Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 10 Januari 2009, 01:30 WIB

Wah, kalau menyantap bakso Kota Temanggung ini jadi teringat dengan kenangan masa lalu. Di tahun 2006 silam, kala anak-anak Math ’04 masih cukup gila untuk bertualang bersama, kami sudah pernah menyambangi warung bakso Lombok Uleg Pak Yitno. Letaknya di depan gedung DPRD Temanggung yang sangat dekat dari Alun-Alun Kota Temanggung.

 

Nah, di tahun 2008 ini (26/12/2008), aku kembali bernostalgia dengan bakso yang terkenal pedasnya itu. Tapi tentu saja aku sendiri. Tanpa ditemani oleh teman-teman gilaku itu. Sedih ya?

 

Sendirian Makan Bakso

Sebenarnya, bakso lombok uleg Pak Yitno yang dihargai Rp4.000 per porsi itu tidak jauh berbeda dengan penampilan bakso pada umumnya. Pembedanya hanyalah bakso lombok uleg ini memakai ketupat sebagai pengganti mie kuning. Tapi, mau pakai ketupat atau tidak, harganya tetap sama.

 

Satu porsi bakso lombok uleg Pak Yitno ini berisi lima buah bakso kecil, irisan tahu goreng (yang tidak kuhitung jumlahnya), irisan daun seledri, dan taburan bawang goreng.

 

Lokasi penampakan bangunan Warung Bakso Lombok Uleg pak Yitno di dekat alun-alun Temanggung Jawa Tengah pada tahun 2008
Warung di dekat Alun-Alun Temanggung.

 

Rasanya sih menurutku lumayan. Cukup segar untuk mengganjal perut yang keroncongan. Walaupun satu porsi bakso jauh dari kata mengenyangkan.

 

Bakso Pedas Tanpa Minum

Lha terus, di mana itu "Khas Lombok Ulegnya"? Kalau saat pertama kali Pembaca memesan tanpa embel-embel permintaan "yang pedes Pak!", aku jamin Pembaca akan melewatkan kesempatan yang sangat berharga ini.

 

Mintalah bakso "versi pedas", maka Pembaca akan menyaksikan sejumlah cabai rawit hijau diuleg di dasar mangkok yang kemudian ditimpa dengan racikan bakso dan akhirnya diguyur kuah panas. Rasa pedasnya? MANTAP!

 

Harga satu porsi Bakso Lombok Uleg pak Yitno Temanggung yang terkenal pedas pakai cabai rawit di tahun 2008
Bakso yang pedas!

 

Sekali menyantap, Pembaca tidak akan bisa kabur dari cita rasa pedas bakso lombok uleg Pak Yitno. Sebab, rasa pedasnya sudah menyatu utuh dengan bahan-bahan lainnya.

 

Sialnya, warung bakso ini tidak menyediakan minuman. Jadi silakan Pembaca bersabar menahan pedasnya bakso lombok uleg yang menggerogoti lidah ya!

 

 

Pembaca yang senang dengan yang pedas-pedas?

Tertarik untuk mencoba Bakso Khas Lombok Uleg Pak Yitno?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 147
    SAMSUL ARIFIN #Senin, 12 Jan 2009, 05:55 WIB
    Wah, dulu kita pernah ke situ ya, wis?
    ada kenangan yang tak terlupakan di masjid kauman Temanggung itu?
    saat aku "digunakan" untuk menabuh bedhug...
    aku hanya pasrah, menerima perlakuan kalian.
    kalian begitu buas saat itu, aku tak berdaya dan tidak bisa berbuat apa-apa.
    lho? selamanya kan kamu memang tidak berdaya Pin? Makanya kamu bisa kami manfaatkan setiap saat kami membutuhkan hiburan darimu. he3
  • PEIN
    avatar 678
    PEIN #Senin, 8 Jun 2009, 20:52 WIB
    Sekali lagi.................

    PEDAS ?! Lewattttttt...............
    Hajar terus....... !!
    Orang ini emang doyan pedes yah?
  • LINDA KHRISNA
    avatar 737
    LINDA KHRISNA #Rabu, 17 Jun 2009, 13:23 WIB
    sebagai wong temanggung...aku bangga lho...cause temanggung kotanya bersih, adeeeeemmmm ayemmmm....n banyak kuliner yang enyak..enyak....

    about bakso uleg...baksonya kenyil2..klo pesen kusaranin lombok rawitnya minimal 8 biji deh...wii ditanggung MAK TOOOORRRR......

    tapi juga ada bakso jamur yang ga kalah mak nyuszt...

    temanggung Is the Best...Bravo...
    Temanggung menurut saya hampir mirip dengan Magelang, tapi iya sih lebih sepi aja. Wah mbak, saya aja lombok satu udah bikin diare. Kalau delapan??? Wah...

    Oiya mbak, Bakso Jamur tu persis lokasinya dimana? Selain itu apa lagi kuliner yang maknyuss di Temanggung?
  • NUNUNK
    avatar 1033
    NUNUNK #Jum'at, 24 Jul 2009, 15:45 WIB
    Klo bkso pak Yitno aku mang blm prnh coba. Enak ndi karo bkso uleg pak Kemat?
    Wah bakso uleg Pak Kemat dimana ya mbak?
  • ZEFKA
    avatar 1103
    ZEFKA #Senin, 3 Ags 2009, 13:37 WIB
    huahh... udah kebayang panas dan pedesnya nih
    kebetulan gw termasuk orang yg gak begitu suka ma yg pedes2, tapi sensasi makan bakso pedes ini dah bikin gw merinding. Salut utk teman2 yg tahan ma pedes :)
    Tapi pas begitu selesai makan malaha langsung merindukan kamar kecil lho mas, hehehe
  • DOBOL
    avatar 3863
    DOBOL #Kamis, 12 Mei 2011, 08:33 WIB
    wah pacen top bgt...
    pedes sahdu...

    by:doboll mantu'ne P.YITNO
    salam buat putrinya Pak Yitno yoh! hehehe :D
  • SANDRA
    avatar 3884
    SANDRA #Minggu, 22 Mei 2011, 22:03 WIB
    bisa dijual di kota lain g?
    gimana caranya?
    wah saya kurang mengerti mbak. Silakan hubungi Pak Yitno di Temanggung :D
  • RITA
    avatar 4169
    RITA #Senin, 15 Ags 2011, 14:18 WIB
    jadi pengen nyoba,,, :)
    maen ke Temanggung mbak :)
  • ELIS
    avatar 4203
    ELIS #Sabtu, 20 Ags 2011, 12:55 WIB
    enak mana dg pak dhi jl kaliurang....
    Yang jelas yang di Temanggung lebih jauh mbak Elis, hehehe :D
  • KARTIKAWATI
    avatar 8528
    KARTIKAWATI #Selasa, 27 Okt 2015, 11:59 WIB
    ngenahnyaaaaa:-)
    enak tow :D