Selamat datang pembaca
di blog saya ini!

Pembaca hendak

Mblusuk


apa, kemana, dan dimana ya

PEKOK ke Umbul Cokro

Fotoku

Musim Hujan dan Sampah di Kali D80, 35 DX.
Musim hujan sudah datang! Sungai-sungai di Jogja yang tadinya kering jadi melimpah lagi airnya. Seperti Kali Winongo yang aku potret ini. Beberapa minggu yang lalu di awal bulan November, tinggi airnya cuma setinggi betis dan sekarang sudah setinggi pinggang seiring dengan Jogja yang tiap hari selalu diguyur hujan.

 

Tapi ancaman banjir juga masih mengintai, terutama karena di sungai-sungai umumnya masih banyak sampah yang menumpuk. Makanya aku mau mengingatkan ke Pembaca supaya JANGAN BUANG SAMPAH KE SUNGAI ya! Biar nggak banjir. Nanti kan repot kalau banjir. Oke?

http://www.mblusuk.com/gambar/frontpage.jpg
  • http://www.mblusuk.com/gambar/2014/dieng-culture-festival-2014/ruwatan-anak-bajang-tb.jpg

    Dieng Culture Festival 2014: Ritual Ruwatan si Anak Gembel

    Sinopsis

    Inti dari hajat Dieng Culture Festival itu sendiri sebenarnya adalah prosesi ruwatan anak gembel. Mungkin ada pembaca yang bertanya-tanya, apa sih sebenarnya ruwatan anak gembel itu? Nah, sebelum aku cerita lebih jauh, alangkah baiknya kalau kita bedah dulu apa yang disebut dengan ruwatan anak gembel. (selengkapnya)
    27 November 2014@mblusuk4 Komentar
  • http://www.mblusuk.com/gambar/2014/jalansolo/umbultirtamulyani-tb.jpg

    Pancal Terus Sampai Umbul Tirtomulyani

    Sinopsis

    Boleh dibilang aku ini agak pekok kalau sudah urusan nyepeda. Seperti di hari Minggu pagi (30/3/2014) di bulan Maret yang lalu. Kok ya mau-maunya aku nurutin rayuan iblis buat nyepeda menyusuri Jl. (selengkapnya)
    22 November 2014@mblusuk13 Komentar
  • http://www.mblusuk.com/gambar/2014/curug-klancengputih-purworejotb.jpg

    Penasaran Sama Curug Klanceng Putih

    Sinopsis

    Kaum adam umumnya gemar tantangan. Apalagi kalau memendam rasa penasaran. Makanya, selagi bernyawa segeralah dituntaskan. Masak iya sih perlu jadi arwah gentayangan? Hehehe. Sebetulnya, yang bikin penasaran sih cuma sebuah papan jalan. Nah, yang tertulis di papan itu yang memancing rasa heran. (selengkapnya)
    18 November 2014@mblusuk12 Komentar
  • http://www.mblusuk.com/gambar/2014/dieng-culture-festival-2014/sikunirtb.jpg

    Dieng Culture Festival 2014: Mengejar Pagi ke Bukit Sikunir

    Sinopsis

    Salah satu tempat yang lagi hits di Dieng (khususnya buat anak muda) adalah puncak bukit Sikunir di mana kita bisa melihat mentari terbit dari sana. Bahkan ada pameo “Belum sah ke Dieng kalau belum ke Puncak Sikunir lihat Sunrise”. Weleh, apakah sunrise di bukit Sikunir bener-bener semenarik itu? (selengkapnya)
    12 November 2014@mblusuk15 Komentar
  • http://www.mblusuk.com/gambar/2014/kompilasi/jathilan2014tb.jpg

    Jathilan Goa Cemara dalam Bingkai 35mm

    Sinopsis

    “Mas, nonton festival jathilan yuk di Goa Cerme hari Minggu besok?”, ajak Gadiskuu Dahiku lantas bekernyit, “Heh? Goa Cerme? (selengkapnya)
    7 November 2014@foto12 Komentar
  • http://www.mblusuk.com/gambar/2014/legokanngancarmangirwanabayatb.jpg

    Sajian Air Tawar ala RM Legokan Ngancar

    Sinopsis

    Sehabis melihat peninggalan-peninggalan Ki Ageng Mangir, belum lengkap rasanya kalau belum ngisi bensin di RM Legokan Ngancar yang tersohor oleh hidangan air tawarnya itu, NYAM! Rumah makan ini letaknya di dusun Mangir Kidul, desa Sendangsari, kec. Pajangan, kab. Bantul, DI Yogyakarta. Nomor telepon yang bisa dihubungi ada banyak: (selengkapnya)
    3 November 2014@jogja25 Komentar
  • http://www.mblusuk.com/gambar/2014/dieng-culture-festival-2014/dienglampiontb.jpg

    Dieng Culture Festival 2014: Euforia Lampion dan Kembang Api

    Sinopsis

    Nggak tahu kenapa, kayaknya pelepasan ribuan lampion ke udara adalah agenda Dieng Cultural Festival 2014 yang paling dinanti-nanti. Mungkin karena unik sekaligus romantis ya? Hahaha. Yang jelas, kemeriahan pelepasan lampion itu juga diwarnai oleh semarak kembang api yang bersahut-sahutan di gelapnya langit. Kebayang kan gimana sensasinya? (selengkapnya)
    29 Oktober 2014@mblusuk19 Komentar
  • http://www.mblusuk.com/gambar/2014/sejarahdesamangirwanabayatb.jpg

    Jejak Para Pembangkang di Dusun Mangir

    Sinopsis

    Setelah sekian bulan lamanya vakum nyepeda bareng, akhirnya di hari Minggu (12/10/2014) bulan Oktober ini kami bisa ngumpul nyepeda bareng lagi. Oh yeah! Rombongan terdiri dari Paklik Turtlix, Pakdhe Timin, Paris, Rizka, dan kawan baru bernama Jheje seorang barista belia. (selengkapnya)
    23 Oktober 2014@jogja22 Komentar
  • http://www.mblusuk.com/gambar/mblusuklogo.jpg

    Nulis Travel Blog ala Mblusuk #3: Kasih Tanggal

    Sinopsis

    Dari sekian banyak artikel travel blog yang pernah diriku kasih komentar, sebagian besar tidak menyertakan tanggal. Entah apa maksudnya yang seperti ini? Apa penulisnya lupa jalan-jalannya pas tanggal berapa. Atau memang sengaja tidak dikasih tanggal supaya tidak terkesan mirip berita di surat kabar ya? (selengkapnya)
    18 Oktober 2014@kabar1 Komentar
  • http://www.mblusuk.com/gambar/2014/hoteltb.jpg

    Jogja Tambah Usia Tambah Banyak Hotelnya

    Sinopsis

    Pernah ada yang bilang ke aku, kalau nggak mau kena masalah ya sembunyi saja di dalam rumah. Sebaliknya, kalau mau mencari masalah, cari saja di luar rumah. Tapi menurutku, sekarang ini ucapan itu sudah nggak relevan lagi. Khususnya di kota Jogja yang aku tinggali ini. (selengkapnya)
    17 Oktober 2014@hidup8 Komentar