Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 9 Januari 2009, 22:27 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Pesona Pantai Pangandaran bulan Desember 2008

Pangandaran adalah kota kecil yang terletak di kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kota ini berjarak cukup dekat dengan kota Cilacap, Jawa Tengah. Di peta, kota ini terletak di semenanjung selatan pulau Jawa. Cukup dekat juga dengan pulau Nusakambangan. Hmmm, apakah lantas kota ini menjadi kota pelarian para narapidana LP Nusakambangan? Hahaha . Kalau mereka melarikan diri pasti tujuan mereka adalah untuk menikmati indahnya suasana pantai di Pangandaran.

 

Kabupaten Pangandaran...

Terhitung tanggal 25 Oktober 2012, Pangandaran berpisah dari kabupaten Ciamis dan menjadi kabupaten Pangandaran.

 

Nelayan di Pantai Pangandaran bulan Desember 2008
Nelayan Pangandaran.
(Klik untuk memperbesar).

Pangandaran cukup dekat dari Jakarta sekitar 5 jam perjalanan dan dari Bandung sekitar 4 jam perjalanan. Pada liburanku (23/12/2008), aku bertolak ke Pangandaran dari Kota Banjar yang juga terletak di kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Jarak dari Banjar ke Pangandaran adalah sekitar 60 km atau kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Dari Kota Banjar tidak sulit untuk menuju Pangandaran, cukup bertanya ke warga sekitar atau setidaknya berjalan ke arah selatan. Di jalan utama yang menghubungkan Banjar dengan Pangandaran juga banyak terdapat papan penunjuk jalan yang mayoritas disponsori oleh Djarum Super.

 

Dua Pantai di Pangandaran

Jarak Pantai Pangandaran dari Yogyakarta
Jauh juga ya dari Jogja?

Sewa Pelampung Alat Renang di Pantai Pangandaran bulan Desember 2008
Khusus untuk yang nggak mahir berenang.
 

Pangandaran memiliki pantai yang termasuk elok dari pantai-pantai lain di Jawa Barat. Karena terletak di semenanjung, maka Pangandaran memiliki dua pantai, yaitu Pantai Timur dan Pantai Barat. Pantai Barat identik dengan pantai-pantai yang memiliki hamparan pasir luas dan cocok sebagai tempat bermain. Sedangkan Pantai Timur kebalikannya, penuh dengan hamparan pemecah ombak serta ombak yang ganas. Dua pantai ini sama-sama menawarkan obyek yang menarik, yaitu kehidupan khas nelayan di Jawa Barat yang sekilas tidak jauh berbeda dengan nelayan di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sayang, cuaca pada saat aku berkunjung sedang mendung. Jadi aku tidak bisa mendapatkan foto yang cukup bagus.

 

Tidak hanya pantai, Pangandaran juga menawarkan keeksotisan cagar alamnya yang merupakan habitat dari bunga Rafflesia Arnoldi. Cagar alam ini juga terhubung dengan pantai pasir putih. Selain itu kita juga bisa menikmati festival layang-layang yang merupakan acara rutin di bulan Juli. Sepertinya tidak ada sedikit pun kesan bahwa kota ini pernah diterjang oleh tsunami pada tanggal 17 Juli 2006 silam selain dari berbagai papan petunjuk bahaya tsunami yang bisa kita saksikan di sana-sini.

 

Serba Murah di Pangandaran

Mencari Nafkah di Pantai Pangandaran bulan Desember 2008
Mencari nafkah sampai ke pantai.

Akomodasi di Pangandaran tersedia dalam berbagai macam bentuk dan berbagai macam harga. Dari mulai pondok sampai hotel pun tersedia. Rentang harga bervariasi mulai dari Rp50.000 sampai Rp500.000.

 

Rumah makan yang ada kebanyakan menyajikan hidangan laut yang harganya termasuk murah. Tentu saja, ada penjaja makanan lain seperti soto, mie bakso, nasi goreng, hingga bubur-kacang-ijo.

 

Biaya masuk untuk pejalan kaki sebesar Rp2.500, untuk motor sekaligus penumpang Rp5.500, dan untuk mobil sedan sekaligus penumpang Rp14.200.

 

Apakah harga-harga itu murah? Itu tergantung preferensi Pembaca, yang jelas Pangandaran dan keeksotisan pantainya merupakan penyumbang pendapatan terbesar di Kabupaten Ciamis.

 

 

