejenak di Kota Temanggung untuk menunaikan ibadah salat Jum’at dan juga mengenang kembali rasa Bakso Khas Lombok Uleg Pak Yitno. Kami tiba kembali di kota Yogyakarta pada pukul lima sore.

 

Jadi demikianlah cerita liburan kami selama 4 hari! Nantikan cerita liburan berikutnya yah!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 150
    SAMSUL ARIFIN #Jum'at, 16 Jan 2009, 05:41 WIB
    Itu ade\'mu ga bantu-bantu yah?
    Harusnya kan bantu ngangkat-ngangkat barang gitu kan?
    wah itu aku nggak tau Pin, aku pas itu kan cuma motret doang. Berati klo motret juga ga bantu2 ya? he3