Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 10 Januari 2009, 01:40 WIB

Kalau menyinggung makanan khas Kota Purwokerto, Jawa Tengah, belum lengkap rasanya kalau nggak menyebut gethuk goreng dan tempe mendoan. Eh, gethuk goreng sebenarnya nggak selalu identik dengan Kota Purwokerto juga sih. Kota Sokaraja juga terkenal sebagai sentra gethuk goreng.

 

Salah satu toko oleh-oleh yang kami kunjungi (25/12/2008) di Purwokerto adalah toko Tempe Keripik Sawangan no 1 yang terletak di Jl. Jend. Sutoyo no. 23 Purwokerto. Di toko ini tersedia makanan khas Purwokerto yaitu gethuk goreng dan keripik tempe mendoan.

 

Berbagai macam Jajanan dan makanan ringan Khas Purwokerto di tahun 2008
Tersedia berbagai macam panganan ringan.

 

Gethuk goreng tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Ada gethuk goreng biasa yaitu gethuk goreng yang nggak ditambahi rasa buah-buahan. Ada pula gethuk goreng rasa durian serta nangka. Harganya pun bervariasi. Untuk gethuk goreng biasa dihargai Rp18.000 per kilogram serta Rp20.000 untuk gethuk goreng rasa durian dan nangka.

 

Keripik tempe mendoannya juga berbeda. Untuk ukuran besar dihargai Rp14.000 per bungkus. Sedangkan untuk ukuran kecil Rp11.000 per bungkus. Aku nggak tahu jelas satu bungkus itu berapa kilogram. Akan tetapi banyaknya keripik tempe mendoan yang ada di dalam bungkusan juga mempengaruhi harga per bungkus. Tentu saja, kita dapat meminta satu bungkus berisi keripik tempe mendoan dalam jumlah yang kita kehendaki.

 

Resep membuat Getuk Goreng enak khas Purwokerto tahun 2008
Gethuk Goreng yang renyah dan manis.

 

Tempe Goreng, Tempe Mendoan, dan Tempe Kemul

Baik tempe goreng, tempe mendoan, dan tempe kemul itu berbahan baku sama, yaitu tempe! Bedanya ya hanya di cara memasaknya saja. Khususnya persiapan sebelum tempe digoreng.

 

Tempe goreng biasa terbuat dari tempe yang direndam bumbu (biasanya kemiri, garam, dan bawang putih). Tempe mendoan terbuat dari tempe diiris tipis dan direndam adonan tepung beras yang sudah dimbumbui. Sedangkan tempe kemul yang merupakan panganan khas Wonosobo, dibuat dari tempe diiris tipis dan direndam adonan tepung pati singkong basah yang sudah dibumbui.

 

Disebut tempe kemul, karena adonan tepung yang menempel pada tempe sengaja dilebihkan sehingga ketika digoreng adonan tepung tersebut akan tersebar mengeras dan membentuk wujud seperti selimut (bahasa Jawa selimut = kemul).

 

Resep rahasia enak Tempe Mendoan dan Tempe Kemul Purwokerto yang dijual di toko-toko pada tahun 2008
Siap untuk segera digoreng.

 

 

Jadi, Pembaca memilih jajanan khas Purwokerto yang mana ya?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • SUHARDIYANA
    avatar 266
    SUHARDIYANA #Minggu, 22 Mar 2009, 17:42 WIB
    saya mau kulakan gethuk goreng.tlg kasih alamat dan nomor telpnya.trima kasih
    Wah maaf pak, saya ndak mencatat no. teleponnya tapi di sepanjang Jl. Jend. Sutoyo, Purwokerto ada banyak kok toko-toko yang menjajakan Gethuk Goreng dan Tempe Mendoan.
  • ARIEF
    avatar 1642
    ARIEF #Kamis, 29 Okt 2009, 09:27 WIB
    maaf pak tapi tempe mendoan biasanya pake tempe yg memang tips dan bukan hasil tempe irisan... di foto bapak sudah betul deretan baris tempe yg satu2 itu... dan satu bungkus daun pisang itu isinya cuma 2 lapis yg memang sangat tipis...itu ciri utamanya...tapi salah kaprah karena tempe itu sulit didapat di daerah lain...sehingga banyak yg cuma pakai tempe diiris tipis...
    Ow begitu toh? Terima kasih untuk koreksinya...
  • SAWANGAN 1
    avatar 4352
    SAWANGAN 1 #Minggu, 27 Nov 2011, 19:32 WIB
    untuk jelasnya bisa dilihat di
    www.keripisawangan.com
    atau bergabung di group
    http://www.facebook.com/groups/258827404169010/
    oke, sip!
  • NIKEN LISTYA N
    avatar 4819
    NIKEN LISTYA N #Jum'at, 28 Sep 2012, 10:30 WIB
    misal tempat industri gethuk goreng buat penelitian skripsi tentang analisis usaha boleh tidak??
    boleh boleh
  • EM
    avatar 6250
    EM #Kamis, 10 Jul 2014, 05:52 WIB
    satu lagi wij, pecel yang ada bunganya itu, rasanya
    inuk, beli di stasiun purwokerto, gara2 beli tiket kereta
    sepotong2, pengen yg pecel kroya sebenernya yg
    legendaris, sayangnya asongan udah ga bisa masuk :
    (
    hmmm... tak pikir pecel-pecel yg di stasiun Purwokerto itu termasuk kelas "pecel-pecelan"