Jadi kapan Pembaca mau main pantai di Pangandaran ya?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • SHELLA
    avatar 314
    SHELLA #Jum'at, 17 Apr 2009, 16:36 WIB
    Memang sangat indah banget aku pernah kesana satu kali pengen banget aku liburan kesana lagi banyak banget kenangan nya............ tunggu aku yaa
    Sepertinya sih masih banyak lokasi pantai yg eksotis di Pandangandaran, tapi bukan di daerah wisatanya yang terkesan komersil, mesti nembus hutan-hutan dulu kayaknya. Tunggunya dimana neh? he3.
  • TIA
    avatar 373
    TIA #Rabu, 29 Apr 2009, 20:07 WIB
    saya dulu waktu sma pikniknya ke Pangandaran lho mas.. (piknik ya? sma1 mana ada piknik, penelitian kali..).
    dulu saya sempat mblasak2 ke hutan, manjat2 di gua.. mesti mas Wijna gak masuk ke guanya yang di hutan ya..
    Piknik ato nggak, intinya kan tetep jalan-jalan kan? hehehe. Wah aku belum sempet ke guanya, maklum di Pangandaran cuma 2 hari dan di hari terakhir langsung pergi ke Green Canyon. Kamu udah ke Green Canyon belum?
  • TIA
    avatar 378
    TIA #Kamis, 30 Apr 2009, 04:37 WIB
    hehe, tau aja kamu mas.. saya belum pernah ke green canyon deh..
    Makanya kesana dunk, tapi klo ga rame-rame bakal mahal iuran nyewa perahunya. Klo kesana pun harus musim kemarau biar air sungainya warnanya jernih.
  • TRI WAHYUNI
    avatar 511
    TRI WAHYUNI #Senin, 18 Mei 2009, 18:22 WIB
    Saya dan rombongan akan berlibur di pangandaran, tapi saya harus terpisah dr rombongan krn harus ke Yogya. Ada ngga ya travel yang dapat mengantar saya dr Pangandaran ke Banjar dengan aman? mohon dong informasi-y. tq.......
    Hmmm...coba mbak ke terminal bus Pangandaran aja. Karena disana banyak bis-bis dengan tujuan berbagai kota. Apalagi Banjar yang jaraknya cuma 60 km, atau 1 jam perjalanan.
  • EEM
    avatar 1069
    EEM #Selasa, 28 Jul 2009, 01:18 WIB
    Betul dik tia! 1st kali SMA 1 piknik(penelitian) mulai angkatanku, sebelumnya penelitiannya bebas. Jadi ingat, satu angkatan nyewa gerbong ekonomi naik dari lempuyangan :p. Katanya gua2 disana sering dipakai buat syuting. Ee...h tp pas gua yg kujadikan sbg objek penelitian malah ga kepoto. Jadi, aku tuh udah photo di dpn gua, tp pas dicetak, hanya ada mukaku doang, pdhl siang hari lo!
    (dirimu masih OL toh??? OMG!) Kalian malah curhat begini sih? Tapi dulu jamanku SMA ndak ada penelitian macam ituh.
  • MARINA
    avatar 1716
    MARINA #Minggu, 8 Nov 2009, 13:09 WIB
    aduch q uaga kyanya pngen gie k pangandran alnya pantai tu enak banget di pandngnya................
    monggo :D tapi jangan pas musim hujan ya!
  • FERY ADIANTO
    avatar 3049
    FERY ADIANTO #Sabtu, 24 Jul 2010, 13:08 WIB
    mas tapi sayang jalan raya dari perbatasan Banjar patroman menuju pangandaran rusak padahal pangandaran omsetnya lumayan besar kenapa jalan tidak sebagus di kota ciamis ?
    Kurang tahu ya mas...
  • A IMAM
    avatar 3232
    A IMAM #Rabu, 1 Sep 2010, 17:02 WIB
    waktu kecil aku sempat menikmati pantai alam pangandaran yang masih bersih, indah, pasir putih disinari rembulan bagaikan perawan yang molek....., tanah leluhurku penuh kenangan
    sekarang memang sudah banyak hotel ya...
  • RITA
    avatar 4171
    RITA #Senin, 15 Ags 2011, 14:21 WIB
    nah, kalo ini aku pernah kesini...hehehe
    agak dekat dari rumah...:)
    Lha iya, masih di Jawa Barat >.<
  • RAMA
    avatar 8194
    RAMA #Selasa, 1 Sep 2015, 13:34 WIB
    01-09-2015....q rama orang bekasi dapet istri orang pangandaran...awal menikah tahun 2006. sy di ajak pulkam sama istri,, subhanal lloh....indahya kota pangandaran apa lagi pantay ya ternyata bukan cerita aja indah banget bener" q jatuh cinta .....
    Assiiik... jadi betah dong Om tinggal di sana
  • KHOLIFAH
    avatar 8767
    KHOLIFAH #Senin, 30 Nov 2015, 13:00 WIB
    mau ada rencana liburan ke pangandaran nih tahun depan..
    kira-kira rang waktu awal februari 2016 sampai akhir Maret 2016 itu musim hujan masih tinggi ga ya..??
    Wah jelas itu. Musim hujan deras itu. Kalau mau cari cuaca cerah mending bulan April-Mei mbak.
  • KHOLIFAH
    avatar 8768
    KHOLIFAH #Senin, 30 Nov 2015, 13:24 WIB
    waaah..
    saying banget..
    padahal pengen banget kesana..
    pengen coba rafting di green canyon juga..
    tapi kalo musim hujan mah bahaya.. -_-
    klo musim hujan Green Canyon nggak indah mbak. Air sungainy jd coklat karena banjir hujan.
  • AYU
    avatar 8930
    AYU #Selasa, 22 Des 2015, 11:13 WIB
    aku pengen ke pangandaran aku belum pernah maen k pangandaran..insyaallh tahun baru berlibur ke pangandaran ..
    Aamiiin, semoga di Pangandaran nggak macet yah :D
  • JURNAL WISATA
    avatar 10224
    JURNAL WISATA #Rabu, 19 Okt 2016, 05:26 WIB
    pantai pangandaran pantai terbaik di jawa menurut saya